x

Siap-siap Depak Graham Potter, Chelsea Mulai Incar Eks Pelatih Barcelona

Selasa, 7 Februari 2023 09:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Masa depan Graham Potter agaknya tinggal seujung kuku setelah Chelsea dikabarkan mulai mengincar mantan pelatih Barcelona, Luis Enrique. (Foto: REUTERS/Violeta Santos Moura)

INDOSPORT.COM – Masa depan Graham Potter agaknya tinggal seujung kuku setelah Chelsea dikabarkan mulai mengincar mantan pelatih Barcelona, Luis Enrique.

Chelsea memang mempertimbangkan mencari pelatih baru menggantikan Graham Potter yang dianggap menjerumuskan The Blues sejauh musim ini.

Padahal, Chelsea dan sang pemilik Todd Boehly sudah menggelotorkan uang untuk belanja pemain baru, termasuk Rp6 triliun untuk 8 pemain di bulan Januari 2023.

Delapan pemain anyar The Blues ini adalah delapan pemain yang diboyong Chelsea adalah Andrey Santos, Mykhailo Mudryk, Benoit Badiashile, David Datro Fofana, Noni Madueke, Joao Felix, Malo Gusto, dan Enzo Fernandez.

Bahkan, Chelsea juga memecahkan rekor transfer klub saat merekrut Enzo Fernandez, di mana klub harus merogoh kocek senilai 106 juta pounds (sekitar Rp1,9 triliun).

Baca Juga

Bukannya semakin perkasa, skuad Graham Potter justru terpuruk menyusul hasil imbang 0-0 saat menghadapi Fulham di pekan ke-22 Liga Inggris, Sabtu (04/02/23).

Hasil mengecewakan ini langsung membuat fans Chelsea murka. Mereka menuntut klub London Barat itu segera mendepak Graham Potter.

Baca Juga

Nama Luis Enrique juga sejatinya sudah digaungkan oleh fans Chelsea untuk menggantikan Potter. Dan kini, Chelsea dan Todd Boehly sepemikiran dengan para suporter.

Melansir dari Daily Mail, Chelsea harus bergerak cepat jika benar-benar ingin menunjuk mantan juru taktik Barcelona itu sebagai pengganti Potter.

Pasalnya, Luis Enrique saat ini juga didekati sejumlah klub yang membutuhkan juru taktik baru. Selain Chelsea, Atletico Madrid dan Liverpool juga ikut bersaing mendapatkanya.

Baca Juga

1. Luis Enrique Pernah Sukses di Barcelona

Luis Enrique, pengumumkan pengunduran dirinya sebagai pelatih Spanyol. (Foto: REUTERS/Violeta Santos Moura)

Bagi Chelsea dan fans, Luis Enrique diyakini bisa memimpin pemain-pemain termahal di klub termasuk Enzo Fernandez dan Mykhailo Mudryk.

Luis Enrique sendiri saat ini tengah menganggur alias tanpa klub setelah gagal membawa Spanyol melangkah ke perempat final Piala Dunia 2022.

Jika dia menerima lamaran Chelsea, maka Luis Enrique akan kembali melatih klub sepak bola untuk pertama kalinya sejak 2017, ketika dia masih menjadi pelatih Barcelona.

Juru taktik berusia 52 tahun ini pernah menikmati kesuksesan sebagai pelatih Blaugrana. Dia membawa tim meraih treble winner di musim 2014-2015.

Secara total, Luis Enrique telah mempersembahkan sembilan gelar untuk Barcelona. Hal ini pun diharapkan bisa menular saat Enrique tiba di Stamford Bridge.

Baca Juga

Di sisi lain, Graham Potter mencatat portofolio yang sangat buruk. Chelsea di bawah besuan Potter hanya merasakan 9 kemenangan dari 22 laga di semua kompetisi.

Sisanya, Chelsea mencatat 6 kali bermain imbang dan menelan 7 kekalahan.

Chelsea pun harus merana di posisi 9 klasemen Liga Inggris, berjarak 10 poin dari zona Liga Champions dan 20 poin di belakang Arsenal yang menghuni puncak.

Selain itu, mereka juga sudah tersingkir dari Piala FA dan Piala Liga Inggris.

Baca Juga
ChelseaLuis EnriquePelatihLiga InggrisBerita Liga InggrisGraham Potter

Berita Terkini