x

Shin Tae-yong Full Pede Timnas Indonesia Sikat Filipina di Piala AFF 2022

Senin, 2 Januari 2023 13:35 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Prio Hari Kristanto
Duel Filipina vs Indonesia akan segera dihelat dan Shin Tae-yong yakin skuad Garuda akan menang mudah atas The Azkals serta melaju ke semifinal Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM - Duel Filipina vs Timnas Indonesia akan segera dihelat. Shin Tae-yong yakin skuad Garuda akan menang mudah atas The Azkals dan melaju ke semifinal Piala AFF 2022.

Laga Filipina vs Indonesia bakal dilangsungkan di Rizal Memorial Stadium pada Senin (02/01/23) pukul 19.30 WIB.

Pertandingan tersebut merupakan matchday terakhir Grup A Piala AFF 2022, sekaligus menjadi perebutan tiket Timnas Indonesia untuk lolos ke babak semifinal.

Kemenangan dalam laga Filipina vs Indonesia malam ini akan membawa skuad Garuda melenggang ke babak semifinal Piala AFF 2022.

Sebaliknya, jika hasil kalah atau imbang yang didapat dalam laga tersebut bisa membuat Shin Tae-yong dan anak asuhnya tersingkir di fase grup.

Baca Juga

Sebagai informasi, Timnas Indonesia kini menempati posisi kedua dalam daftar klasemen sementara Grup A Piala AFF 2022, dengan mengoleksi tujuh poin.

Dari tiga partai yang sudah dilakoni, skuad Garuda memiliki nilai dan jumlah laga yang sama dengan Thailand selaku pemuncak klasemen.

Baca Juga

Skuad Garuda perlu berhati-hati dengan ancaman Kamboja di peringkat ketiga yang mencatatkan 6 poin dari 3 laga, alias hanya berselisih satu angka dari posisi kedua dan pertama.

Regulasi selisih gol yang mengatur pemeringkatan di fase grup membuat Timnas Indonesia terpaksa menempati posisi runner-up klasemen.

Oleh karena itu, Egy Maulana dan kawan-kawan harus mengamankan posisi dengan meraih kemenangan dalam laga Filipina vs Timnas Indonesia nanti malam.

Baca Juga

1. Waspada Rumput, Shin Tae-yong Yakin Menang

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong yakin Timnas Indonesia akan menang lawan Filipina.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yakin skuad Garuda dapat mengalahkan Timnas Filipina dengan mudah, serta mengunci tiket ke empat besar Piala AFF 2022.

"Timnas Indonesia akan menang melawan Filipina," kata Shin Tae-yong dalam keterangan resminya.

Timnas Indonesia sendiri sedikit diuntungkan dengan performa Filipina yang kurang mentereng. Tercatat, The Azkals kini menempati posisi keempat di klasemen Grup A Piala AFF.

Hasil itu membuatnya sudah dipastikan tidak akan lolos ke babak selanjutnya meski menang dalam laga kontra Indonesia.

Filipina hanya mampu membukukan tiga poin dari tiga partai yang sudah dilakoni. The Azkals kalah dari Kamboja dan Thailand. Kemudian, hanya meraih satu kemenangan atas Brunei Darussalam. 

Baca Juga

Namun, berlaga di Stadion Rizal Memorial, menjadi permasalah baru bagi Timnas Indonesia. Pasalnya, anak asuh Shin Tae-yong harus bermain di lapangan sintetis.

Hal ini akan menjadi kesulitan tersendiri dan bisa saja dimanfaatkan oleh lawan untuk menjadi batu sandungan skuad Garuda lolos ke babak selanjutnya.

Baca Juga

Shin Tae-yong sendiri juga mewanti-wanti anak asuhnya untuk bermain lebih waspada di lapangan sintetis. Mengingat para pemain tidak terbiasa dengan kondisi rumput seperti ini dan bisa menimbulkan cedera.

"Beda sekali ya lapangan di sini (Manila) menggunakan rumput sintetis," ujar pelatih asal Korea Selatan tersebut dalam sesi konferensi Pers jelang laga.

"Pemain harus fokus dan lebih hati-hati masalah cedera. Ini harus ditegaskan ke pemain agar mendapatkan hasil baik nanti," sambungnya.

Laga pemungkas Grup A Piala AFF 2022 antara Filipina vs Timnas Indonesia sendiri dilangsungkan pada hari ini, Senin (02/01/23) pukul 19.30 WIB. 

Baca Juga

Sumber: PSSI

FilipinaTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongPiala AFF 2022

Berita Terkini