x

Tak Cuma Fokus Liga 1, Persik Kediri Juga Berkomitmen Orbitkan Pemain Usia Muda

Jumat, 27 Januari 2023 19:48 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
Selebrasi pemain Persik Arthur Irawan bersama teman setim usai mencetak ke gawang Bhayangkara FC di BRI Liga 1.

INDOSPORT.COM - Persik Kediri mengusung misi ganda dalam perjalanan mengarungi putaran kedua Kompetisi Liga 1 musim 2022/2023.

Tak cuma fokus pada perbaikan prestasi tim, Persik Kediri juga menguatkan komitmen untuk mengorbitkan sejumlah pemain berusia muda.

Ahmad Raia Irvanza menjadi nama terbaru yang dimunculkan tim berjulukan Macan Putih itu mulai putaran kedua musim ini.

Sebelumnya, dia merupakan anggota skuat Persik Kediri U-18 asuhan Purwanto Suwondo kala bertanding di Kompetisi Elite Pro Academy (EPA).

"Raia punya masa depan cerah. Saya melihat ada potensi tak hanya untuk klub, tap juga timnas kelompok umur," bilang Pelatih Persik Kediri, Divaldo Alves.

Baca Juga

Namun, perjuangan menuju pintu tim nasional tentu tidak mudah. Terlebih, Ahmad Raia Irvanza baru saja memulai karirnya di level profesional.

"Memang, dia sudah menunjukkan di tim EPA U-18 dengan menjadi top skorer (Persik Kediri dengan 7 gol). Tapi kompetisi profesional jauh berbeda," tukas Divaldo.

Baca Juga

"Dia harus giat untuk berlatih, sabar dan tenang. Saya suka dengan kerja kerasnya dan dia harus siap jika nanti diberikan kesempatan," sambung dia.

Mengorbitnya Ahmad Raia Irvanza merupakan bagian dari proyeksi jangka panjang yang dilakukan Persik Kediri bersama EDF LaLiga Academy.

Raia baru berusia 17 tahun bersama Djiwa Herlando (kiper). Sebelumnya, Persik juga merekrut anak-anak muda lain seperti Jeam Kelly Sroyer, Rendy Juliansyah dan Jimmy Aronggear yang berusia 20 tahun.

Baca Juga

1. Ada Pertimbangan

Pelatih Persik Kediri, Divaldo Alves.

Kebijakan yang ditempuh Persik Kediri dalam mengorbitkan pemain usia muda tentu ada pertimbangan tersendiri.

Secara skill, mereka masih bisa diasah hingga terus berkembang lebih banyak. Namun, ada faktor lain yang turut berpengaruh.

Baca Juga

"Anak muda biasanya punya spirit lebih, ingin membuktikan penampilannya. Perlu dibarengi pemain senior untuk memberi arahan dan bimbingan," ujar Divaldo Alves.

Baca Juga

Dan sejauh ini, sinergitas yang terbangun antara pemain muda dan senior sudah berjalan cukup baik di Persik Kediri.

"Kelly, Rendy atau Raia yang baru dipromosikan akan terus berkembang. Adanya pemain berpengalaman seperti Vava (Mario Yagalo) dan Faris Aditama juga ikut membantu," tuntas dia. 

Baca Juga
Persik KediriLiga IndonesiaLiga 1Divaldo Alves

Berita Terkini