x

Terancam Degradasi, Ini 5 Pemain yang Bakal Cabut dari Manchester City

Selasa, 7 Februari 2023 16:04 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Erling Haaland dan Phil Foden saat laga Liga Inggris antara Manchester City vs Manchester United

INDOSPORT.COM - Klub raksasa Liga Inggris, Manchester City saat ini sedang ditimpa masalah serius karena diduga telah melakukan pelanggaran aturan financial fair play (FFP).

Dugaan pelanggaran FFP yang dilakukan oleh Manchester City disampaikan langsung oleh perator Liga Inggris, Premier League, melalui laman resmi mereka.

Dalam pernyataan itu, Manchester City disebut melakukan pelanggaran FFP sejak diakui sisi oleh pengusaha tajir asal Uni Emirat Arab, Sheikh Mansour pada musim 2009-2010 silam hingga sekarang.

Klub berjulukan The Citiezens diduga tidak memberikan laporan keuangan yang jujur, terkait pendapatan dan biaya operasional klub.

Selain itu, ada pelanggaran soal renumerasi nilai kontrak dari sejumlah pelatih dan pemain yang pernah membela City di periode tersebut.

Baca Juga

Kemudian pihak manajemen dituduh tidak memberikan laporan yang akurat mengenai keuntungan dan keberlangsungan klub mereka.

Hal ini membuat pihak operator Liga Inggris akan membentuk tim independen yang terdiri dari perwakilan Premier League, dan klub-klub yang berlaga di kasta tertinggi musim ini.

Tim ini dibuat untuk segera menyidang Manchester City dan mempersilakan pihak The Citizens untuk mengajukan pembelaan atas dakwaan ini.

Persidangan nanti akan digelar secara tertutup dan hasil sidang itu akan dipublikasikan di laman resmi Premier League.

Baca Juga

Banyak pasal yang kemungkinan dilanggar oleh Manchester City. Mereka bisa mendapatkan hukuman pengurangan poin hingga terdegradasi dari kasta tertinggi Liga Inggris.

Bila hukuman ini jadi kenyataan, Pep Guardiola dan beberapa pemain bintang Manchester City bisa saja cabut dari Etihad Stadium. Siapa saja mereka?

Baca Juga

1. 1. Phil Foden

Phil Foden saat laga Liga Inggris antara Manchester City vs Manchester United

Pemain pertama yang bisa cabut dari Manchester City yakni Phil Foden. Bintang yang masih berusia 22 tahun ini tentu ingin tetap bisa tampil di Premier League.

Bila bermain di kasta kedua Liga Inggris atau divisi championship, kariernya malah akan mengalami penurunan. Di usia yang masih sangat muda, Phil Foden ingin bisa tampil bersama klub besar dan meraih beberapa gelar individu.

Di Liga Inggris musim 2022-2023 ini, Phil Foden tercatat sudah tampil sebanyak 18 kali dengan menyumbang tujuh gol serta tiga assist.

2. Erling Haaland

Sama seperti Phil Foden, usia Erling Haaland masih menginjak 22 tahun. Bintang asal Norwegia ini tentu ingin tampil bersama klub besar di kompetisi teratas dunia.

Baca Juga

Erling Haaland merupakan pemain yang memiliki ambisi besar meraih gelar khususnya individu. Bila Man City dijautuhi hukuman, kemungkinan gelar top skornya musim ini akan hangus.

Kekecewaan inilah yang membuat Erling Haaland dipastikan besar bakal hengkang dari Etihad Stadium dan mencari klub top Eropa lainnya yang sehat.

Baca Juga

3. Ederson

Berikutnya ada kiper Timnas Brasil yakni Ederson Moraes. Ia tercatat sudah mengabdi untuk Manchester City sejak 2017 lalu.

Hukuman yang menimpa Manchester City tentu akan membuat dirinya merasa kecewa berat. Ia diyakini bakal hengkang dan meminta dijual bila The Citizens degradasi.

Baca Juga

2. 4. Kevin De Bruyne

Kevin De Bruyne di laga uji coba Manchester City vs Girona Reuters-Jason Cairnduff

Kevin De Bruyne merupakan pemain penting di balik kesuksesan Manchester City selama beberapa musim terakhir di kompetisi Liga Inggris.

Bahkan, ia diyakini merupakan salah satu gelandang terbaik di dunia saat ini. Namun, sang kapten pastinya ingin tetap bermain di kasta tertinggi sepakbola Inggris.

Ia tidak menutup kemungkinanbakal angkat kaki dari Stadion Etihad jika Manchester City mendapatkan hukuman berat yakni terdegradasi ke kasta kedua.

5. Julian Alvarez

Yang terakhir ada pemain yang didaratkan Manchester City pada bursa transfer musim panas 2022 lalu yakni Julian Alvarez.

Sama seperti Phil Foden dan Erling Haaland, Julian Alvarez masih berusia sangat muda. Pemain yang baru saja mengantar Argentina meraih gelar juara Piala Dunia 2022 ini tentu ingin bisa bermain di Premier League bersama klub raksasa.

Premier LeagueManchester CityPep GuardiolaKevin De BruyneLiga InggrisEdersonPhil FodenErling Braut HaalandJulian Alvarez

Berita Terkini