x

Hadir di Laga Pekan 22 Liga 1, Menpora Bicara Peluang Persib Tetap Gunakan Stadion GBLA

Senin, 6 Februari 2023 15:48 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali (tengah) didampingi petinggi PT PBB, Teddy Tjahjono (kiri) dan Umuh Muchtar (kanan) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (05/02/22).

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, hadir di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (05/02/22), saat Persib Bandung menghadapi PSS Sleman di pekan ke-22 Liga 1 2022-2023.

Pada kesempatan tersebut, kehadiran Menpora ini disambut oleh dua petinggi PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono dan Umuh Muchtar.

Menurut Zainudin Amali, kehadirannya tersebut guna meninjau kondisi Stadion GBLA yang akan disiapkan untuk salah satu venue Piala Dunia U-20 2023.

Selain Stadion GBLA, rencananya Zainudin Amali akan berkeliling ke beberapa daerah lainnya di Indonesia yang Stadionnya disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

"Saya itu mau lihat seperti apa persiapan kita, di semua tempat, mungkin tanggal 10 saya akan ke Bali , saya akan lihat juga. Ada pertandingan atau enggak juga," kata Zainudin Amali, Minggu (05/02/23).

Baca Juga

Sebelumnya, Zainudin Amali sudah sempat meninjau kondisi Stadion GBLA, namun saat itu situasi Stadion berkapasitas 38 ribu tempat duduk ini dalam keadaan kosong. Lantaran, tidak ada pertandingan.

"Hari ini saya ke sini, koordinasi dengan PUPR, ada pertandingan, jadi saya mau lihat saja, seperti apa kondisinya, kalau sudah diisi penonton dan tidak. Kemarin pas kita ninjau juga kosong, kan sekarang kita lihat juga," ucapnya menambahkan.

Baca Juga

Mengenai peluang Persib untuk tetap menggunakan Stadion GBLA sebagai home base di kompetisi Liga 1 2022-2023, Zainudin Amali mengaku belum bisa memberikan kepastian. 

Pasalnya, harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan berbagai pihak, diantaranya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait penggunaan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) oleh Persib.

"Kita akan koordinasi dengan PUPR, karena di Keppres itu tanggung jawab sudah dibagi, Kementerian PUPR tanggung jawab infrastruktur, Menpora tanggung jawab kepada dukungan, PSSI ke prestasi," ujarnya.

Baca Juga

1. Persiapkan Stadion untuk Piala Dunia U-20 2023

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali (tengah) didampingi petinggi PT PBB, Teddy Tjahjono (kiri) dan Umuh Muchtar (kanan) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (05/02/22).

"Tapi kita sebagai satu kesatuan bahwa kita tuan rumah, kita akan suguhkan yang terbaik," jelas Zainudin Amali.

Menpora memahami kebutuhan tim peserta kompetisi Liga 1 2022-2023, yang cukup kesulitan untuk mendapatkan Stadion sebagai venue pertandingan kandang, terutama saat memasuki putaran kedua.

"Saya memahami kebutuhan klub, sangat dipahami, karena tidak gampang mendapatkan tempat bertanding," ujarnya.

Namun, di sisi lain Kementerian PUPR saat ini sedang mempersiapkan beberapa stadion di berbagai daerah untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023.

"Tapi kita lihat juga seperti apa yang sedang disiapkan PUPR, sepanjang itu tidak menggangu persiapannya, ya silahkan saja," ungkapnya.

Baca Juga

Selain Stadion GBLA, di Bandung sendiri ada Stadion lainnya yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023, yakni Stadion Persib, Kota Bandung dan Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Untuk Stadion Persib sendiri, rencananya akan disiapkan sebagai venue latihan tim peserta Piala Dunia U-20 2023 yang berlaga di Bandung.

Baca Juga

Sedangkan untuk Stadion Si Jalak Harupat, rencananya akan menjadi salah satu venue pertandingan Piala Dunia U-20 2023. Saat ini, Stadion yang sempat menjadi home base Persib tersebut sedang diperbaiki.

Sebelumnya, Stadion Si Jalak Harupat digunakan dua tim peserta kompetisi Liga 2 2022-2023 sebagai home basenya, yakni Persikab Bandung dan PSKC Cimahi.

Baca Juga
Persib BandungStadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA)Liga IndonesiaLiga 1Zainudin Amali

Berita Terkini