x

8 Jebolan Garuda Select Perkuat Timnas Indonesia U-20 Jelang Piala Asia U-20 2023

Sabtu, 28 Januari 2023 16:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Skuat Garuda Select jilid 2 saat menjalani laga uji coba di Inggris.

INDOSPORT.COM - Ada delapan pemain jebolan Garuda Select yang dipanggil ke pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20, jelang Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.

Sebagaimana diketahui, Garuda Select adalah program pembinaan pemain sepak bola usia muda, kerja sama PSSI dan Mola TV untuk menempatkan pemain di Eropa.

Para pemain terpilih dari Indonesia setiap tahun akan melakoni laga uji coba dengan tim level Eropa, yang tersebar di Inggris hingga Italia.

Seperti baru-baru ini, skuat Garuda Select jilid kelima menantang uji coba dua raksasa Italia, yakni AC Milan dan Inter Milan.

Hasilnya sangat memuaskan, skuat Garuda berhasil menahan imbang AC Milan 0-0, dan menaklukkan Inter Milan di angka 2-1.

Baca Juga

Tahun ini pula, program Garuda Select rencananya akan ekspansi ke negara lain, yaitu Jerman. Klub sepak bola Jerman juga tak kalah berkualitas dari Inggria dan Italia.

Pengalaman para pemain saat bertanding di Eropa, menjadi catatan khusus bagi Shin Tae-yong, sehingga banyak dari mereka yang dipanggil ke Timnas Indonesia.

Baca Juga

Kini, menatap perhelatan Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong resmi memanggil delapan pemain jebolan Garuda Select.

Delapan pemain tersebut tidak datang dari dalam satu generasi yang sama, melainkan dari beberapa angkatan, yakni dari skuat Garuda Select jilid 2, jilid 3, dan jilid 4.

Artinya, para pemain yang dipanggil ke Timnas Indonesia U-20 juga beragam, memiliki perbedaan di tahun kelahiran.

Baca Juga

1. Daftar Pemain Jebolan Garuda Select di Timnas U-20

Wonderkid Persib Bandung, Ferdiansyah saat menjalani uji coba bersama skuat Garuda Select 2 melawan Inter Milan U-17. Kini ia dipanggil ke Timnas Indonesia U-20.

Dari penggawa Garuda Select jilid 2 yang bertolak ke Inggris pada tahun 2019 hingga 2020 lalu, ada empat pemain yang mencuri perhatian dan dipanggil ke Timnas U-20.

Pertama, kiper Erlangga Setyo Nugroho, yang sampai saat ini konsisten dipercaya oleh Shin Tae-yong untuk menjadi palang pintu terakhir Timnas Indonesia usia muda.

Kemudian, ada dua rekan Erlangga dari Akademi Persib Bandung, yakni Kakang Rudianto dan Ferdiansyah, yang saat ini juga dipanggil ke Timnas Indonesia U-20.

Satu pemain lainnya yang dipanggil ke skuat Timnas U-20 adalah Alfriyanto Nico, pemain jebolan Persija Jakarta yang sangat gacor saat membela Garuda Select 2 di Eropa.

Beranjak ke skuat Garuda Select 3 yang bertolak ke Inggris pada tahun 2020-2021, ada dua pemain yang tembus ke Timnas.

Baca Juga

Pertama, ada Hokky Caraka, pemain jebolan PSS Sleman yang sebelumnya juga sempat ditawari untuk melanjutkan karir di Yunani. Hokky bakal menjadi tumpuan lini depan Timnas U-20.

Kemudian, ada Frezy Al Hudaifi, pemain jebolan Bhayangkara FC yang mendapat banyak kepercayaan saat membela Garuda Select. Frezy berposisi sebagai gelandang.

Baca Juga

Beranjak ke skuat Garuda Select 4, ada dua pemain yang dipanggil ke Timnas Indonesia U-20 jelang Piala Asia U-20 di Uzbekistan.

Pertama, ada Resa Aditya Nugraha, pemain jebolan Persija Jakarta. Ia mendapat banyak pujian saat bermain untuk Garuda Select di Inggris, posisinya yakni gelandang serang.

Terakhir, ada Daffa Fasya Sumawijaya, pemain jebolan Borneo FC yang juga jadi andalan saat membela Garuda Select di Inggris. Daffa berposisi sebagai kiper.

Baca Juga
Piala Dunia U-20Timnas IndonesiaBola InternasionalGaruda SelectPiala Dunia U-20 2023Berita Timnas IndonesiaShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Alfriyanto Nico SaputroKakang RudiantoHokky CarakaErlangga SetyoPiala Asia U-20 2023

Berita Terkini