x

Tiba di Tanah Air Usai Gagal Piala AFF 2022, Timnas Indonesia Langsung Dibubarkan

Selasa, 10 Januari 2023 17:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Timnas Indonesia telah tiba di Tanah Air setelah jalani laga semifinal leg kedua Piala AFF 2022 vs Vietnam, Senin (09/01/23) di My Dinh Stadium.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia telah tiba di Tanah Air setelah jalani laga semifinal leg kedua Piala AFF 2022 vs Vietnam, Senin (09/01/23) di My Dinh Stadium. Para pemain langsung dibubarkan begitu gagal ke babak final.

Timnas pulang ke Jakarta menggunakan pesawat komersil dari Hanoi, berbeda dengan keberangkatan yang memakai pesawat carteran. Skuad Garuda tiba pukul 14:00 WIB.

Para pemain pun langsung berpisah di Bandara Soekarno-Hatta karena kembali ke klubnya masing-masing. Tapi ada beberapa yang masih menginap di hotel di Jakarta sambil menunggu penerbangan esok hari.

Media officer Timnas, Bandung Saputra mengabarkan tidak ada sambutan. Hal itu terlihat ketika INDOSPORT menyambangi bandara dan para pemain sudah berada di dalam bus.

"Pemain ada yang misah di bandara karena kan kembali ke klubnya masing-masing. Hanya beberapa yang masih di Jakarta itu pun sambil menunggu jadwal keberangkatan esok hari," katanya.

Baca Juga

Timnas Indonesia baru saja kalah 0-2 dari Vietnam pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022.

Secara agregat, tim asuhan Shin Tae-yong juga kalah 0-2 setelah hanya bermain imbang 0-0 di leg pertama di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta pada 6 Januari lalu.

Baca Juga

Pada laga semalam, Timnas Indonesia kebobolan cepat pada menit ke-3 oleh striker Vietnam, Nguyen Tien Linh. Nama yang sama kembali getarkan gawang tim Merah Putih pada menit awal babak kedua atau menit ke-47.

“Vietnam bermain bagus dalam pertandingan ini. Saya mengucapkan selamat kepada Anda karena terus melaju dan menjaga clean sheet," ujar Shin Tae-yong.

Baca Juga

1. Permohonan Maaf

Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion My Dinh National, Hanoi, Senin (09/01/23). (Foto: PSSI)

Juru taktik asal Korea Selatan itu menyampaikan, permohonan maaf atas hasil tersebut. Kekalahan dari Vietnam  menunjukkan kalau pekerjaan Shin Tae-yong dalam membenahi Timnas Indonesia belum selesai.

"Kami kalah dan saya ingin meminta maaf kepada semua suporter Timnas Indonesia. Saya pikir Vietnam bermain bagus hari ini. Saya mengucapkan selamat kepada mereka (Vietnam) karena menang dan menjaga gawangnya tidak kebobolan," ucap Shin Tae-yong.

Baca Juga

Pelatih 52 tahun itu menilai para pemainnya belum terbiasa dengan kualitas lapangan Stadion My Dinh yang dinilai tidak sebaik di GBK. Ini menyebabkan Skuat Garuda kesulitan mengembangkan permainan.

Namun, Shin Tae-yong tetap optimistis sepak bola Indonesia punya potensi untuk terus berkembang ke arah positif.

Baca Juga

Setelah hasil dari Piala AFF 2022, Shin Tae-yong akan menganalisis penyebab kekalahan Timnas Indonesia dari Vietnam di semifinal kedua. Karena itu dia belum bisa menjelaskan secara detail penyebab kekalahan semalam. 

"Saya membutuhkan lebih banyak analisis dan saya tidak bisa mengatakan apa-apa tanpa menganalisis videonya," tuntasnya.

Baca Juga
PSSIVietnamTimnas IndonesiaLiga IndonesiaShin Tae-yongPiala AFF 2022

Berita Terkini