x

5 Bintang Liga Jerman yang Pernah Gabung Manchester United, Hati-hati Sabitzer

Kamis, 2 Februari 2023 23:53 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Marcel Sabitzer saat laga Bundesliga Jerman Bayern Munchen vs Freiburg

INDOSPORT.COM - Marcel Sabitzer baru saja diumumkan sebagai rekrutan teranyar Manchester United. Dirinya harus hati-hati melihat 5 bintang Liga Jerman sebelumnya. 

Sebagai klub raksasa Liga Inggris, Manchester United tentu pernah mendatangkan pemain-pemain berkualitas hampir dari semua liga Eropa.

Baca Juga

Salah satunya adalah Liga Jerman, yang memang selalu berhasil memproduksi para pemain berkualitas setiap tahunnya. 

Sebagaimana diketahui, Man United baru saja berhasil mendatangkan Marcel Sabitzer dari klub raksasa Liga Jerman, Bayern Munchen.

Marcel Sabitzer didatangkan dari Bayern Munchen dengan status pinjaman hingga akhir musim atau kurang lebih lima bulan tanpa opsi pembelian. 

Baca Juga

Cederanya Christian Eriksen dikabarkan menjadi alasan Man United mendatangkan Marcel Sabitzer pada jendela transfer Januari ini. 

Peresmian Marcel Sabitzer sendiri juga telah dikonfirmasi oleh Man United lewat situs resmi mereka dan akun media sosial Instagram mereka. 

Usai bergabung dengan Man United, Marcel Sabitzer juga langsung memberikan komentarnya karena bisa bergabung dengan salah satu tim tersukses di tanah Inggris itu.

Baca Juga

Meski mengaku bahwa transfer ini terasa tepat untuk dirinya, Sabitzer jelas harus hati-hati di Old Trafford. 

Apalagi melihat rekam jejak 5 bintang Liga Jerman yang pernah gabung Manchester United. Siapa saja mereka?


1. 5. Owen Hargreaves

Bastian Schweinsteiger

Gelandang berkebangsaan Inggris itu pertama kali datang ke Eropa dari negara kelahirannya Kanada, untuk gabung akademi Bayern Munchen pada 1997. 

Tiga tahun berselang, dia langsung promosi ke skuat senior Bayern Munchen karena kualitasnya. Hingga pada 2007 silam, Man United merekrutnya dari Bavarian. 

Baca Juga

Musim perdananya sungguh hebat, dia mempersembahkan trofi Liga Inggris dan Liga Champions di musim 2007/08. Tapi musim-musim selanjutnya dia terpinggirkan karena cedera kambuhan. 

4. Shinji Kagawa

Shinji Kagawa diharapkan menjadi bintang Asia yang sukses di Manchester United, ketika dia bergabung pada musim panas 2012 silam. 

Dia datang dengan modal dua trofi Liga Jerman bersama Borussia Dortmund selama dua musim berturut-turut. 

Baca Juga

Pada tahun pertamanya, Kagawa pun langsung menyumbang gelar juara Liga Inggris 2012/13 dan juga Community Shield di 2013. 

Namun inkonsisten menjadi masalah untuknya di Inggris. Dia hanya bertahan dua tahun dan kembali pulang ke Borussia Dortmund di musim panas 2014. 

3. Bastian Schweinsteiger

Bastian Schweinsteiger pantas jika dimasukkan ke dalam daftar legenda hidup Bayern Munchen. Dia membela klub raksasa Liga Jerman itu sejak 2002 hingga 2015. 

Baca Juga

Pada musim panas 2015, Schweinsteiger memutuskan untuk menerima pinangan Manchester United. Di musim perdananya, dia mempersembahkan trofi Piala FA dan musim kedua, membawa Setan Merah juara Liga Europa. 

Namun karena Jose Mourinho tidak memasukkannya ke dalam rencana, akhirnya dia memilih MLS dan gabung ke Chicago Fire. 


2. 2. Henrikh Mkhitaryan

Pemain Borussia Dortmund, Jadon Sancho usai mencetak gol untuk timnya pada pertandingan Bundesliga antara SC Paderborn vs Borussia Dortmund di Benteler Arena, Minggu (31/05 2020) di Paderborn, Jerman.

Manchester United kembali merekrut gelandang serang berbakat dari Borussia Dortmund di musim panas 2016, yakni Henrikh Mkhitaryan. 

Musim pertamanya berjalan sukses dengan menjuarai tiga kompetisi sekaligus, yakni Community Shield, Piala Liga Inggris dan Liga Europa. 

Tapi penampilannya terus menurun dan tersingkir dari skuat Jose Mourinho. Hingga akhirnya pada awal 2018, dia dilepas ke Arsenal dan kemudian dibuang ke AS Roma. 

Baca Juga

1. Jadon Sancho

Man United mungkin berbangga hati ketika musim panas 2021, mereka berhasil mendatangkan Jadon Sancho, yang merupakan jebolan akademi rival sekota Manchester City. 

Dia datang ke Old Trafford karena karir yang sukses di Borussia Dortmund. Untuk Die Borussien, dia menyumbang trofi Piala Jerman dan Piala Super Jerman. 

Setelah Euro 2020 yang dihelat di musim panas 2021, dia berlabuh ke Manchester United. Namun sampai sekarang, kualitasnya masih terus dipertanyakan.

Manchester UnitedShinji KagawaBayern MunchenBastian SchweinsteigerBorussia DortmundHenrikh MkhitaryanOwen HargreavesLiga InggrisJadon SanchoMarcel Sabitzer

Berita Terkini