x

Eksodus Besar Bintang Juventus Dimulai, Weston McKennie Rampungkan Transfer ke Leeds United

Selasa, 31 Januari 2023 03:27 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Jelang penutupan bursa transfer musim dingin 2023, akhirnya Juventus resmi melepas Weston McKennie ke Leeds United. (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

INDOSPORT.COM - Jelang penutupan bursa transfer musim dingin 2023, akhirnya Juventus resmi melepas Weston McKennie ke Leeds United.

Gelandang asal Amerika Serikat (AS) tersebut diikat The Whites dengan kontrak pinjaman sampai akhir musim ini dengan fee 1,2 juta Euro menurut laporan dari Fabrizio Romano.

Andai ingin dipermanenkan maka I Bianconeri akan meminta biaya tambahan 33 juta Euro dan sejumlah klausul lainnya untuk menambah nilai jual McKennie.

Transfer McKennie diumumkan oleh Leeds pada Selasa (31/01/23) lewat media sosial mereka.

Mereka mengunggah postingan berupa foto dari dalam kapal udara yang disertai ponsel yang menunjukkan gambar penggawa Leeds United, Tyler Adams, yang memeluk seorang pemain lain yang jadi rekannya di timnas AS.

Baca Juga

Petunjuk tersebut sudah cukup menjelaskan jika Elland Road memang akan kedatangan Weston McKennie yang bakal menjadi awal asal negeri Paman Sam ketiga di sana.

Selain Adams, sebelumnya sudah tiba lebih dulu Brenden Aaronson. Keberadaan pelatih berpaspor AS, Jesse Marsch, jadi salah satu alasan kenapa Leeds kini senang mengumpulkan bintang The Stars and Stripes.

Baca Juga

McKennie rencananya akan menggantikan peran Mateusz Klich, legenda klub yang memutuskan hengkang pada bursa transfer kali ini untuk menerima tawaran dari DC United.

Pengalamannya dua tahun bersama Juventus diharapkan membuat Weston McKennie bisa menjadi pemain kunci bagi Leeds United di sisa Liga Inggris 2022/2023.

Saat ini mereka tengah berjuang menghidari zona degradasi sejauh mungkin usai hanya mengumpulkan 18 poin dari 20 pekan.

Baca Juga

1. Awal Gembosnya Skuad Juventus?

Juventus. REUTERS-Massimo Pinca

Dengan resminya kepindahan Weston McKennie ke Leeds United, menarik untuk menanti siapa yang akan Juventus rekrut sebagai pengganti.

Namun mengingat saat ini bursa transfer sudah memasuki deadline day, sepertinya sulit bagi Nyonya Tua untuk mendapatkan rekrutan baru.

Juventus sepertinya akan coba memanfaatkan kepergian eks Schalke 04 tersebut untuk memberikan lebih banyak menit bermain bagi Fabio Miretti dan Nicolo Fagioli.

Keduanya adalah pemain muda yang baru saja dipromosikan dari tim akademi dan telah mendapatkan kesempatan beraksi di berbagai ajang.

Ada pula Paul Pogba yang tengah meniti jalan menuju kepulihan sempurna dari cedera lututnya.

Baca Juga

Sejak kembali bergabung ke Juventus dari Manchester United pada bursa transfer musim panas 2022 lalu, playmaker Prancis itu belum sekalipun memainkan laga kompetitif karena harus masuk ruang dokter sejak pramusim.

Juventus cukup beruntung karena di pertengahan musim ini tidak ada banyak bintang mereka yang melakukan eksodus dari Allianz Stadium.

Baca Juga

Sebelumnya mereka diprediksi akan kehilangan banyak aset usai terbukti bersalah dalam skandal plusvalenza tempo hari dimana akhirnya pemangkasan 15 poin Liga Italia 2022/2023 jadi hukumannya.

Dengan semakin kecilnya kans untuk menembus Liga Champions musim depan, tidak heran jika kemudian isu beredar jika sejumlah pemain utama Juventus seperti Dusan Vlahovic, Federico Chiesa, hingga Manuel Locatelli hendak pergi ke tim lain.

Patut ditunggu sampai bursa transfer musim panas 2023 datang. Apakah Juventus masih bisa mempertahankan skuad mereka atau justru akan ada eksodus susulan menyusul Weston McKennie yang hijrah ke Leeds United.

Baca Juga

Sumber: Leeds United, Fabrizio Romano

Bursa TransferJuventusLeeds UnitedBerita Bursa TransferWeston McKennie

Berita Terkini