x

Media Vietnam Takjub dengan Beban Berat Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Kamis, 12 Januari 2023 23:55 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion My Dinh National, Hanoi, Senin (09/01/23). (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM – Media Vietnam mengungkapkan kekagumannya dengan beban berat Shin Tae-yong menangani empat kategori usia Timnas Indonesia.

Seperti diketahui, Shin Tae-yong resmi diperkenalkan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) pada Desember 2019 lalu.

Tak main-main, mantan pelatih timnas Korea Selatan itu langsung menangani empat kategori usia timnas Indonesia yakni pada U-19, U-20, U-23 dan senior.

Tak hanya itu, Shin Tae-yong juga dibebani target tinggi di seluruh kategori usia. Hal ini turut membuat media Vietnam, Soha, takjub dengan peran yang diemban juru taktik Korea Selatan itu.

“Pelatih Shin Tae-yong ditunjuk oleh Federasi Sepak Bola Indonesia sebagai pelatih timnas. Namun, ia tak hanya memimpin tim senior ia juga melatih U-19 hingga U-23,” tulis media Vietnam.

Baca Juga

“Menurut penilaian pakar sepak bola Asia Tenggara, Shin Tae-yong telah melakukan pekerjaan yang sangat baik di Indonesia jika dilihat dari rekor banyaknya pekerjaan yang diembannya,” sambung Soha.

Tentu, kiprah Shin Tae-yong di timnas Indonesai bisa dibilang tidak main-main. Meski gagal melaju ke babak final Piala AFF 2022, ia telah menorehkan tinta emas di kubu timnas Indonesia.

Baca Juga

Yakni berhasil meloloskan timnas Indonesia U-20 ke Piala Asia 2023 dan berhasil keluar sebagai juara grup. Sebagai informasi, timnas U-20 tergabung di Grup A bersama Uzbekistan, Irak dan Suriah.

Selain itu, Shin Tae-yong juga meloloskan timnas Indonesia senior ke Piala Asia 2023 dengan menjadi runner up grup terbaik usai mengalahkan Kuwait di babak kualifikasi.

Sementara itu, beban berat Shin Tae-yong juga berlanjut di Piala Dunia U-20 yang akan digelar di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Baca Juga

1. Gagal Revans dari Vietnam

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pertandingan Timnas Indonesia vs Kamboja pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/22).

Meski berhasil meloloskan dua kategori usia timnas Indonesia, Shin Tae-yong kembali gagal membawa pulang trofi Piala AFF 2022 usai langkahnya terhenti di semifinal.

Timnas Indonesia dikalahkan Vietnam dengan skor 0-2 di semifinal leg kedua Piala AFF 2022 yang digelar di Stadion My Dinh pada 9 Januari 2023 lalu.

Vietnam tampil taktis serta mendominasi jalannya pertandingan yang berbuah gol dari brace Nguyen Tien Linh pada menit ke-3’ dan 47’.

Hasil ini menambah rekor buruk Shin Tae-yong dari Park Hang-seo. Di mana mantan pelatih timnas Indonesia itu tidak pernah menang usai resmi menjadi pelatih Skuat Garuda.

Tercatat dari lima pertemuan, Shin Tae-yong mampu meraih dua hasil imbang yakni di ajang Piala AFF 2020 serta semifinal leg pertama Piala AFF 2022.

Baca Juga

Sadar permainan timnas Indonesia jauh dari ekspektasi, Shin Tae-yong meminta maaf dan mengakui permainan Vietnam memang jauh lebih baik.

“Saya pikir Vietnam bermain bagus. Saya mengucapkan selamat kepada tim (Vietnam) dan harus melaju serta menjaga clean sheet,” ungkap Shin Tae-yong.

Baca Juga

“Saya rasa masih banyak pekerjaan yang harus kami lakukan untuk memajukan sepak bola Indnesia. Saya merasa menyesal dan meminta maaf kepada penggemar,” sambungnya.

Tugas Shin Tae-yong bersama timnas Indonesia belum usai. Pasalnya, Skuat Garuda akan dihadapi beberapa turnamen bergengsi ke depannya.

Terutama di ajang berngengsi, Piala Asia 2023 yang digelar di Qatar serta dijadwalkan akan berlangsung pada 16 Juni-16 Juli mendatang.

Baca Juga

Sumber: Soha

VietnamTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini