x

Mengenang Aksi Maradona yang Legendaris, Pernah Diadang 6 Bek Sekaligus

Senin, 26 Desember 2022 16:15 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Indra Citra Sena
Diego Maradona (depan) menggiring bola pada laga Argentina vs Inggris di babak perempatfinal Piala Dunia 1986.

INDOSPORT.COM – Legenda sepak bola asal Argentina, Diego Armando Maradona, ternyata pernah begitu menakutkan hingga dihadang enam bek sekaligus.

Siapa yang tak kenal dengan pemain sepak bola legendaris asal Argentina, Diego Armando Maradona?

Diego Armando Maradona dikenal sebagai salah satu atlet sepak bola yang telah begitu banyak menginspirasi banyak pemain sepak bola di seluruh dunia.

Diego Maradona lahir pada 30 Oktober 1960 di sebuah daerah bernama Villa Fiorita. Villa Fiorito adalah sebuah provinsi di Buneos Aires, Argentina.

Maradona mengawali karier sepak bolanya saat dirinya masih berusia 3 tahun. Sejak saat itu, Maradona begitu mencintai olahraga si kulit bundar tersebut.

Baca Juga

Saat menginjak usia 10 tahun, Maradona mulai menyeriusi kecintaannya terhadap sepak bola dengan bergabung bersama Los Cebollitas, tim junior dari Argentinos Juniors.

Bersama tim junior Argentinos Juniors, karier Maradona semakin melejit hingga dilirik oleh raksasa Liga Spanyol, Barcelona.

Baca Juga

Pada tahun 1982, Diego Armando Maradona secara resmi bergabung bersama klub asal Catalan tersebut selama dua tahun.

Dua tahun berselang, Maradona semakin melebarkan sayapnya. Setelah dari Spanyol kini ia mendaratkan kakinya ke Italia dan bergabung bersama Napoli.

Bersama Napoli, Diego Maradona setidaknya telah mengemas 110 gol dan 56 assist dari 231 penampilan di semua ajang.

Baca Juga

1. Momen Maradona Melawan 6 Bek Belgia

Pendukung timnas Argentina merayakan gelar Piala Dunia 2022 dengan membentangkan poster besar bergambar Diego Maradona.

Tampil begitu gemilang bersama Napoli, Diego Maradona kemudian dipanggil untuk membela timnas Argentina pada Piala Dunia 1982 di Meksiko.

Diego Maradona sebenarnya menjalani debut bersama dengan timnas Argentina pada tahun 1940 saat La Albiceleste melakukan pertandingan persahabatan melawan Inggris di Stadion Wembley.

Meski Argentina gagal juara pada Piala Dunia 1982, ada satu momen ikonik yang membuat Diego Maradona begitu benar-benar ditakuti oleh lawan-lawannya.

Momen tersebut terjadi saat Argentina berhadapan dengan Belgia di fase grup. Kala itu, Maradona dihadang enam bek Belgia sekaligus.

Namun, usut punya usut, foto Maradona yang beredar dengan dihadang enam bek Belgia sekaligus ternyata pada aslinya tidak seperti yang tergambarkan.

Baca Juga

Melansir akun media sosial Twitter, Garis Tengah (@garistengah_id), momen Maradona tersebut terambil saat Ardilles memberi operan ke Maradona dan seorang fotografer bernama Steve Powell berhasil menjepretnya.

Meski pada akhirnya situasi yang sebenarnya terjadi adalah bola berhasil diamankan oleh para pemain belakang Belgia, momen jepretan dari Maradona dihadang enam bek Belgia tersebut begitu legendaris.

Baca Juga

Ketenaran namanya dan kegemilangan skillnya saat itu seolah-olah semakin menunjukkan bahwa foto hasil jepretan Steve Powell tersebut menggambarkan betapa berbahayanya seorang Maradona.

Diego Maradona sendiri berhasil menjadi juara Piala Dunia bersama Argentina saat turnamen empat tahun sekali tersebut diadakan di Meksiko pada 1986.

Kini, Deigo Armando Maradona telah tinggal nama. Maradona telah meninggal dunia pada 20 November 2020 lalu pada usia 60 tahun.

Meski telah tiada, aksi dan prestasinya tetap menginspirasi banyak pesepak nbola muda dari seluruh dunia hingga saat ini.

Baca Juga

Sumber: Twitter.com/@garistengah_id

ArgentinaBelgiaBarcelonaDiego MaradonaNapoliBola InternasionalSepak Bola

Berita Terkini