x

Benfica Untung Banyak! Ini 5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual

Kamis, 19 Januari 2023 18:47 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Axel Witsel dan Matheus Cunha saat laga LaLiga antara Atletico Madrid vs Girona

INDOSPORT.COM - Sebagai salah satu klub sepak bola tertua di dunia, Benfica telah menjadi klub yang sukses. Salah satunya adalah dari segi transfer pemain.

Sebagaimana diketahui, Benfica adalah salah satu klub penghasil pemain terbaik dunia. Ada banyak pemain yang kini berlabel bintang, berasal dari didikan Benfica.

Baca Juga

Meski hanya berjaya di Portugal dan tidak bisa berbuat banyak di level Liga Champions atau Liga Europa belakangan ini, Benfica tetap menjadi klub yang menguntungkan.

Bagaimana tidak, Benfica sukses menjual pemain-pemainnya, di mana awalnya mereka adalah pemain akademi atau bahkan direkrut gratis. Tetapi, Benfica menjualnya dengan sangat mahal.

Meski begitu, tetap saja performanya kembali kepada sang pemain. Ada yang semakin bersinar, ada pula yang justru performanya menurun.

Baca Juga

Berikut lima pemain termahal dalam sejarah yang pernah dijual Benfica.

Axel Witsel - 40 juta euro

Axel Witsel adalah gelandang bertahan untuk klubnya saat ini, Atletico Madrid, dan juga untuk Timnas Belgia.

Witsel, yang memulai karirnya di Standard Liege, klub lokal Belgia, lalu pindah ke Benfica pada Juli 2011.

Baca Juga

Karena persaingan yang sangat ketat, dia dilepas ke Zenit St. Petersburg, klub asal Rusia, pada September 2012.

Dengan harga beli hanya sembilan juta euro dari Standard Liege, Benfica untuk banyak saat menjual Witsel seharga 40 juta euro ke Zenit.


1. Ederson - 40 juta euro

Penjaga gawang Manchester City, Ederson saat melakukan penyelamatan bola ke gawang pada pertandingan di Liga Premier Inggris antara West Ham United vs Manchester City, Sabtu (24/10/2020).

Ederson adalah kiper Benfica U-17 sejak awal 2010. Meski sempat diselingi bermain untuk klub Portugal lainnya, dia akhirnya kembali ke Benfica pada Juli 2015.

Jika Witsel dibeli Benfica dengan harga awal sembilan juta euro, Ederson malah jauh lebih murah, yaitu 500 ribu euro saja dari Rio Ave FC.

Baca Juga

Setelah bermain dua musim, Benfica melepas Ederson ke Manchester City pada Juli 2017 dengan harga yang sama dengan Witsel, yakni 40 juta euro.

Dengan statusnya sebagai kiper termahal kedua di dunia pada saat itu, kiper asal Brasil ini sanggup menorehkan banyak prestasi untuk Man City. 

Ruben Dias - 71,6 juta euro

Selama tiga musim ada di tim utama Benfica, Ruben Dias sukses mengawal lini belakang timnya hingga meraih gelar Liga Primeira 2018-2019 dan Supertaca Candido de Oliveira 2019-2020.

Baca Juga

Raihan ini membuat bek tengah asal Portugal tersebut dibeli sangat mahal oleh Manchester City pada September 2020, yaitu sekitar 71,6 juta euro.

Meski dibeli dengan harga tinggi, Dias sanggup memberikan dua trofi Liga Inggris, satu trofi Piala FA, dan penghargaan Player of the Year 2020-2021.


2. Darwin Nunez - 80 juta euro

Darwin Nunez di laga Aston Villa vs Liverpool. (Foto: Reuters/Paul Childs)

Setelah kepergian Sadio Mane, Liverpool mencari penggantinya dan memilih Darwin Nunez dari Benfica. Tetapi, striker asal Uruguay ini dibeli di angka 80 juta euro.

Angka tersebut sejatinya sah-sah saja mengingat performa apiknya di Benfica. Tetapi, hal itu rupanya tidak sejalan dengan apa yang terjadi ketika Nunez sudah berseragam Liverpool.

Baca Juga

Nunez dianggap sebagai salah satu rekrutan terburuk di Liga Inggris musim ini. Sejauh ini, dia baru mencetak lima gol dan dua assist dalam 13 penampilannya di Liga Inggris.

Bandingkan saat Nunez masih di Benfica, yaitu mencetak 26 gol dan empat assist dalam 28 laga di Liga Portugal 2021-2022. Tak heran jika dirinya disebut sebagai Andy Carroll 2.0.

Joao Felix - 127,2 juta euro

Transfer paling menguntungkan yang pernah dibuat Benfica adalah saat menjual Joao Felix ke Atletico Madrid pada Juli 2019.

Dulu, Benfica tak perlu mengeluarkan sepeser pun untuk membawa Felix dari Padroense U-17 ke Benfica U-17 pada 2015 hingga berakhir di tim senior Benfica.

Baca Juga

Berstatus sebagai wonderkid, penyerang muda asal Portugal ini langsung menyita perhatian klub-klub besar di Eropa. Dan Atletico berhasil merekrutnya dengan nominal fantastis tersebut.

Sayangnya, sebagai pemain remaja termahal kedua di dunia, performa Felix tidak cukup sesuai dengan ekspektasi klub. Kini, dia dipinjamkan ke Chelsea hingga akhir musim ini.

BenficaAxel WitselBola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini