x

Nyawanya Terancam, Spasojevic Minta Wasit Liga 1 Pimpin Laga dengan Becus!

Kamis, 9 Februari 2023 15:30 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Prio Hari Kristanto
Striker Bali United, Ilija Spasojevic, menuangkan kekecewaannya atas keputusan wasit dalam laga kontra Barito di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (05/02/23). Foto: Bali United

INDOSPORT.COM - Striker Bali United di Liga 1, Ilija Spasojevic menungkan kekecewaannya atas keputusan wasit dalam laga kontra Barito di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (05/02/23).

Pasalnya, Spasojevic mendapat sejumlah pelanggaran keras di pertandingan pekan ke-22 Liga 1 2022-2023 tersebut.

Tercatat, pelanggaran keras yang dilakukan pemain Barito Putera ke Ilija Spasojevic dilakukan sebanyak dua kali.

Aksi Yuswanto Aditya, pemain bernomor punggung 3 di skuat Laskar Antasari itu menjadi aktor yang disasar Spaso dalam kritikannya.

Spasojevic juga tak habis pikir terhadap keputusan wasit Liga 1 yang sama sekali tak memberikan ganjaran serius seperti kartu merah atau kuning atas apa yang diperbuat Yuswanto Aditya.

Baca Juga

Pelanggaran pertama yang dilakukan oleh Yuswanto, yakni saat melakukan duel udara bersama Ilija Spasojevic pada menit injury time babak kedua.

Tampak siku pemain Barito Putera itu menghujam tepat wajah Spaso yang hampir memenangkan perebutan bola.

Baca Juga

Kedua, Yuswanto jelas melanggar Ilija Spasojevic saat Bali United mendapat peluang di depan gawang Barito Putera.

Terlihat wajah Spaso kena hujam kaki bek Barito Putera tersebut, saat ia gagal mengamankan bola kemelut di area kotak penalti.

Atas insiden tersebut, Ilija Spasojevic meluapkan emosinya melalui akun instagram pribadinya @sapsogol. Menurut pemain 35 tahun itu, wasit dan seluruh operator Liga 1 harus melek dengan kejadian ini. Berikut pernyataan lengkapnya.

Baca Juga

1. Sepak Bola Indonesia Harus Berubah

Striker Bali United, Ilija Spasojevic, saat pertandingan Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022 menghadapi Persib Bandung di Stadion GBLA, Kota Bandung, Minggu (12/06/22).

Ilija Spasojevic menjelaskan setelah mendapati dua pelanggaran keras tersebut, ia merasakan pusing dan harus mendapatkan penanganan medis.

Ia sampai harus melakukan X-Ray guna berjaga-jaga, syukurnya Spaso mengatakan tidak ada cedera parah di kepalanya.

Lantas Ilija Spasojevic mengingatkan bahwa, regulasi sepak bola Indonesia harus lebih melek terhadap keselamatan pemain.

Lebih lanjut, kata pemain 35 tahun itu, pemain mendapat perlindungan dan protokol ketat, baik di dalam maupun di luar lapangan.

"Opini ini saya tulis sebagai seorang atlet profesional dan ditunjukkan untuk semua pihak, mulai dari pemain, perangkat pertandingan sampai organisasi yang berwenang, untuk membuat sepak bola Indonesia lebih baik lagi, saling melindungi dan membawa perubahan positif." tulis Spaso dalam caption di instagramnya @spasogol.

Baca Juga

"Setelah benturan yang didapatkan saya merasakan pusing dan tanpa pikir panjang berkonsultasi dengan dokter Bali United untuk melakukan X-Ray. Beruntung, tidak ada retak maupun cedera parah pada kepala saya."

"Saya tentunya tidak ingin hal buruk terjadi lagi. Nyawa jauh lebih penting dari hal-hal lain mengenai sepak bola."

Baca Juga

"Menurut saya, ini adalah salah satu hal yang penting untuk disuarakan demi meningkatkan level sepak bola Indonesia. Lindungi pemain, karena pemain adalah aset bagi sepak bola Indonesia." tulis Ilija Spasojevic.

Dalam laga tersebut, Bali United harus takluk di tangan Barito Putera dengan skor 1-2. Dua gol Barito itu disumbangkan oleh duo pemain asing, yakni Renan Alves dan Ryota Noma.

Sedangkan, gol semata wayang Bali United dicetak oleh Fadil Sausu. Meski demikian, laskar Serdadu Tridatu masih berada di 10 besar klasemen Liga 1 2022/2023.

Baca Juga
Barito PuteraIlija SpasojevicBali UnitedLiga IndonesiaLiga 1Yuswanto AdityaBerita Liga 1

Berita Terkini