x

Nestapa Para Penyerang Ukraina di Liga Inggris, Mykhaylo Mudryk Bisa Sukses Bersama Chelsea?

Senin, 16 Januari 2023 14:59 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Mykhaylo Mudryk diperkenalkan sebagai pemain baru Chelsea (15/01/23). (Foto: REUTERS/Peter Cziborra)

INDOSPORT. COM - Mykhaylo Mudryk mungkin harus mengeluarkan usaha ekstra untuk membuktikan kualitasnya bersama Chelsea, supaya tak sama apesnya seperti para pendahulunya yang sesama penyerang asal Ukraina.

Sosok pemain berusia 22 tahun tersebut belakangan sedang ramai dibicarakan khalayak, menyusul kepindahannya dari Shaktar Donetsk ke Chelsea.

Pada 15 Januari 2023 kemarin, Mudryk telah resmi menjadi milik The Blues, ditebus dengan mahar 70 juta euro dan diikat kontrak berdurasi tujuh tahun.

Baca Juga

Sebelum sah direkrut Chelsea, pemain yang biasa menempati posisi winger ini lebih dulu dikait-kaitkan kepada klub Liga Inggris lainnya, Arsenal.

Namun, setelah beberapa tahap proses negosiasi berjalan, sang pemain akhirnya lebih memilih mendarat ke Stamford Bridge, ketimbang bernaung bersama Meriam London.

Latar belakang kisah kepindahan Mudryk yang sempat diperebutkan dua tim raksasa Premier League, sepintas menjelaskan bahwa potensi sang pemain sebenarnya cukup spesial.

Meski demikian, haram bila Mudryk berpikir kalau perjalanan kariernya di Chelsea bakal semudah itu untuk benar-benar bersinar.

Ia perlu melewati proses adaptasi terhadap kultur sepak bola Inggris yang kami yakini tak akan sepenuhnya berjalan mulus, bahkan banyak jalan terjalnya.

Mudryk masih muda, terlebih ini menjadi kali pertama baginya menjalani karier sepak bola profesional di luar tanah kelahirannya, Ukraina.

Belum lagi, ada faktor masa lalu yang kurang baik tentang rekam jejak para penyerang Ukraina kala menghiasi pentas Liga Inggris.

Sejumlah pemain menyerang yang sejatinya memiliki reputasi top dalam skala sepak bola Ukraina, mendadak melempem tajinya begitu gabung ke klub-klub Premier League.


1. Andriy Voronin

Aksi striker Dynamo Kyiv, Andriy Shevchenko, dalam pertandingan Liga Champions kontra Real Madrid, 17 Maret 1999.

Liverpool mendatangkan Andriy Voronin pada bursa transfer musim panas 2007 secara gratis dari Bayer Leverkusen.

Meski datang sebagai rekrutan gratis, Voronin kala itu memiliki catatan karier yang cukup cemerlang.

Musim terakhirnya membela Leverkusen, Voronin mampu mencetak 12 gol dalam berbagai ajang.

Tak heran kalau saat pertama kali mendarat di Anfield, Voronin digadang-gadang bakal memberikan dampak baik bagi peningkatan kualitas lini depan The Reds.

Namun yang terjadi selanjutnya ternyata sungguh meleset dari ekspetasi awal para pendukung Liverpool.

Voronin yang sebenarnya merupakan penyerang bintang sepak bola Ukraina, gagal membuktikan kualitas ketajamannya.

Sepanjang tiga musim membela Liverpool, Voronin cuma tampil 40 kali dan bahkan hanya mampu menyumbangkan enam gol saja.

Rapor mengecewakan Voronin, lantas membuat manajemen Liverpool mendepaknya pada 9 Januari 2010, dilepas ke Dinamo Moscow.

Baca Juga

Andriy Shevchenko

Kisah paling tragis dalam konteks nestapa penyerang hebat Ukraina gagal total di Liga Inggris, mungkin dialami sosok yang satu ini, yaitu Andriy Shevchenko.

Datang ke Chelsea pada bursa transfer musim panas 2006, Sheva kala itu dicap sebagai salah satu penyerang bintang paling mematikan.

Sebelum dibeli The Blues, Sheva sudah membuktikan kehebatannya yang luar biasa bersama AC Milan, bahkan sempat merengkuh penghargaan Ballon d'Or.

Namun, bomber bintang asal Ukraina ini mendadak kehilangan sentuhan terbaiknya saat berseragam Chelsea.

Sepanjang menjadi bagian dari publik Stamford Bridge, Sheva cuma bisa mencatatkan total 22 gol dalam 77 kali kesempatan bermain.

Akibat performa buruknya yang tak kunjung ada perbaikan, Sheva akhirnya dibuang Chelsea secara gratis ke Dinamo Kyiv pada musim panas 2009.


2. Andriy Yarmolenko

Andrey Yarmolenko saat membela Timnas Ukraina.

Sosok Andriy Yarmolenko punya reputasi mentereng sebagai salah satu penyerang hebat yang pernah dimiliki sepak bola Ukraina.

Ia bahkan sempat digadang-gadang akan menjadi penerus dari kesuksesan pendahulunya yang fenomenal, Andriy Shevchenko

Namun bukan tentang kehebatan yang Yarmolenko bisa tiru dari Sheva, melainkan soal kegagalan ketika merumput di Liga Inggris.

Baca Juga

Yarmolenko pertama kali merantau ke Inggris pada 2018, dibeli West Ham United dari klub top Liga Jerman, Borussia Dortmund.

Tanda-tanda kehancuran Yarmolenko sudah mencuat sejak musim perdana membela West Ham, yang mana ia terkena cedera parah dan harus absen panjang.

Musim-musim berikutnya, Yarmolenko yang sudah sembuh dari cederanya, memang bisa mendapatkan menit bermain lebih banyak.

Meski demikian, kontribusi yang diberikan Yarmolenko tetap saja tidak semegah seperti nama besarnya selaku bintang sepak bola Ukraina.

Sepanjang membela West Ham sampai musim 2021/22 lalu, Yarmolenko tercatat sudah memainkan 86 laga dan cuma bisa menghasilkan 13 gol.

Pada bursa transfer musim panas 2022 yang lalu, Yarmolenko akhirnya dilepas manajemen West Ham secara gratis kepada klub asal Uni Emirat Arab, Al-Ain.

Berdasarkan segala rejam jejak para penyerang top Ukraina yang kami jabarkan di atas, bisakah Mykhaylo Mudryk memutus kutukan dan sukses bersama Chelsea?

ChelseaUkrainaLiga InggrisMykhaylo Mudryk

Berita Terkini