x

Pemain Andalan Timnas U-20 Belum Dilepas Klub, Shin Tae-yong Curhat Berada Dalam Masalah Besar

Kamis, 9 Februari 2023 12:33 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Latihan Timnas Indonesia U-20 sebagai persiapan Piala Asia U-20 2023 di Lapangan C Senayan, Rabu (08/02/23). Latihan dimulai pukul 11WIB dibawah terik matahari.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong mengaku kesulitan merancang program latihan karena belum semua pemain bergabung dalam latihan. Dari 30 nama yang dipanggil, masih ada sekitar sembilan nama yang belum datang.

Adapun pemain yang belum bergabung ke TC Timnas U-20 di Jakarta adalah Marselino Ferdinan (Belgia), Ronaldo Kwateh, Cahya Supriadi, Muhammad Ferrari, Alfriyanto Nico, Doni Tri Pamungkas (Persija).

Lalu ada tiga nama dari Persib Bandung yakni Kakang Rudianto, Robi Darwis dan Ferdiansyah. Semuanya dalam belum terlihat hadir di latihan, Rabu (08/02/23) siang di Lapangan C Senayan, Jakarta.

Timnas U-20 sedang lakukan persiapan untuk ikuti Piala Asia U-20 2023 pada pada 1-18 Maret di Uzbekistan. Tapi, tim ini juga akan jadi cikal bakal skuad yang bermain di Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei - 11 Juni di Indonesia.

Oleh sebab itu, Shin Tae-yong mengaku gelisah dan bingung. Pasalnya, harapan besar masyarakat Indonesia berada di pundaknya, untuk tampil bagus di Piala Dunia U-20.

Baca Juga

"Sangat jadi masalah karena pemain yang belum datang, belum gabung itu pemain inti timnas. Jadi saya tak bisa ngapain-ngapain saat latihan," kata Shin Tae-yong.

"Hati gelisah, saya bingung sekali karena Pak Presiden dan Menpora selalu bicara, masyarakat Indonesia berharap Indonesia bisa berprestasi saat Piala Dunia U-20. Tapi saya sangat bingung dengan situasi sekarang, ini perjalanan sulit bagi saya," imbuhnya.

Baca Juga

Shin Tae-yong sudah meminta PSSI mengirimkan surat ke klub pemilik, seperti ke klub Liga 2 Belgia, KMSK Deinze tempat Marselino berada. Lalu juga membangun komunikasi langsung dengan bertemu pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll. 

Baca Juga

1. Minta Pemahaman Klub

Mochamad Iriawan meminta Shin Tae-yong tetap melatih Timnas Indonesia meski dia per tgl 16 sudah tak jadi ketum PSSI lagi.

Juri taktik 52 tahun itu berharap klub memahami keresahannya. Shin Tae-yong juga mengerti tentang situasi klub, tapi dia menilai Piala Dunia U-20 sudah di depan mata dan ia harus persiapkan tim secara matang.

Lawan-lawan Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 tentu kualitasnya di atas, jadi Shin Tae-yong mau lakukan latihan jangka panjang agar pemain memahami dengan baik strategi yang diusung.

Baca Juga

"Saya gak mengerti situasi ini. Apalagi turnamen yang kita siapkan ini bukan AFF atau Asia Tenggara. Ini FIFA World Cup. Tim-tim yang kita lawan nanti kemampuannya lebih tinggi jauh lebih baik dari pada tim kami," jelas Shin Tae-yong.

"Kalau situasi sekarang tak berprestasi, jadi tak bisa buat apa-apa. Saya mohon sebesar-besarnya biar bisa dibantu dari klub. Saya benar-benar minta tolong," tuntasnya.

Baca Juga

Sebelum ke Piala Dunia U-20 2023, Shin Tae-yong memimpin Timnas U-20 di Piala Asia U-20 2023. Indonesia tergabung di Grup A bersama tuan rumah, Uzbekistan, Irak, dan Suriah. 

Hasil nanti di Piala Asia U-20 akan jadi gambaran dan evaluasi bagi Shin Tae-yong untuk persiapkan tim menuju Piala Dunia U-20. Karena itu, dia butuh semua pemain terbaik. 

Baca Juga
Liga IndonesiaShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini