x

Pesan Ketum PSSI dan Menpora untuk Kapten Timnas U-16 dan Striker Persib yang ke Eropa

Selasa, 31 Januari 2023 14:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
M Iqbal Gwijangge dan Eriko Sulastiano terpilih sebagai penerima beasiswa untuk menjalani pemusatan latihan di Puskas Academia, Hongaria.

INDOSPORT.COM - Kapten Timnas Indonesia U-16, M. Iqbal Gwijangge dan striker Persib Bandung U-16, Eriko Sulastiano terpilih sebagai penerima beasiswa untuk menjalani pemusatan latihan di Puskas Academia, Hongaria. Keduanya akan berangkat dalam waktu dekat.

Kedua pemain muda itu dapat beasiswa khusus tersebut berkat kolaborasi antara PSSI dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) melalui bidang Industri Olahraga.

Iqbal dan Eriko akan berlatih di Puskas Akademia, Hongaria, selama enam bulan, terhitung mulai dari Januari hingga Juli mendatang 2023.

Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan sangat berterima kasih kepada KADIN atas kesempatan langka yang diberikan untuk kedua pemain masa depan Indonesia tersebut.

Tak lupa apresiasi juga diberikan oleh Iwan Bule ke duta besar Hongaria yang turut membantu terlaksana kerja sama ini dengan baik.

Baca Juga

Apabila Iqbal dan Eriko bisa selesaikan beasiswa dengan baik, maka kemungkinan ada pemain lain yang diberikan kesempatan.

"Saya berterima kasih kepada KADIN yang menginisiasi kerja sama dengan PSSI untuk bisa memberangkatkan pemain muda yang memiliki talenta bagus untuk ditempa di Puskas Akademi, Hongaria," kata Ketum PSSI.

Baca Juga

"Memang, sekarang tercatat baru dua pemain yang kita berangkatkan, namun tak menutup kemungkinan ke depannya akan terus bertambah," imbuhnya.

Sebelum terpilih dan diberangkatkan, Iqbal dan Eriko sebelumnya melewati tahap seleksi yang dipimpin oleh direktur teknik PSSI, Indra Sjafri.

"Kami pun berharap masih banyak pemain-pemain muda kita yang nantinya bisa menimba ilmu di akademi-akademi bagus lainnya," tambah ketum PSSI.

Baca Juga

1. Doa Iwan Bule

M Iqbal Gwijangge dan Eriko Sulastiano terpilih sebagai penerima beasiswa untuk menjalani pemusatan latihan di Puskas Academia, Hongaria.

Iwan Bule berpesan kepada Iqbal dan Eriko untuk tekun dan disiplin saat menimba ilmu di Puskas Akademi. Setelah kembali ke Indonesia, keduanya diharapkan menjadi pemain hebat.

"Tentunya dalam menimba ilmu, mereka harus dengan sungguh-sungguh, serius, telaten serta betul-betul memanfaatkan kesempatan yang didapat ini," ujarnya 

"Sehingga nanti saat kembali ke Tanah Air, mendapatkan perubahan yang sangat signifikan dari beberapa sektor, seperti skill, fisik hingga mental dan mungkin bisa dicontoh oleh para pemain muda lainnya di Indonesia," ujar Ketum PSSI.

"Saya akan mendoakan kesuksesan kepada keduanya, sepulangnya dari Puskas Akademi, mereka menjadi pemain hebat Timnas Indonesia ke depannya," lanjut Iwan Bule.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali juga mendukung penuh karir Iqbal dan Eriko. Mereka sempat bertemu pada Senin (30/01/23) di Kantor Kemenpora.

Baca Juga

"Program ini sangat bagus, kerja sama antara PSSI dan KADIN. Kami pemerintah tentu memberikan dukungan dan dorongan agar keduanya bisa sukses di sana dalam menimba ilmu," sebut Menpora.

Wakil Ketua KADIN bidang Sport Olahraga, Irawadi Hanafi menjelaskan, program ini sudah dipersiapkan cukup lama. Namun, karena adanya pandemi,  maka terhenti selama dua tahun.

Menurutnya, program ini pada mulanya lahir atas kunjungan dari Perdana Menteri Hungaria, Viktor Orban ke Indonesia dan melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara beberapa tahun lalu.

Baca Juga

"Mereka menawarkan program beasiswa di sana (Puskas Academia), selama enam bulan. Mohon doa supaya kedua pemain ini betah di sana," ujar Irawadi.

Menurutnya, dua atlet Indonesia tersebut akan melakukan training di Puskas academy selama 6 bulan. Dua pemain ini dikirim sebagai percobaan, kalau nantinya berhasil maka akan ditambahkan lagi.

M. Iqbal sendiri merupakan kapten Timnas Indonesia U-16 yang membawa Indonesia juara Piala AFF U-16 2022. Sedangkan Eriko merupakan pencetak gol terbanyak dan mengantarkan Persib Bandung U-16 meraih gelar juara EPA Liga 1 U-16. 

Baca Juga
PSSITimnas Indonesia U-16MenporaLiga IndonesiaMuhammad IqbalMochamad IriawanZainudin Amali

Berita Terkini