x

Verifikasi Daftar Calon Sementara Ketum, Waketum dan Exco PSSI: Bepe dan Azrul Ananda Tergusur!

Selasa, 31 Januari 2023 19:04 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Komite Pemilihan Kepengurusan PSSI periode 2023-2027 resmi mengumumkan nama calon sementara Ketua Umum, Wakil Ketua Umum dan Exco PSSI.

INDOSPORT.COM - Komite Pemilihan Kepengurusan PSSI periode 2023-2027 resmi mengumumkan nama calon sementara Ketua Umum, Wakil Ketua Umum dan Exco PSSI yang lolos verifikasi, Selasa (31/01/23) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

Dari lima bakal calon yang mendaftar, semuanya lolos verifikasi dan jadi calon sementara. Berkas kelimanya dinilai lengkap dan siap maju dalam pemilihan pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada 16 Februari mendatang.

Kelima calon sementara Ketum PSSI adalah La Nyalla Mattalitti, Arief Putra Wicaksono, Doni Setiabudi Erick Thohir dan Fary Djemy Francis.

Ketua KP, Amir Burhanuddin mengatakan tahapan verifikasi sangat ketat dan teliti sejak 22-31 Januari 2023. Bahkan, KP harus mengambil mekanisme voting untuk menilai calon kandidat.

"Sebagaimana tahapan Kongres, hari ini adalah masa pengumuman daftar calon sementara yang terlebih dahulu kita awali dengan proses verifikasi. Jadwalnya (verifikasi) dari 22 - 31 Januari, jadi kami lakukan verifikasi penelitian segala dokumen seluruh calon, serta para dukungan yang masuk ke KP," kata Amir.

Baca Juga

"Perlu kami informasikan bahwa dalam verifikasi, dinamika sangat kuat di internal kami, terutama terkait dengan ketelitian, serta syarat syarat lain yang disyaratkan di statuta," katanya.

"Bahkan beberapa kali rapat KP sempat terjadi beberapa kali deadlock. Bahkan pada ekstremnya, suatu keputusan terpaksa kami ambil mekanisme voting," tambah Ketua KP.

Baca Juga

KP lantas mengumumkan daftar calon sementara yang dituangkan dalam surat keputusan dan diserahkan ke Komite Banding Pemilihan (KBP) yang dipimpin oleh Gusti Randa.

"Dari nama-nama tersebut, Komite Pemilihan memutuskan, ada lima calon ketua umum yang kita putuskan telah memenuhi syarat," jelas Amir.

Lebih lanjut, KP mengumumkan bahwa hanya 16 nama yang lolos verifikasi dari 20 nama yang mendaftar atau dicalonkan sebagai bakal calon wakil ketua umum PSSI.

KP menjelaskan ada lima nama yang tidak lolos verifikasi dan tidak dapat banding yakni Azrul Ananda, Bambang Pamungkas, Ponaryo Astaman, Achsanul Qosasih dan Iwan Budianto.

"KP memutuskan lima calon wakil ketua yang tidak lolos dan tidak dapat mengajukan banding. Itu disebabkan karena mereka ini tidak memberikan lembar konfirmasi bersedia atau dengan bahasa awam atau interpretasi dari KP bahwa yang bersangkutan tidak bersedia. Lalu ada satu nama yang berkas dukungan dicabut klub pengusungnya," ujar ketua KP, Amir Burhanuddin.

Baca Juga

1. Calon Waketum dan Exco yang Lolos

PSSI menggelar debat untuk calon Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 pada Kamis, 31 Oktober 2019.

Adapun 16 calon sementara wakil ketua umum yang dinyatakan lolos dan akan mengikuti proses pemilihan adalah Ahmad Riyadh, Ahmad Syauqi Soeratno, Andre Rosiade, Doni Setiabudi dan Doni S Sutandi.

Selanjutnya ada Fary Djemy Francis, Gede Widiade, Hasani Abdulgani, Hasnuryadi Sulaiman, Juni Ardianto Rachman, Maya Damayantie, Ratu Tisha, Sadikin Aksa, Yesayas Oktavianus, Yunus Nusi dan Zainudin Amali.

Sementara itu, dari 83 bakal calon Exco  yang mendaftar, KP hanya meloloskan 53 nama. KP juga memutuskan dua calon exco yang tidak lolos dapat mengajukan banding yakni Sinung Widagdo dan Mirzha Rinaldy.

"Ketiga, ada 53 nama calon anggota exco yang kami nyatakan lolos yang nama-namanya akan kami lampirkan dalam rilis," ucap Amir Burhanuddin.

"KP juga memutuskan 27 nama calon anggota exco yang tidak lolos dan tidak dapat mengajukan banding," ujarnya.

Baca Juga

"Diklasifikasikan menjadi dua hal, yakni yang pertama yang bersangkutan tidak terdapat lembar kesediaannya, dan ada satu anggota komite yang bersedia, namun tidak dapat satu dukungan dari anggota PSSI, sehingga kami putuskan tidak lolos dan tidak dapat mengajukan banding," tambahnya.

Untuk nama-nama yang tidak lolos verifikasi dan dapat mengajukan banding, maka akan langsung ke Komite Bandung Pemilihan mulai tanggal 1-3 Februari 2023. Nantinya KBP akan lakukan verifikasi lagi dan mengumumkan calon tetap pada 6 Februari 2023.

Baca Juga

"Itulah masa kesempatan mereka. Tanggal 4-5 kalau ada yang mengajukan akan diperiksa KBP dan tanggal 6 Februari akan kita putuskan sebagai calon tetap," tuntas Amir Burhanuddin.

KP berharap hiruk-pikuk menjelang pemilihan dan KLB menumbuhkan kembali semangat sepak bola dari para pendiri PSSI. Dengan demikian akan membawa PSSI ke arah yang lebih baik hingga Timnas Indonesia yang berprestasi.  

Baca Juga
PSSIBambang PamungkasAzrul AnandaKongres Luar Biasa (KLB)Exco PSSILiga Indonesia

Berita Terkini