x

Timnas Indonesia Keringat Dingin, Thailand Lapor ke AFF soal Aksi Teror Oknum Suporter

Sabtu, 31 Desember 2022 15:24 WIB
Penulis: Fahri Atilla | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Skuat Timnas Thailand saat melawan Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM — Laga Timnas Indonesia vs Timnas Thailand di Piala AFF 2022, ternoda dengan aksi oknum suporter tuan rumah yang menyerang bus dari tim Gajah Perang.

Sebelum laga dimulai, terlihat banyak supporter Indonesia yang mengerumuni bus Timnas Thailand yang akan masuk ke area Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Tak lama setelah itu, oknum supporter Timnas Indonesia pun mulai menyerang bus sembari mengacungkan jari tengah dan menyebabkan beberapa kerusakan pada kaca bus.

Kejadian miris ini kemudian viral lantaran ada video yang tersebar di media sosial dan dalam sekejap langsung menjadi trending di mana-mana.

Aksi itupun langsung mengundang banyak sekali hujatan dari netizen internasional terlebih kejadian ini terjadi hanya selisih dua bulan dari tragedi Kanjuruhan.

Baca Juga

Pertandingan yang berakhir seimbaang ini pun mendapatkan sorotan langsung dari Federasi Sepakbola Thailand (FAT) yang langsung melaporkan hal ini ke Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF).

“FAT telah mengirimkan beberapa bukti baik dalam bentuk video maupun foto kepada AFF mengenai hal ini,” sebut sekretaris umum FAT, Patit Suphaphongs.

Baca Juga

Lebih dari itu, FAT juga telah mengirimkan surat kepada Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) bahkan sebelum pertandingan Indonesia melawan Thailand dimulai.

“Sebelum permainan dimulai, FAT sudah melayangkan pesan terhadap PSSI untuk bersikap hati-hati dan menjamin keselamatan bagi para pemain dan staff timnas Thailand,” tambah Patit Suphaphongs.

Mochamad Iriawan atau yang lebih dikenal dengan nama Iwan Bule (ketua umum PSSI) langsung meminta maaf diakun Instagram pribadinya.

Baca Juga

1. Tanggapan Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong jelang laga ketiga grup A Piala AFF 2022 antara Indonesia vs Thailand di Media Center stadion GBK, Rabu (28/12/22).

Kejadian miris ini menambah daftar buruk sepakbola tanah air, bahkan duka tragedi Kanjuruhan pun belum sepenuhnya hilang. Namun kini ada lagi hal negatif yang terjadi.

Kejadian ini pun mengundang keprihatinan dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yang khawatir jika ini dapat membuat Indonesia disanksi langsung oleh FIFA.

Bahkan, pelatih asal Korea Selatan ini khawatir jika Indonesia harus bertanding tanpa penonton yang mana tentu ini penting untuk menambah semangat para pemain.

Pelatih yang kerap disapa Coach Shin ini pun meminta supporter Indonesia untuk bisa menghargai lawan dan tidak melakukan hal seperti ini lagi.

Tidak hanya Shin Tae-yong, mantan pemain Timnas Indoensia, Zulkifli Syukur juga turut memberi komentar.

Baca Juga

“Miris adalah kata yang pantas buat oknum supporter yang melakukan ini, sedih melihat kejadian ini.” Tulis Zulkifli Syukur di akun Instagram pribadinya.

Atas kejadian ini pula Indonesia dianggap belum sepenuhnya berbenah dan memperbaiki system sepakbola secara keseluruhan.

Baca Juga

Diketahui Indonesia yang pada Oktober lalu berduka atas tragedi Kanjuruhan berkoar-koar untuk berbenah baik dari supporter maupun pengurus.

Namun setelah melihat kejadian ini, nampaknya supporter Indonesia masih saja bertindak tanpa berpikir panjang yang mana tentu pada akhirnya ini akan merugikan perkembangan dari sepakbola Indonesia itu sendiri.

Kasus ini pun sedang didalami oleh pihak berwajib yang sedang menyelidiki oknum-oknum yang terlibat dalam pelemparan bus Timnas Thailand.

Baca Juga

Sumber: Main Stand, Goal Thailand

Timnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas ThailandBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini