x

3 Kehebatan Noni Madueke, Rekrutan ke-14 Chelsea yang Berharga Ratusan Miliar

Jumat, 20 Januari 2023 20:25 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Melihat tiga kelebihan yang dimiliki Noni Madueke, wonderkid yang jadi rekrutan ke-10 Chelsea di Liga Inggris musim ini dengan harga mencapai ratusan miliar.

INDOSPORT.COM – Melihat tiga kelebihan yang dimiliki Noni Madueke, wonderkid yang jadi rekrutan ke-14 Chelsea di Liga Inggris sepanjang musim ini dengan harga mencapai ratusan miliar rupiah.

Setelah berhasil memboyong Mykhaylo Mudryk dengan mahar 70 juta euro plus bonus, kini Chelsea kembali membuat sensasi usai disebut datangan pemain baru dengan harga fantastis.

Berdasarkan laporan BBC, disebutkan bahwa Chelsea tinggal selangkah lagi untuk merampungkan winger berusia 20 tahun, Noni Madueke ke Stamford Bridge pada bursa transfer musim dingin.

Peluang terciptanya transfer tersebut bahkan semakin besar, usai sang pemain kini sudah terbang ke London untuk menyelesaikan proses kepindahannya ke Chelsea.

Dalam laporan yang sama, disebutkan pula ia datang ke Chelsea dengan banderol 29 juta pounds atau sekitar Rp 543 miliar.

Baca Juga

Apabila resmi merapat, Noni Madueke akan jadi rekrutan ke-14 sejak Todd Boehly mengambil alih Chelsea dari Roman Abramovich.

Ia juga rekrutan ke-6 Chelsea selama Januari setelah sebelumnya datangkan Mykhailo Mudryk, David Fofana, Andrey Santos, Benoit Badiashile, ditambah Joao Felix yang berstatus pinjaman.

Baca Juga

Laman Daily Star mencatat, perekrutan Noni Madueke akan meningkatkan anggaran belanja Chelsea era Todd Boehly menjadi 400 juta poundsterling atau sekitar Rp7,4 triliun.

Angka tersebut membuat Chelsea jadi salah satu klub Liga Inggris yang terboros di bursa transfer musim 22/23 ini.

Khusus untuk Noni Madueke, harga 29 juta pounds yang bakal dikeluarkan Chelsea agar bisa memboyongnya, terbilang cukup mahal buat pemain yang bahkan belum genap 21 tahun.

Namun dilihat dari performanya dalam beberapa musim terakhir, Noni Madueke punya beberapa kelebihan yang mungkin layak dihargai mahal oleh Chelsea.

Berikut INDOSPORT merangkum, tiga kehebatan Noni Madueke yang membuat Chelsea harus keluarkan dana miliaran di bursa transfer:

Baca Juga

1. Pemain Serba Bisa

Kai Havertz mencetak gol di laga Liga Inggris 2022/23 Chelsea vs Crystal Palace (15/01/23). (Foto: REUTERS/Peter Cziborra)

Kelebihan pertama Noni Madueke adalah kemampuannya yang bisa bermain di lebih dari satu posisi.

Meski sering dimainkan pada sektor sayap, namun Noni Madueke juga bisa dipasang sebagai striker lantaran punya kemampuan penetrasi yang baik saat membawa bola.

Dilansir dari laman Transfermarkt, diketahui bahwa Noni Madueke pernah 13 kali dipasang sebagai striker dengan torehan 4 gol serta 4 assists.

Dari statistik tersebut bisa dijelaskan, bahwa Noni Madueke adalah tipikal pemain yang bisa jadi harapan saat tim sedang berada dalam kondisi deadlock.

Kelebihan ini pun bisa jadi keuntungan buat Chelsea, lantaran Noni Madueke bisa dijadikan opsi striker saat para mesin gol The Blues harus absen akibat cedera.

Baca Juga

Naluri Gol Tinggi
Kelebihan berikutnya adalah insting gol tinggi yang dimiliki Noni Madueke. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa Noni Madueke bisa bermain sebagai striker dan rasio golnya pun cukup tinggi.

Ini mengindikasikan, bahwa Noni Madueke berpotensi menjadi predator gol andai terus dipercaya sebagai goal getter.

Baca Juga

Namun Noni Madueke lebih sering dimainkan sebagai winger, lantaran kekuatan dribbling dan kecepatan penetrasinya yang sering menyulitkan lawan.

Meski dipasang sebagai winger, namun Noni Madueke punya naluri mencetak tinggi dan dibuktikan dengan rasio tendangan hingga 2 kali di tiap laga.


2. Raja Dribbling

Benoit Badiashile berduel dengan Wilfried Zaha di laga Liga Inggris 2022/23 Chelsea vs Crystal Palace (15/01/23). (Foto: REUTERS/Tony Obrien)

Kelebihan terakhir yang dimiliki Noni Madueke adalah kemampuan dribblingnya yang cukup baik, meski usianya masih 20 tahun.

Melansir dari laman Breakingthelines.com, disebutkan bahwa Noni Madueke melakukan 9,8 kali dribble attempts per laga di Liga Belanda.

Statistik tersebut semakin lengkap dengan kemampuan 1v1 Noni Madueke serta kekuatan fisiknya dalam menahan bola, membuat jebolan akademi Tottenham tersebut jadi salah satu winger muda potensial yang dimiliki Inggris.

Berkaca dari kualitas diatas, tampaknya tak heran jika Chelsea berani mengeluarkan dana hingga 30 juta euro demi bisa mendapatkan tanda tangan Noni Madueke.

Bursa TransferChelseaLiga Inggris

Berita Terkini