x

Arsenal Unggul atas Man City di Klasemen Liga Inggris, Mikel Arteta Malah Warning Hal Ini

Minggu, 1 Januari 2023 11:57 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Mikel Arteta tidak mau bersikap jemawa menyusul keberhasilan Arsenal memperlebar jarak dari Manchester City di puncak klasemen Liga Inggris (Premier League).

INDOSPORT.COM – Mikel Arteta tidak mau bersikap jemawa menyusul keberhasilan Arsenal memperlebar jarak dari Manchester City di puncak klasemen Liga Inggris (Premier League) 2022-2023.

Arsenal baru saja memetik tiga poin setelah menaklukkan Brighton and Hove Albion dengan skor 2-4 pada pekan ke-18 Liga Inggris di Amex Stadium, Minggu (01/01/23) dinihari WIB.

Bukayo Saka membuka keunggulan di menit ke-2’. Tiga gol The Gunners lainnya dicetak oleh Martin Odegaard (39’), Eddie Nketiah (47’), dan Gabriel Martinelli (71’).

Sementara tim tuan rumah hanya mampu memangkas keunggulan Arsenal dua kali, yakni lewat Kaoru Mitoma (65’) dan Evan Ferguson (77’).

Kemenangan ini membuat Arsenal kini unggul tujuh poin di puncak klasemen Liga Inggris, atas Manchester City yang diimbang Everton 1-1.

Baca Juga

Pasukan Mikel Arteta tersebut saat ini mengantongi 43 poin dari 16 laga. Catatan ini membuka kans tim London Utara menuju tangga juara liga.

Menariknya, Arsenal hanya mencatat sekali imbang dari 10 pertandingan terakhir mereka. Namun, Mikel Arteta merasa belum puas dengan performa anak didiknya.

Baca Juga

Martin Odeegard dan kawan-kawan dirasa sang pelatih butuh perbaikan agar tidak tergelincir di momen-momen krusial dalam perburuan gelar juara.

“Kami masih harus memainkan setiap pertandingan, kini kami harus fokus lagi dan mengevaluasi setiap penampilan kami, mana yang bagus mana yang harus diperbaiki,” kata Mikel Arteta dilansir dari BBC Sport.

Kami masih memiliki banyak hal yang harus diperbaiki, terutama dalam aspek pertahanan. Kami seharusnya punya kesempatan untuk berkembang,” lanjut Arteta.

Baca Juga

1. Mikel Arteta Puji Kemenangan Arsenal

Mikel Arteta saat laga Liga Inggris antara Arsenal vs Liverpool

Terlepas dari evaluasi tersebut, Mikel Arteta tetap senang atas kemenangan yang diraih. Melawan Brighton sejatinya sangat sulit namun Bukayo Saka dan kolega bisa melaluinya.

"Ini adalah kemenangan besar. Saya sangat senang. Ini adalah tempat yang sangat sulit untuk didatangi. Mereka adalah tim yang sangat bagus, mereka dilatih dengan sangat baik dan mereka mempersulit kami,” lanjut Arteta.

Mengawali tahun 2023 dengan kemenangan, Mikel Arteta menyadahi bahwa ini hanyalah langkah awal dari banyaknya pekerjaan untuk membawa Arsenal meraih juara pertama kalinya sejak 2004.

Setelah kemenangan atas Brighton, Arsenal akan mengalihka perhatian menghadapi Newcastle United di Emirates Stadium pada Rabu (04/01/23) mendatang.

“Pekerjaan kami masih panjang,” sambung Arteta. "Itu artinya mereka tahu bahwa kami masih bisa bermain lebih baik dan lebih baik, dan melawan Newcastle kami harus lebih baik."

Baca Juga

Bisa dikatakan, Arsenal menjadi satu-satunya tim Liga Inggris yang tampil mengesankan di paruh pertama musim 2022-2023.

Tanda-tanda Arsenal bakal meraih juara pun semakin jelas setelah kemenangan atas Brighton.

Baca Juga

Menurut Sky Sports, belum ada tim yang gagal jadi juara setelah mengumpulkan 43 poin atau lebih di 16 pertandingan awal dalam satu musim.

Sebelumnya ada Tottenham Hotspur (1960/1961), Manchester City (2017/2018), dan Liverpool (2019/2020) dengan 46 poin. Lalu, ada Chelsea dengan 43 poin di musim 2005/2006.

Bahkan hanya ada satu tim yang gagal juara liga usai unggul tujuh poin saat pergantian tahun di puncak, yakni Liverpool pada 2018/2019.

Baca Juga
ArsenalManchester CityMikel ArtetaLiga Primer InggrisBrighton & Hove AlbionLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini