x

Siap Naik Kasta, Asnawi Mangkualam Tinggalkan Ansan Greeners Demi Klub K-League 1

Rabu, 11 Januari 2023 21:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Bintang Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, yang bermain untuk Ansan Greneers kembali dilirik klub kasta tertinggi Liga Korea Selatan atau K-League.

INDOSPORT.COM – Bintang timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, yang bermain untuk Ansan Greneers kembali dilirik klub kasta tertinggi Liga Korea Selatan atau K-League.

Asnawi kembali memancing perhatian klub-klub kasta tertinggi Korea Selatan setelah tampil bersama timnas Indonesia pada turnamen Piala AFF 2022.

Meski gagal membawa timnas Indonesia melaju ke final usai kalah agregat 2-0 dari Vietnam, namun Asnawi mampu menunjukkan level terbaiknya di ajang ini.

Tak heran jika namanya kembali masuk di daftar incaran klub-klub Korea Selatan yang tengah berburu pemain anyar menyambut musim 2023.

Kabar terbaru, Asnawi Mangkualam dirumorkan bakal bergabung dengan Jeju United. Rumor ini disampaikan pengamat Liga Korea Selatan bernama Ross Davis.

Baca Juga

Melalui cuitannya di Twitter pada Rabu (11/1/23), Ross Davis mengabarkan bahwa bek kanan Ansan Greeners itu akan bergabung dengan klub kasta teratas Liga Korea Selatan(K-League) itu.

“Pemain timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam yang bermain di K-League 2 bersama Ansan Greenrs dirumorkan pindah ke K-League 1 dengan Jeju,” tulis Ross Davis.

Baca Juga

“Asnawi dibutuhkan Jeju United untuk mengisi slot pemain asing Asia. Jeju tertarik dengan Asnawi karena performanya di K-League 2 (dengan Ansan Greeners),” lanjutnya.

Peluang Asnawi bergabung dengan Jeju United tampaknya cukup besar mengingat klub tersebut saat ini hanya memiliki tiga pemain asing.

Ketiga pemain asing Jeju United tersebut adalah gelandang serang asal Brasil, Reis, winger kanan asal Swedia Jonathan Ring, dan penyerang tengah asal Brasil Yuri Jonathan.

Baca Juga

1. Asnawi Mangkualam Siap Naik Kasta di Korea?

Asnawi Mangkualam, pemain Timnas Indonesia. Foto: Instagram@asnawi_bhr

Untuk diketahui, Jeju United merupakan klub asal Korea Selatan yang mentas di kompetisi kasta tertinggi K-League. Klub satu ini pernah mencatatkan prestasi dengan memenangkan gelar K-League pada musim 1989.

Ada pun musim lalu, tepatnya 2022, Jeju United berhasil finis di peringkat kelima dari 12 tim tim yang bertanding. Posisi tersebut hanya terpaut satu anak tangga dari tiket playoff menuju Piala AFC musim depan.

Asnawi sendiri sejatinya masih terikat kontrak dengan Ansan Greeners hingga hingga 31 Desember 2023. Namun, kabarnya ada klausul khusus di dalamnya.

Baca Juga

Klausul itu adalah Ansan Greeners harus bersedia melepas Asnawi Mangkualam apabila ada klub peminat dengan level lebih tinggi, yakni K League 1.

Performa Asnawi selama dua tahun memperkuat Ansan Greeners juga terbilang cukup apik. Bek kanan serbabisa ini mampu mengemas total 26 penampilan di K-League 2 dengan mencetak dua gol dan dua assist.

Baca Juga

Sebelum dilirk Jeju United, Asnawi Mangkualam juga menjadi rebutan sejumlah klub Korea Selatan lain, sebut saja Jeonbuk Hyundai Motors, Gwangju FC dan Daejeon Hana Citizen.

Patut dinanti langkah Asnawi Mangkualam berikutnya di Korsel. Tetap membersamai Ansan Greeners di K League 2 atau justru mendapat tawaran untuk menjajaln K League 2 di tim baru.

Baca Juga
Bursa TransferTimnas IndonesiaAsnawi Mangkualam BaharK-LeagueBerita TransferPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar NegeriBerita Bursa TransferBerita Timnas IndonesiaAnsan Greeners

Berita Terkini