x

Menerka Potensi Calon Lawan Timnas Indonesia di Semifinal Piala AFF 2022, Vietnam Paling Kuat

Selasa, 3 Januari 2023 15:40 WIB
Editor: Juni Adi
Pertandingan terakhir grup A Piala AFF 2022 antara Filipina vs Timnas Indonesia di Rizal Memorial Stadium, Senin (02/01/2023).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia sedang menanti calon lawan di babak semifinal Piala AFF 2022, terdapat tiga negara yang saat ini berpeluang yakni Vietnam, Singapura dan Malaysia.

Bermain di Stadion Rizal Memorial, Filipina, Timnas Indonesia berhasil menang tipis 2-1 atas Filipina. Dua gol Garuda dicetak oleh Dendy Sulistyawan dan Marselino Ferdinan.

Kemenangan ini membawa Indonesia lolos ke babak semifinal dengan status runner-up grup A, kalah selisih gol dari Thailand di posisi puncak dengan sama-sama mengoleksi 10 poin.

Pelatih Timnas Indonesia yaitu Shin Tae-yong mengucapkan terimakasih kepada para pemain seusai pertandingan. Namun ada kekecewaan darinya karena ada beberapa kesalahan yang masih terjadi di lapangan.

"Pertama-tama, saya ucapkan selamat untuk para pemain setelah masuk ke semifinal. Tetapi untuk pertandingan hari ini saya sangat tidak puas dan tidak senang," ujar Shin Tae-yong dilansir dari laman resmi PSSI.

Baca Juga

"Hari ini ada beberapa peluang yang bagus, tapi itu tidak bisa kita manfaatkan dengan baik."

"Setiap selesai pertandingan, saya selalu tegaskan supaya kita bisa mencetak gol ketika mendapatkan kesempatan yang baik. 

Baca Juga

"Semifinal leg pertama akan digelar di GBK (Gelora Bung Karno). Kami harus mempersiapkan diri dengan baik supaya tidak mengecewakan fans yang datang ke stadion," tuturnya menambahkan.

Meski telah lolos, calon lawan timnas Indonesia di semifinal masih belum bisa diketahui.

Hal itu karena menunggu pertandingan terakhir Grup B yang baru akan digelar malam ini. Sebanyak tiga negara berpeluang jadi lawan Skuad Garuda. Siapa saja mereka?

Baca Juga

1. Vietnam

Rizky Ridho menghalau tendangan dari pemain Vietnam pada laga Piala AFF 2020.

Vietnam adalah negara dengan persentase terbesar sebagai calon lawan Timnas Indonesia di babak semifinal Piala AFF 2022.

Vietnam akan mengunci status juara grup bila meraih kemenangan atas Myanmar.

Vietnam juga bisa jadi juara grup bila meraih hasil imbang lawan Myanmar, dengan syarat duel Malaysia vs Singapura juga berakhir imbang.

Saat ini, Vietnam berada di puncak klasemen Grup B Piala AFF 2022 dengan koleksi 7 poin.

Mereka unggul selisih gol dari Singapura di peringkat ke-2 yang juga punya 7 poin.

Baca Juga

Jika memang timnas Indonesia harus berhadapan dengan Vietnam yang merupakan juara Grup B, Skuad Garuda wajib ketar-ketir.

Pasalnya Vietnam adalah salah satu lawan yang sulit dikalahkan di kawasan Asia Tenggara terutama Indonesia selain Thailand.

Baca Juga

Hal itu dibuktikan dari tujuh pertemuan terakhir kedua tim, Timnas Indonesia hanya mampu meraih satu kali kemenangan, tiga kali imbang dan tiga kali kalah.

Kemenangan itu terjadi di Piala AFF 2016 lalu pada partai semifinal. Sementara pada bentrok terakhir kedua tim terjadi pada Desember 2021 lalu.

Kala itu Timnas Indonesia mampu menahan imbang 0-0 pada ajang Piala AFF 2021 lalu.

Baca Juga

2. Singapura

Malaysia vs Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Selanjutnya ada Singapura. Saat ini The Lions berada di peringkat ke-2 klasemen Grup B Piala AFF 2022 dengan koleksi 7 poin.

Meski sama dengan milik Vietnam tetapi The Golden Star Warrior berhak berada di puncak karena unggul selisih gol dan head to head.

Kendati demikian tidak menghilangkan peluang Singapura untuk bisa lolos ke semifinal Piala AFF 2022 dengan status juara grup B.

Singapura bisa jadi lawan Timnas Indonesia bila di laga terakhir mereka mampu menang atas Malaysia dan di sisi lain Vietnam tak meraih poin penuh lawan Myanmar.

Singapura juga bisa jadi juara grup B bila bermain imbang lawan Malaysia dengan syarat di laga lain Vietnam kalah dari Myanmar.

Malaysia

Terakhir ada Malaysia. Harimau Malaya jadi tim calon lawan timnas Indonesia dengan presentasi paling sedikit.

Sebab sulit bagi Malaysia bisa finis di puncak klasemen Grup B, karena posisi runner-up saja sudah realistis untuk dicapai.

Pasalnya, Malaysia saat ini terancam tersingkir karena berada di peringkat ke-3 dengan koleksi 6 poin.

Mereka wajib meraih kemenangan atas Singapura di laga terakhir, untuk bisa lolos ke semifinal.

Jika mampu mengalahkan Singapura, Malaysia masih harus berharap agar Vietnam kalah dari Myanmar untuk bisa lolos sebagai juara grup B, dan bertemu dengan timnas Indonesia di semifinal Piala AFF 2022.
 

MalaysiaVietnamSingapuraTimnas IndonesiaPiala AFFShin Tae-yongPiala AFF 2022

Berita Terkini