x

Bos PSIS Semarang Bicara Status Frendi Saputra dan Keputusan Lepas Rio Saputro

Kamis, 5 Januari 2023 16:05 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Aksi Frendi Saputra saat masih membela PSIS Semarang melawan Persebaya di Liga 1.

INDOSPORT.COM - Chief Executive Officer (CEO) PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, memastikan Frendi Saputra dan Rio Saputro sudah bukan bagian tim pada putaran kedua Liga 1 2022/2023. Kedua tim dilepas dengan status berbeda.

Keputusan PSIS melepas Frendi sejatinya cukup mengejutkan. Meski performanya kerap dikritik, tetapi Frendi termasuk bek kiri yang memiliki menit bermain yang tinggi di PSIS.

Namun ternyata, Frendi dilepas bukan atas dasar evaluasi saja. Ada klub Liga 1 yang rela merogoh kocek untuk menebus kontrak Frendi yang masih tersisa di PSIS.

Mekanisme transfer Frendi Saputra ini diungkapkan Yoyok Sukawi. Namun, Yoyok enggan mengungkapkan klub mana yang menjadi pelabuhan baru Frendi.

Sementara Rio Saputro dilepas atas dasar performanya. Pada Liga 1 2022/2023 ini, Rio Saputro tak didaftarkan karena dalam masa penyembuhan cedera.

Baca Juga

Ia mengalami cedera pada pramusim lalu. Padahal, Rio sempat dikaitkan dengan PSS Sleman pada awal kompetisi 2022/2023 lalu.

"Frendi kami lepas dengan mekanisme transfer yang nilainya disepakati hanya diketahui oleh dua klub," ucap Yoyok Sukawi, Rabu (04/01/23).

Baca Juga

"Klubnya mana biar diumumkan klub tersebut besok. Sementara Rio kami lepas berdasarkan hasil evaluasi," lanjut pria yang juga ketua umum Asprov PSSI Jawa Tengah ini.

Frendi merupakan generasi pertama tim PSIS sejak promosi ke Liga 1 2018. Setiap musim, Frendi cukup konsisten untuk menjadi opsi pada sektor fullback.

Baca Juga

1. Terima Kasih Klub

Logo PSIS Semarang.

Musim ini, Frendi tampil dalam 15 pertandingan, dengan rincian 14 kali sebagai pemain inti dan sekali sebagai pengganti.

Rio Saputro juga sama seperti Frendi. Rio sudah jadi bagian penting sejak Liga 1 2018 lalu. Musim lalu, Rio tampil dalam 11 pertandingan, dengan rincian 8 kali sebagai inti dan 3 kali sebagai cadangan.

Kedua nama ini terbukti membuat PSIS tetap eksis di Liga 1 dengan barisan pemain muda dan debutan di Liga 1. Maka, Yoyok Sukawi berharap keduanya mendapat karier bagus setelah lepas dari PSIS.

"Atas nama manajemen dan keluarga besar PSIS, kami ucapkan terima kasih kepada Frendi dan Rio. Sukses di perjalanan karier ke depannya dan tetap jaga persaudaraan dengan kami di PSIS," kata Yoyok Sukawi.

Ucapan terima kasih juga menghiasi postingan PSIS di media sosial setelah pengumuman status Frendi dan Rio. Para suporter turut berharap Frendi dan Rio mendapat karier cemerlang.

Baca Juga

Rio sendiri sudah membuat salam perpisahan melalui instagram pribadinya, @muhammadriosaputro27.

"Terima kasih untuk pengalamannya selama kurang lebih enam musim ini," tulis Rio Saputro.

Baca Juga

Sebelum mengumumkan pelepasan dua pilar lawas ini, PSIS sudah mengumumkan hadirnya tiga nama baru, yakni Luthfi Kamal Baharsya (gelandang), Adi Satryo (kiper) dan Meru Kimura (bek).

Lutfi dan Adi diikat dengan durasi kontrak 1,5 musim. Sementara Meru Kimura didatangkan dengan status pinjaman dari Rans Nusantara FC hingga akhir Liga 1 2022/2023.

PSIS Semarang disebut-sebut belum berhenti bergerak pada bursa transfer tengah musim Liga 1 2022/2023. Bursa transfer masih dibuka hingga 30 Januari 2023.

Baca Juga
PSIS SemarangLiga IndonesiaLiga 1Yoyok SukawiFrendi SaputraBerita Liga 1

Berita Terkini