x

Piala Dunia U-20 Penting Bagi Timnas Indonesia, Teco Dukung Shin Tae-yong

Sabtu, 11 Februari 2023 10:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Pelatih Bali United, Pelatih, Stefano Teco Cugurra saat konferensi pers di Graha Persib, Kota Bandung, Sabtu (10/06/22), jelang pertandingan Persib Bandung di Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022.

INDOSPORT.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, memastikan dukungan terhadap Shin Tae-yong untuk melakukan persiapan khusus pada Timnas Indonesia U-20. Teco menilai Piala Dunia U-20 2023 sangat penting bagi Indonesia.

Keputusan Shin Tae-yong menggelar pemusatan latihan (TC) jangka panjang banyak mendapat kritikan, salah satunya dari pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll.

Menurutnya, TC jangka panjang ini tak pernah menjadi opsi di Eropa. Justru dengan tampil di kompetisi level senior, termasuk Liga 1, para pemain seperti Muhammad Ferrari mendapat tempaan.

Hal sama kemudian turut disuarakan Persebaya Surabaya. Tim Bajul Ijo berharap Marselino Ferdinan yang kini gabung klub Belgia, KMSK Deinze, tak disibukkan dengan TC jangka panjang bersama Timnas Indonesia.

Situasi ini membuat TC Timnas Indonesia U-20 menuju Piala Asia U-20 menjadi sedikit terganggu. Shin Tae-yong belum mendapatkan skuat lengkap pada pemusatan latihan di Jakarta.

Baca Juga

Terkait polemik ini, Stefano Cugurra Teco buka suara. Pelatih asal Brasil ini menyebut, selama berkarir sebagai pelatih di Indonesia, program jangka panjang bersama Timnas Indonesia sudah biasa terjadi.

"Saya sudah kerja lama di Indonesia. Soal waktu TC yang lama bukan (era) Shin Tae-yong saja,"  jelas Teco, Jumat (10/02/23).

Baca Juga

"Saya pikir sebelum ini, seperti saat coach Persib, Luis Milla, sangat bagus di Timnas, dia juga punya TC lama juga. Setelah Milla ada pelatih lain (Simon McMenemy), pakai TC lama juga. Di Indonesia, ini bukan cara baru, ini sudah lumayan lama," lanjut Teco.

Teco kemudian berbicara keinginan Shin Tae-yong menggelar TC jangka panjang menuju Piala Dunia U-20 2023.

Teco memahami jika Indonesia memutuskan untuk melakukan program tersebut. Bagi negara-negara langganan Piala Dunia, ajang level U-20 ini bisa jadi bukan prioritas.

Baca Juga

1. Teco Paham dengan Kebutuhan Shin Tae-yong

Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion My Dinh National, Hanoi, Senin (09/01/23). (Foto: PSSI)

Namun, bagi Indonesia yang bahkan masih kesulitan bersaing di level Asia, Piala Dunia U-20 2023 merupakan ajang yang sangat prestisius.

"Mereka juga harus mengerti bahwa tidak setiap tahun Indonesia bisa main di Piala Dunia. Saya pikir coach Shin Tae-yong harus sangat serius untuk mempersiapkan tim, ini kenapa? karena semua yang cinta sepak bola Indonesia pasti mau nonton Timnas main bagus (di Piala Dunia U-20)," tutur Teco.

"Mereka bisa main di Piala Dunia karena saat ini menjadi tuan rumah. Ketika tidak jadi tuan rumah, mereka tidak mudah buat main di kompetisi ini. Maka mereka harus mempersiapkan diri dengan serius," imbuh Teco.

Baca Juga

Dalam daftar pemain yang dipersiapkan menuju Piala Asia U-20, Shin Tae-yong memanggil 38 nama. Tak ada nama-nama pemain muda dari Bali United.

Namun, Teco mengingatkan bahwa Bali United sebelum ini kerap menyumbangkan pemain ketika Timnas Indonesia menggelar TC jangka panjang.

Baca Juga

"Bali United sering bantu Timnas ketika mereka mau pakai pemain dari kita. Jadi, tidak ada masalah dari kita," ungkap Teco.

Saat ini, sudah ada 22 pemain yang gabung di Jakarta. Persib dan Persija sama-sama belum melepas semua pemainnya ke program tersebut.

Delapan nama yang belum gabung adalah Kakang Rudianto dan Ferdiansyah dari Persib Bandung, Ferrari, Alfriyanto Nico, Ginanjar Wahyu dan Cahya Supriyadi dari Persija, serta Marselino yang ke Belgia dan Ronaldo Kwateh ke Turki.

Baca Juga
Liga IndonesiaStefano Cugurra TecoPiala Dunia U-20 2023Shin Tae-yongTimnas Indonesia U-20

Berita Terkini