x

Bus Arema FC Diserang di Sleman, Persis Solo Ikut Kena Getahnya di Liga 1

Selasa, 31 Januari 2023 13:10 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Persis Solo memastikan laga kandang pekan ke-22 Liga 1 2022/23 kontra Bhayangkara FC di Stadion Maguwoharjo, Kamis (2/2/23) mendatang digelar tanpa penonton.

INDOSPORT.COM - Persis Solo memastikan laga kandang pekan ke-22 Liga 1 2022/23 kontra Bhayangkara FC di Stadion Maguwoharjo, Kamis (2/2/23) mendatang digelar tanpa penonton.

Persis Solo baru saja melakukan audiensi jelang laga melawan Bhayangkara FC. Belum ada lampu hijau saat audiensi di Mapolda DIY pada Senin (30/01/23) kemarin.

Audiensi itu diwakili Erwin Widianto selaku manajer tim Persis Solo serta Ginda Ferachtriawan selaku ketua panpel Persis Solo.

Tujuan dari audiensi itu adalah mengajukan permohonan agar laga melawan Bhayangkara FC di pekan ke-22 Liga 1 boleh disaksikan penonton.

Pengajuan yang dilakukan Persis Solo ada dasarnya. Pertama, dalam dua laga kandang sebelumnya, Persis Solo patuh untuk tak menggelar laga dengan penonton.

Baca Juga

Kedua, para suporter Persis Solo juga tak ada yang mendekat ke wilayah Maguwoharjo. Mereka pilih menunggu untuk menyambut kepulangan tim mulai wilayah Kartasura hingga Mes Persis.

Hanya saja, pertemuan itu belum membuahkan lampu hijau. Ginda mengatakan pihak Kepolisian meminta waktu untuk melakukan pengkajian ulang dengan mempertimbangkan berbagai hal.

Salah satu yang menjadi bahan pertimbangan adalah penyerangan terhadap bus Arema FC pada Kamis (26/1/23) lalu. Penyerangan itu terjadi di depan stadion Maguwoharjo, usai laga Arema FC melawan PSS Sleman.

Baca Juga

Akibat dari penyerangan itu, empat awak tim Arema FC mengalami luka karena terkena pecahan kaca bus. Salah satu nama adalah kiper andalan Arema FC, Adilson Maringa.

"Sebenarnya kami tidak meminta kuota maksimal. Mungkin separuh dari kuota (penonton) PSS saja, tapi keputusan hari ini sedang akan dikaji dan diberikan kepastian sampai H-1 pertandingan," kata Ginda, Senin (30/01/23) lalu.

Baca Juga

1. Seharusnya Bisa Tetap dengan Penonton?

Logo Liga 1 2022-2023.

Menurut Ginda, partai melawan Bhayangkara FC sebenarnya cukup ideal untuk digelarnya laga kandang Persis Solo dengan penonton.

"Kita sudah sampaikan, mumpun lawannya Bhayangkara FC, bukan big match dan suporternya tidak sebanyak tim-tim lain, tapi memang ada banyak hal yang menjadi bahan pengkajian," tutur Ginda.

Selain situasi di dalam stadion, pihak Kepolisian juga mempertimbangkan situasi di sepanjang jalur yang akan dilalui suporter Persis Solo.

Pasalnya, selain penyerangan terhadap bus Arema FC, penyerangan pada bus Persis Solo di Tangerang, Sabtu (28/1/23) terjadi di jalan, bukan area dalam stadion.

"Benar, itu (situasi di jalan) juga menjadi salah satu bahan pengkajian," ungkap Ginda.

Dari hasil audiensi di Mapolda DIY, Persis Solo pada akhirnya mengeluarkan rilis terkait status laga melawan Bhayangkara FC. Mepetnya waktu persiapan membuat laga ini diputuskan tanpa penonton.

Baca Juga

Waktu H-1 yang diberikan Polda DIY dianggap terlalu mepet untuk dilakukan persiapan, andai keputusan dari pengkajian itu memperbolehkan ada penonton yang datang.

"Persis menganggap koordinasi di segala lini yang baru dilakukan H-1 jelang pertandingan tentu akan menghasilkan kebijakan yang tidak efektif dari segala perspektif dan memiliki risiko yang tinggi," demikian pernyataan Persis Solo dalam rilis resminya, Senin sore.

Setelah partai melawan Bhayangkara FC, Persis Solo akan menggelar laga tandang lagi pada 12 Februari 2023. Alexis Messidoro dkk. akan melakoni partai pekan ke-24 Liga 1 2022/2023 melawan Borneo FC.

Baca Juga

Rencananya, Persis Solo akan terus melakukan komunikasi dengan Polda DIY. Bisa jadi laga melawan Bhayangkara FC akan menjadi pertimbangan lanjutan.

"Persis masih akan terus berkoordinasi, mengupayakan dan meyakinkan pihak berwenang untuk memberikan izin kehadiran penonton di Stadion Maguwoharjo. Hal ini agar suporter bisa merayakan sepak bola sebagaimana mestinya," lanjut pernyataan Persis Solo dalam rilisnya.

Baca Juga
Persis SoloLiga IndonesiaBhayangkara FCArema FCLiga 1

Berita Terkini