☰
x

Liga 1: Gagal Cetak Gol Lawan Borneo FC, Pelatih Barito Putera 'Sentil' Pemain Sendiri

Senin, 23 Januari 2023 14:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Rodney Borges Goncalves, pimpin latihan Barito Putera.

INDOSPORT.COM - Gagal mencetak gol saat melawan Borneo FC di pekan ke-19 Liga 1 Indonesia 2022-2023, pelatih Barito Putera, Rodney Goncalves 'menyentil' anak asuhnya.

Dalam pertemuan Borneo FC vs Barito Putera di Stadion Segiri Samarinda, Sabtu (21/1/23), kedua tim bermain sama kuat dan laga ditutup dengan skor imbang 0-0.

Sejatinya, Barito Putera bisa mencetak gol di menit kelima, lewat sundulan Renan Alves, tetapi gol itu dianulir wasit Tabrani lantaran ia dianggap melanggar lawannya.

Berikutnya, bertubi-tubi pemain Borneo FC memberondong ke lini pertahanan Laskar Antasari, tetapi Renan Alves sangat kuat menghalau serangan kubu Pesut Etam.

Belum lagi kiper Joko Ribowo yang tampil sangat apik, memblok setiap bola yang mengarah padanya. Skor pun imbang 0-0.

Baca Juga

Beberapa pemain rekrutan anyar Barito juga tampil, ada Gustavo Tocantins dan Aditya Putra Dewa di babak awal, juga Patrick Womsiwor dan M. Helmi di babak kedua.

Meski berhasil memetik satu poin di laga away, namun pelatih Barito Putera, Rodney Goncalves nampak tidak senang dengan pencapaian dari Bayu Pradana dkk.

Baca Juga

Menurutnya, pemain Barito kerap terlambat kembali ke posisi masing-masing, sehingga sering diancam oleh penyerang Borneo FC.

"Kita tahu sangat susah bermain di sini, karena kita tahu Borneo tidak pernah kalah (di kandang)," ungkap Rodney Goncalves.

"Kita coba pressing mereka dengan memberi tekanan, dan hari ini kita tidak terlalu kembali ke position," blak-blakan pelatih asing berkebangsaan Brasil itu.

Baca Juga

1. Barito Evaluasi Lini Serang

Skuat Barito Putera di Liga 1 2022, jelang menghadapi Rans Nusantara FC.

Berangkat dari kegagalan mencetak gol di laga kontra Borneo FC, pelatih Barito Putera akui akan mengevaluasi lini serang yang dikomando oleh Rafael Silva dan Tocantins.

Sementara untuk lini pertahanan yang dikawal oleh Renan Alves dkk, mendapat apresiasi karena bisa meraih cleansheet.

"Mungkin itu yang akan kita evaluasi (lini serang). Kita sangat solid ketika bertahan, sehingga lawan tidak bisa cetak gol," ucap Rodney Goncalves via laman resmi PT LIB.

"Kita tahu ini susah buat semua pemain (untuk mencetak gol ke gawang Borneo), bahkan semua klub," lanjut Goncalves lagi.

Rodney Goncalves blak-blakan mengaku kurang puas dengan penampilan anak asuhnya. Namun, ia tetap bersyukur bisa mencuri satu poin di kandang Borneo FC.

Baca Juga

"Kita bersyukur meskipun hanya mendapat satu poin, ini sebagai modal bagi kita untuk menghadapi pertandingan selanjutnya," tutur eks asistem pelatih Brasil U-16 itu.

"Kita akan evaluasi itu (kegagalan mencetak gol) di pertandingan selanjutnya. Tentu kita ingin menyerang, tapi kita tahu main di sini sangat susah," pungkas sang pelatih asing.

Baca Juga

Pekan berikutnya, Barito Putera akan melakoni dua laga kandang di Martapura, menghadapi PSIS Semarang (26 Januari 2023) dan PSS Sleman (31 Januari 2023).

Sekadar informasi, Barito Putera saat ini tertahan di peringkat ke-17 dari total 18 kontestan Liga 1. Laskar Antasari baru meraih tiga kemenangan dari 19 laga.

Meski tertahan di zona merah, namun nasib Barito Putera nampaknya sedikit lebih baik, karena kompetisi Liga 1 musim ini tidak menerapkan promosi dan degradasi.

Baca Juga
Barito PuteraBorneo FCLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2022-2023Rodney Borges Goncalves

Berita Terkini