x

Shin Tae-yong Unggah Pesan Menohok Jelang Vietnam vs Timnas Indonesia: Pemain dan Wasit Harus Fair!

Senin, 9 Januari 2023 13:29 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Shin Tae-yong menyinggung soalnya pemain dan wasit harus bermain adil jelang pertandingan kedua Vietnam vs Timnas Indonesia di semifinal Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM – Shin Tae-yong menyinggung soalnya pemain dan wasit harus bermain adil jelang pertandingan kedua Vietnam vs Timnas Indonesia di semifinal Piala AFF 2022.

Timnas Vietnam akan menjamu Timnas Indonesia pada Senin (09/01/23) di My Dinh Stadium untuk menentukan tim yang berhak melaju ke final Piala AFF 2022.

Sebelumnya, Timnas Indonesia lebih dulu menjamu Vietnam di Gelora Bung Karno, tetapi hasilnya tidak sesuai harapan, skor imbang 0-0.

Timnas Indonesia harus menang atau minimal bisa mencetak gol dan bermain imbang atas Vietnam jika ingin lolos ke final.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sangat mengantipasi betapa krusialnya pertandingan Vietam vs Indonesia malam nanti.

Baca Juga

Selain tekanan dari para suporter tuan rumah, satu hal lain yang juga menarik untuk diketahui jelang kick off nanti adalah, sosok wasit yang bakal memimpin pertandingan Indonesia vs Vietnam.

Seperti diketahui, pada leg pertama kemarin Timnas Indonesia seolah mendapat kerugian lantaran beberapa keputusan wasit dianggap kontroversial buat skuad Garuda.

Baca Juga

Pada leg 2 nanti, wasit asal Jepang yakni Yusuke Araki akan memimpin pertandingan antara Vietnam vs Timnas Indonesia.

Melalui akun resmi Instagram-nya, Shin Tae-yong mengingatkan bahwa nilai-nilai keadilan (fairplay) baik oleh pemain maupun wasit dalam pertandingan nanti.

Sebab, akan mubadzir rasanya usaha para pemain jika pemain dan wasit tidak menegakkan nilai-nilai fairplay.

Baca Juga

1. Inilah Wasit Laga Vietnam vs Timnas Indonesia

Pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (06/01/23).

“Jangan sampai usaha para pemain yang dilakukan selama ini tenggelan karena wasit,” tulis Shin Tae-yong menyoroti kecurangan wasit di leg pertama.

“Wasit dan pemain harus sama-sama fairplay dan saya berharap semoga tidak lagi ada kejadian seperti ini,” lanjut juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

Pesan Shin Tae-yong kepada wasit Piala AFF 2022 ini bukan tanpa alasan. Sebab, wasit Omar Al-Yaqoubi yang memimpin leg pertama antara Timnas Indonesia vs Vietnam menarik atensi.

Pasalnya, wasit Omar Al-Yaqoubi dirasa kurang garang karena tak memberi kartu pada pelanggaran keras yang dilakukan pemain Vietnam, Doan Van Hau ke Dendy Sulistyawan dan Ricky Kambuaya.

Sementara mengenai wasit Yusuki Araki, profil dan statistiknya diharapkan lebih adil ketimbang wasit Omar. Namun, wasit Yusuki Araki juga punya pernah jadi mimpi buruk Timnas Indonesia.

Baca Juga

Salah satunya adalah pertandingan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia kontra Islandia yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno pada 14 Januari 2018.

Dalam pertandingan tersebut, Timnas Indonesia yang bertindak sebagai tuan rumah harus menelan kekalahan telak 1-4 dari Islandia.

Selama laga berlangsung, Yusuke Araki mengeluarkan dua kartu kuning yang diberikan kepada pemain Indonesia, serta satu penalti buat tim Islandia.

Baca Juga
VietnamTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas VietnamBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongPiala AFF 2022

Berita Terkini