x

Guardiola Akui Salah, Babak Pertama Melawan Chelsea di Liga Inggris Berjalan Buruk

Sabtu, 7 Januari 2023 12:20 WIB
Penulis: Khairul Ma'arif | Editor: Isman Fadil
Pep Guardiola saat memimpin Manchester City di ajang Piala FA melawan Fulham (05/02/22). (Foto: Reuters/Jason Cairnduff)

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola akui salah bereksperimen formasi saat melawan Chelsea tadi malam pada ajang Liga Inggris (Premier League).

Dua pemain tersebut ialah, Joao Cancelo dan Rodri yang saat laga tadi malam bermain bukan di posisi aslinya.
Cancelo yang biasa bermain sebagai bek sayap kiri atau kanan, tadi malam ditempatkan sebagai sayap kanan serangan Manchester City.
Sementara Rodri, yang biasanya berposisi sebagai gelandang bertahan, pada pertandingan tadi malam terkadang menjadi bek tengah kala The Citizens melakukan serangan.
Pep Guardiola mengaku memang mencoba melakukan eksperimen pada pertandingan melawan Chelsea tadi malam untuk memberikan permainan yang berbeda tadi malam.

Baca Juga

Laga yang dimenangkan, Manchester City dengan skor 1-0 itu, digelar di Stadion Stamford Bridge yang tidak lain merupakan markas dari Chelsea.
Pep Guardiola menurunkan formasi tiga bek sejajar tadi malam, yang berposisi sebagai center bek, tentu sangat berbeda dari laga-laga sebelumnya di Liga Inggris.

Baca Juga

Manchester City, di bawah asuhan Guardiola sering menggunakan formasi empat bek, yang di mana ada dua bek yang berperan sebagai bek sayap.
Setelah 20 menit pertandingan babak pertama, Guardiola menyadari jika eksperimen formasinya tidak berhasil dan harus melakukan perubahan formasi permainan.
Guardiola, tidak senang dengan penampilan anak asuhnya di babak pertama saat melawan Chelsea, tetapi, pelatih asal Spanyol itu mengakui salah atas keputusannya menurunkan Cancelo dan Rodri di posisi yang berbeda.

Sumber: https://www.thenationalnews.com/sport/football/2023/01/06/pep-guardiola-rico-lewis-changed-the-game-for-manchester-city-in-win-at-chelsea/
https://www.manchestereveningnews.co.uk/sport/football/football-news/man-city-news-guardiola-chelsea-25908053

Baca Juga

1. Pep Guardiola Memuji Perjuangan yang Dilakukan Pemainnya.

Carney Chukwuemeka (kiri) berduel dengan John Stones di laga Chelsea vs Manchester City (06/01/23). (Foto: Reuters/John Sibley)

Mantan pelatih Barcelona itu membandingkan dengan laga-laga sebelumnya pasca Piala Dunia yang dilalui The Citizens dengan permainan yang memukau.
Guardiola sangat berterima kasih kepada para pemainnya yang sudah berjuang untuk memenangkan laga ini, apalagi khususnya kepada Rodri dan Cancelo.
"Sejak Piala Dunia, pertandingan melawan Liverpool, Leeds dan Everton luar biasa. Hari ini babak pertama tidak bagus," katanya dikutip dari manchestereveningnews.co.uk.
"Keputusan saya untuk menempatkan dua pemain di bukan posisinya salah dan saya mengucapkan terima kasih kepada Cancelo dan Rodri yang sudah berusaha bermain di posisi tersebut," imbuh Guardiola.
Dalam pertandingan ini, Cancelo dan Kyle Walker langsung digantikan dan memasukan pemain muda akademi klub Rico Lewis dan Manuel Akanji pada jeda babak pertama usai.

Baca Juga

Usai laga, Guardiola tidak sungkan memuji pemain muda, Rico Lewis tersebut yang menurutnya, memberikan dampak permainan yang berbeda bagi timnya.
Pemain berusia 18 tahun dipuji karena memiliki pergerakan yang dapat memudahkan pemain lainnya memiliki ruang mencetak gol.
"Dinamika dari Rico Lewis ini membantu setiap orang untuk memiliki kebebasan ruang, dia (Lewis) mengubah permainan dari menit pertama ia bermain," ucap Guardiola dikutip TheNationalNews.com.

Baca Juga

“Di babak pertama, semuanya ceroboh, kami tidak bisa menjaga pergerakan lawab dan pemain sayap atau gelandang serang kami tidak menciptakan banyak peluang, Tekanan kami sangat buruk, dan kami tidak terorganisir dengan baik," tambahnya.
Tentunya, kemenangan City atas Chelsea di Stamford Bridge 1-0 sangat penting untuk Haland dan kawan-kawan demi membuntuti pemimpin klasemen Liga Inggris, yaitu Arsenal.

Baca Juga
ChelseaManchester CityPep GuardiolaLiga Inggris

Berita Terkini