x

Bursa Transfer: Tekel Chelsea Lagi, Arsenal Selangkah Lebih Dekat dengan 'Hidden Gem' Liga Inggris

Selasa, 24 Januari 2023 20:19 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Amadou Onana adalah pendatang baru di Liga Inggris (Premier League) namun aksinya sudah berhasil membuat Arsenal tertarik memboyongnya di bursa transfer. (Foto: REUTERS/Siphiwe Sibeko)

INDOSPORT.COM - Amadou Onana adalah pendatang baru di Liga Inggris (Premier League) namun aksinya sudah berhasil membuat Arsenal tertarik memboyongnya di bursa transfer.

Jurnalis asal Belgia, Sacha Tavolieri, melaporkan bahwa The Gunners bersama dengan Chelsea dan Newcastle United kini terlibat dalam persaingan segi tiga demi servis sang gelandang Everton.

Mengingat Onana baru tiba di Goodison Park pada bursa transfer musim panas 2022 lalu, sebenarnya cukup janggal untuk melihatnya pergi hanya dalam tempo beberapa bulan saja.

Namun Everton memang saat ini tengah butuh dana segar setelah mengetok palu untuk pemecatan manajer mereka, Frank Lampard.

Merobek kontrak Super Frank mengharuskan The Toffees membayarkan pesangon yang jelas tidak murah.

Baca Juga

Saat ditunjuk sebagai pengganti dari Rafael Benitez pada Januari tahun lalu, Lampard menandatangni deal hingga Juni 2024 sehingga wajar jika kompensasi yang harus dibayarkan untuk mendepaknya cukup mahal.

Itulah kenapa kemudian Amadou Onana disebut akan masuk dalam daftar jual di sepekan terakhir bursa transfer musim dingin 2023 Liga Inggris.

Baca Juga

Onana dibeli mahal seharga 35 juta Euro dari Lille dan sejauh ini penampilannya cukup mengesankan sehingga layak untuk ditawarkan dengan nilai tinggi ke klub lain seperti Arsenal, Chelsea, dan juga Newcastle.

Dalam 18 penampilannya bersama Everton, rising star berusia 21 tahun itu menorehkan satu gol dan assist. WhoScored juga mencatat jika per 90 menit Onana membuat 2,6 tekel, 0,9 potongan, 1,2 sapuan, 1,1 tembakan, dan 32,9 operan berakurasi 85,2%.

Hanya saja sinarnya menjadi tidak terlalu terlihat dengan begitu buruknya penampilan Everton di Liga Inggris musim ini. Merseyside Biru hanya bisa menang tiga kali dari 20 pertandingan yang sudah dimainkan dan kini terjebak di peringkat 19 klasemen sementara.

Baca Juga

1. Arsenal Butuh Midfielder Baru

Miguel Almiron (kiri) berduel dengan Granit Xhaka di laga Arsenal vs Newcastle United (04/01/23). (Foto: REUTERS/David Klein)

Arsenal bisa menyelamatkan Amadou Onana dari menyiksanya perjuangan lolos dari zona relegasi mengingat mereka butuh suntikan energi di lini sentral.

Trio gelandang utama yakni Thomas Partey, Granit Xhaka, dan Martin Odegaard butuh pelapis yang lebih baik.

Benar jika Fabio Vieira sudah diboyong dari FC Porto musim ini namun ia masih menyesuaikan diri dengan Liga Inggris.

Sementara itu Emile Smith Rowe, Albert Sambi Lokonga, dan Mohamed Elneny tidak banyak berkontribusi sejauh ini sehingga ada anggapan jika ketiganya tidak cukup baik untuk dimasukkan dalam starter reguler oleh manajer Mikel Arteta.

Onana bisa menjadi alternatif baru atau bahkan opsi starter untuk jangkang panjang. Harganya pun relatif lebih murah ketimbang pilihan gelandang lain yang juga dikaitkan dengan Arsenal seperti Moises Caicedo.

Baca Juga

Meriam London juga tengah pede dengan daya tarik mereka di bursa transfer usai menuntaskan deal untuk dua pemain anyar yakni Leandro Trossard dan Jakub Kiwior.

Nama pertama bahkan mereka rebut dari tangan Chelsea, rival sekota yang belakangan kerap melakukan sabotase pada target-target klub besar Eropa dengan kekuatan finansial owner baru.

Baca Juga

Bergabung bersama Arsenal berarti membuat nasib Onana di musim ini bakal berbalik 180 derajat.

Yang semula hanya menjadi pemain untuk klub penghindar zona degradasi menjadi penggawa klub favorit juara Liga Inggris musim ini.

Menarik untuk disimak bagaimana kelanjutan saga masa depan Amadou Onana di sisa bursa transfer kali ini. Membelot ke Arsenal atau memilih untuk bertahan bersama Everton.

Baca Juga

Sumber: Daily Express

Bursa TransferChelseaArsenalEvertonLiga Inggris

Berita Terkini