x

Giliran UEFA yang Ingin Sanksi Juventus, Larangan Ikut Kompetisi Eropa 3 Tahun

Sabtu, 21 Januari 2023 14:13 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Juni Adi
Setelah dijatuhi sanksi pengurangan 15 poin, Juventus terancam mendapat hukuman tambahan dari UEFA, yakni larangan ikut kompetisi selama tiga tahun.REUTERS-Massimo Pinca

INDOSPORT.COM – Setelah dijatuhi sanksi pengurangan 15 poin, Juventus terancam mendapat hukuman tambahan dari UEFA, yakni larangan ikut kompetisi selama tiga tahun.

Klub sepak bola paling terkenal di Italia, Juventus, baru saja dijatuhi hukuman pengurangan 15 poin di klasemen Liga Italia 2022-2023 oleh Jaksa Federasi Sepak Bola Italia (FIGC).

Menurut laporan, Juventus dinyatakan bersalah oleh Jaksa FIGC karena terbukti  menggelembungkan nilai transfer dan memalsukan keuangan pada periode pandemi.

Akibatnya, posisi skuad Max Allegri terjun bebas dari sebelumnya menempati posisi ketiga (37 poin) menjadi posisi ke-10 dengan hanya mengantongi 22 poin.

Sanksi ini juga membuat Juventus kini berjarak 25 angka dari sang pemuncak klasemen Napoli, dan cukup mustahil mengejar di sisa musim ini.

Baca Juga

Nasib nahas Juventus tak berhenti disitu saja. Kali ini giliran induk sepak bola Eropa (UEFA) yang berencana memberlakukan hukuman berupa larangan pertandingan.

Parahnya, seperti disebutkan akun Sonde Ta Juve di Twitter, UEFA bakal melarang Juventus mengikuti semua kompetisi Eropa selama tiga tahun ke depan.

“UEFA akan cenderung mempertimbangkan mencoret Juventus dari semua kompetisi Eropa untuk 3 musim ke depan dan tahun depan,” tulis Sonde Ta Juve.

Baca Juga

Hukuman UEFA ini jelas membuat Juventus semakin di ambang kehancuran. Pengurangan poin dan skorsing berimbas pada nasib pemain, pemasukan, dan status Juventus sebagai tim elite.

Padahal, Juventus sendiri sudah tersingkir dari Liga Champions 2022-2023 setelah menelan hasil buruk di babak penyisihan grup di awal musim.

Selain itu, klub sempat hanya mampu memenangkan dua dari sembilan pertandingan pembuka Liga Italia, meski perlahan mampu bangkit dan naik ke empat besar.

Baca Juga

1. Juventus Terbukti Mengembungkan Nilai Transfer

Pavel Nedved (kiri) dan Andrea Agnelli (kanan) hadir di laga Liga Italia 2022/23 Juventus vs Udinese (08/01/23). (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

Kasus itu sejatinya dilaporkan terjadi pada dua tahun yang lalu, di mana COVISOC, badan pengawas Serie A telah melakukan investigasi terkait kesepakatan yang melibatkan nilai transfer pemain.

Berangkat dari sana, ditemukan sejumlah pelanggaran seperti, pemalsuan laporan tahun finansial 2018/19 sampai 2020/21.

Masalah tersebut dilakukan lewat keuntungan modal fiktif dari transfer dan peminjaman pemain serta penghematan fiktif dari hasil pemotongan gaji pemain Juventus.

Penyelidikan yang dinamakan ‘Investigasi Prisma’ ini kemudian menemukan fakta bahwa Juventus dan 12 pejabat tertinggi mereka, termasuk bekas direktur sepakbola Fabio Paratici (kini di Tottenham) dan penasehat hukum Cesare Gabasio, terbukti bersalah.

Akibatnya, mantan direktur Fabio Paratici yang kini menjabat sebagai direktur Tottenham Hotspur akan menerima skors selama 2,5 tahun.

Baca Juga

Selain itu, Andrea Agnelli dan Maurizio Arrivabene masing-masing mendapatkan skors selama 2 tahun. Sedangkan, Pavel Nedved dan Federico Cherubini masing-masing menerima skors selama 8 bulan dan 1,4 tahun.

Tak lama setelah dakwaan dirilus Jaksa FIGC, Juventus mengeluarkan pernyataan resmi melalui laman resmi dan juga media sosialnya.

Baca Juga

Dalam pernyataan resmi tersebut, Juventus memastikan akan melayangkan banding menyusul hukuman pengurangan 15 poin yang dijatuhi Jaksa Federasi Sepak Bola Italia (FIGC).

Sanksi yang dialami Juventus ini terjadi untuk yang kedua kalinya dalam 17 tahun setelah skandar wasit ‘Calciopoli’ yang membuat Si Nyonya Tua terdegradasi ke Serie A dan kehilangan dua gelar Serie A.

Saat itu, sanksi juga dijatuhkan kepada delapan klub lain yakni Sampdoria, Pro Vercelli, Genoa, Parma, Pisa, Empoli, Pescara dan Novara. Namun kedelapan klub tersebut akhirnya dibebaskan dari sanksi.

Baca Juga
UEFAJuventusFIGCLiga ItaliaBerita Liga Italia

Berita Terkini