x

Ogah Bergantung ke Thailand, Begini Skema Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala AFF 2022

Sabtu, 31 Desember 2022 13:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Thailand pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis (29/12/22).

INDOSPORT.COM - Hitung-hitungan timnas Indonesia untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2022. Tampil melawan Filipina, anak asuh Shin Tae-yong ogah bergantung ke Thailand.

Timnas Indonesia akan menantang Filipina sebagai laga penutup penyisihan Grup A Piala AFF 2022, Senin (2/1/23). Laga berlangsung di Rizal Memorial Stadium.

Menilik tabel klasemen, timnas Indonesia meraih poin yang sama dengan Thailand, berkat dua kemenangan dan satu imbang.

Namun, Thailand berada di posisi puncak karena unggul agregat gol, sementara Skuat Garuda berada di urutan kedua klasemen.

Sebagai penentuan, timnas Indonesia akan menantang Filipina yang kali ini menjadi tuan rumah, sementara Thailand akan menghadapi Kamboja di hari yang sama.

Baca Juga

Hanya dua tim terbaik Grup A yang berhak melaju ke semifinal Piala AFF 2022. Berikut hitung-hitungan INDOSPORT agar timnas Indonesia bisa melenggang ke semifinal.

1. Indonesia Menang, Thailand Menang

Timnas Indonesia otomatis lolos ke semifinal Piala AFF 2022, jika Egy Maulana Vikri dkk menang atas Filipina, di sisi lain, Thailand juga menang atas Kamboja.

Baca Juga

Namun jika ingin keluar sebagai juara grup, anak asuh Shin Tae-yong harus menang dengan selisih dua gol lebih banyak dari Thailand vs Kamboja.

Andai timnas Indonesia menang atas Filipina, Thailand kalah atau imbang dari Kamboja, tidak jadi masalah bagi Garuda, mereka akan tetap lolos sebagai juara grup.

Maka, menang adalah harga mati bagi timnas Indonesia, meskipun bermain di markas Filipina, di Rizal Memorial Stadium.

Baca Juga

1. 2. Indonesia Imbang, Thailand Menang

Skuat Timnas Indonesia saat melawan Thailand.

Jika pada akhirnya hanya bisa bermain imbang atas Filipina, Senin (2/1/23) nanti, Skuat Garuda masih bisa lolos ke semifinal Piala AFF 2022.

Andai hanya bisa bermain imbang, timnas Indonesia tidak bergantung sama sekali dengan hasil laga Thailand vs Kamboja.

Jika Kamboja yang menang atas Thailand, Kamboja punya kans untuk lolos ke semifinal sebagai juara grup. Jika mereka imbang, Indonesia dan Thailand yang lolos.

Jika mempertimbangkan kekuatan Thailand, mungkin ada banyak suporter Merah-Putih yang berharap Kamboja menang atas tim Gajah Putih, sehingga tidak ada lagi tim penghalang Indonesia untuk juara AFF.

Baca Juga

3. Indonesia Kalah, Thailand Menang

Jika skema tidak berjalan lancar dan timnas Indonesia kalah dari Filipina di laga terakhir, satu-satunya harapan adalah dengan mendoakan Thailand menang dari Kamboja.

Jika timnas Indonesia kalah, maka Garuda tetap mengantongi tujuh poin, sementara jika Thailand kalah atas Kamboja, maka Kamboja mendapat tambahan tiga poin.

Baca Juga

Kamboja akan meraih total sembilan poin, Thailand tujuh poin, sehingga perlu hitung-hitungan lagi antara Indonesia dan Thailand.

Skuat Garuda dan Gajah Putih akan perang head to head, siapa yang unggul agregat gol dan berhak lolos ke semifinal.

Untuk saat ini saja, Indonesia kalah selisih gol dari Thailand. Maka, guna mencoret kemungkinan ini, Egy Maulana dkk harus menang atas Filipina di laga penutup nanti.

Baca Juga
 
ThailandKambojaFilipinaTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas ThailandBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini