x

Tampil Kurang Impresif, Ini Rapor 3 Tim Terlemah di Piala AFF 2022

Sabtu, 31 Desember 2022 23:11 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Melihat rapor tiga tim terlemah di Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM - Gelaran Piala AFF 2022 sudah memasuki masa-masa akhir penyisihan grup per Sabtu (31/12/22).

Sampai tulisan ini dibuat, pertarungan untuk predikat juara dan runner-up grup masih terbuka sangat lebar.

Di Grup A, Timnas Indonesia dan Thailand bersaing ketat sedangkan di Grup B ada pertarungan sengit antara Vietnam dan Singapura. Mereka semua mengantongi 7 poin.

Posisi keempatnya pun terbilang belum aman lantaran tim-tim di peringkat tiga masih menempel ketat dengan 6 poin.

Skuad Garuda termasuk kontestan yang tampil cukup baik selama agenda penyisihan grup dengan mengalahkan Kamboja dan Brunei, namun kurang beruntung saat menjamu Thailand.

Baca Juga

Di sisi lain, Thailand dan Vietnam masih jadi batu sandungan hebat bagi tim-tim lain yang memburu tiket semifinal.

Kemudian, Singapura menjadi tim kejutan lantaran bisa menduduki peringkat kedua Grup B, meraih jumlah poin yang sama dengan Vietnam.

Baca Juga

Begitu pula dengan Kamboja serta Malaysia yang berada di peringkat ketiga di grup masing-masing. Penampilan mereka tidak kalah lumayan dari tim-tim di papan atas klasemen.

Namun terlepas dari itu, ada beberapa kontestan yang nasibnya termasuk apes saat berlaga di Piala AFF 2022.

Bagaimana tidak? Mereka sama sekali belum mencicipi satu pun kemenangan selama turnamen berlangsung. Seperti apa sepak terjangnya? Berikut redaksi INDOSPORT.com telah merangkumnya.

Baca Juga

1. Brunei Darussalam

Melihat rapor tiga tim terlemah di Piala AFF 2022.

Sepertinya tim pertama yang patut disebut di daftar ini. Sepak terjang mereka di Piala AFF 2022 tidak berjalan mulus lantaran terus-terusan terbantai di setiap pertandingan.

Sejauh ini, Timnas Brunei sudah menyelesaikan empat partai di Grup A yang semuanya berakhir dengan begitu menyakitkan.

Saat pertama kali menginjakkan kaki di Piala AFF saja, mereka sudah harus berhadapan dengan lawan berat yakni Thailand.

Benar saja, The Wasps dihantam pasukan Gajah Perang lima gol tanpa balas di pertandingan tanggal 20 Desember lalu.

Tidak lama kemudian, mereka lagi-lagi kebobolan lima gol saat menghadapi Filipina - meski untuk kali ini sempat mencetak satu gol melalui Razimie Ramlli.

Baca Juga

Namun gol tersebut tidak banyak membantu Timnas Brunei dalam perjuangannya di Grup A Piala AFF 2022.

Mereka pun terbantai 0-7 oleh Timnas Indonesia di pertandingan hari Senin lalu. Lalu pada tanggal 29 Desember, anak-anak asuh Mario Rivera kandas di tangan Kamboja 1-5.

Baca Juga

Menyusul penampilan kurang impresif Timnas Brunei di Piala AFF 2022, penjaga gawang mereka yakni Haimie Abdullah Nyaring pun jadi sorotan.

Jika ditotal, Timnas Brunei sudah kebobolan 22 gol, yang mana jadi yang terburuk di antara kontestan Piala AFF 2022 lainnya.

Raihan ini pun membuat momen comeback Brunei yang sudah absen lama dari Piala AFF pun ternoda. Mereka sekarang sudah tidak terselamatkan di dasar klasemen Grup A tanpa mendulang satu pun poin.

Baca Juga

2. Laos dan Myanmar

Melihat rapor tiga tim terlemah di Piala AFF 2022.

Laos

Beranjak ke Grup B di mana ada tim paling lemah lainnya yakni Laos. Sejak mengawali perjuangan di Piala AFF 2022, anak-anak asuh Michael Weiss tidak mampu bicara banyak selama kompetisi.

Mereka dihajar telak oleh Vietnam enam gol tanpa balas, yang diperparah dengan pembantaian oleh Malaysia 5-0.

Di matchday ketiga melawan Singapura, mereka juga mengalami kekalahan tanpa mampu mencetak satu pun gol - menutup laga dengan skor akhir 0-2.

Hanya melawan Myanmar, tim terlemah lainnya di Grup B, barulah Laos berhasil memecah telurnya melalui dwigol Soukaphone Vongchiengkham dan Ekkamai Ratxachak.

Pertandingan Laos vs Myanmar pun berakhir dengan skor sama kuat, 2-2, di mana kubu lawan juga berhasil menorehkan dua gol lewat Kyaw Min Oo dan Maung Maung Lwin.

Baca Juga

Timnas Laos pun menghuni posisi buncit Grup B Piala AFF 2022 dengan raihan 1 poin dan predikat tim yang paling banyak kebobolan kedua (13) setelah Brunei Darussalam.

Myanmar

Sama-sama berada di Grup B bersama Laos, Timnas Myanmar saat ini masih terkulai lemas di posisi empat klasemen dengan 1 poin.

Baca Juga

Hanya saja, nasib mereka mungkin sedikit lebih beruntung dari Laos mengingat skuad asuhan Antoine Hey ini masih memiliki satu pertandingan yang belum dimainkan.

Meski begitu, perjuangan terakhir Timnas Myanmar menjadi misi sukar dan penuh tantangan karena lawan yang akan dihadapi adalah Vietnam.

Pertandingan Vietnam vs Myanmar sendiri bakal berlangsung pada Selasa tanggal 3 Januari 2023. 

Baca Juga
Brunei DarussalamMyanmarLaosPiala AFFBola InternasionalPiala AFF 2022

Berita Terkini