x

Waspadai Kebangkitan Borneo FC, Pelatih Persis Solo Bicara Keunggulan Transisi

Minggu, 12 Februari 2023 12:31 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Selebrasi para pemain Persis Solo usai menceta gol ke gawang Madura United di laga BRI Liga 1. (Foto: Persis Solo)

INDOSPORT.COM - Persis Solo mewaspadai kebangkitan Borneo FC jelang pertemuan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (12/02/23), dalam laga pekan ke-24 Liga 1 2022/2023. Pesut Etam disebut memiliki keunggulan dalam transisi bermain.

Persis Solo dalam semangat tinggi setelah mengakhiri rentetan tiga pertandingan tanpa kekalahan. Raihan tiga poin di markas Madura United menjadi bekal menghadapi Borneo FC.

Situasi bagus Persis Solo berbanding terbalik dengan Borneo FC. Mereka ada dalam tekanan menyusul lima partai terakhir hanya meraih sekali kemenangan, sekali hasil imbang dan menelan tiga kekalahan.

Hasil jelek itu membuat Borneo FC sudah tertinggal 11 poin dari PSM Makassar yang menjadi pemuncak klasemen sementara Liga 1. Borneo FC juga berjarak 10 poin dari Persib Bandung yang menduduki posisi kedua.

Terkait situasi itu, pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano, tetap memandang Borneo FC sebagai tim papan atas. Justru Borneo FC bisa termotivasi untuk bangkit lagi.

Baca Juga

"Ini menjadi hal biasa dalam sepak bola, karena setiap tim punya momentumnya sendiri. Justru situasi ini membuat motivasi para pemain Borneo FC menjadi berlipat karena mereka ingin menampilkan yang terbaik," kata Leonardo Medina, Sabtu (11/02/23).

Leonardo menegaskan Persis Solo mewaspadai kebangkitan Borneo FC. Laskar Sambernyawa sudah menyudahi euforia menang di markas Madura United.

Baca Juga

"Kami dalam situasi yang baik, tapi kami tetap harus waspada dengan Borneo, karena sekali lagi sepak bola adalah soal momentum. Borneo FC pasti termotivasi untuk keluar dari catatan buruk saat ini," tutur Leonardo.

Leonardo kemudian berbicara keunggulan Borneo FC dalam hal transisi. Pada pertemuan pertama di Samarinda, Persis Solo harus kalah 1-2 lewat serangan balik yang dibangun Borneo FC.

"Kita melakukan persiapan dengan bagus. Para pemain sudah siap menjalani laga sulit ini. Kita fokus pada aspek menyerang, bertahan dan transisi," papar Leonardo.

"Transisi adalah poin penting karena Borneo merupakan tim yang punya transisi bagus. Maka, kita juga melakukan persiapan aspek transisi dengan bagus," ujar Leonardo.

Baca Juga

1. Ingin Tampil Konsisten

Prediksi pertandingan antara Persis Solo vs Borneo FC (BRI Liga 1).

Menurut Leonardo, skuad Laskar Sambernyawa terus berkembang pada putaran kedua ini. Dalam enam pertandingan, Persis Solo mencatatkan 2 kemenangan, 3 hasil seri dan menelan 2 kekalahan.

Leonardo ingin para pemain menikmati tahap demi tahap yang dijalani Persis Solo sejak ia datang memimpin tim pada pekan ke-12 Liga 1 2022/2023.

"Persis dalam situasi yang bagus. Kami berkembang secara bertahap, tapi kami juga harus paham bahwa hal ini harus dilakukan secara perlahan," ucap Leonardo.

"Kami ingin fokus untuk berkembang di setiap laga dan kami tidak terfokus pada hasil laga sebelumnya. Kami ingin berkembang dari pertandingan ke pertandingan," lanjut Leonardo.

Dua Pilar Absen

Hanya saja, dalam laga ini Persis Solo tak akan diperkuat Muhammad Abduh Lestaluhu dan Muhammad Riyandi. Dua nama ini masuk dalam jajaran dengan caps terbanyak di Liga 1 2022/2023.

Baca Juga

Abduh harus absen lagi karena masih menjalani hukuman tambahan dari Komdis PSSI. Hukuman itu berkaitan dengan kartu merah Abduh karena mendorong wasit Juhandri Setiana pada laga melawan Persita Tangerang, 28 Januari 2023.

Posisi Abduh sebagai bek kiri akan digantikan Eky Taufik. Dalam dua laga melawan Bhayangkara FC dan Madura United, putra Sragen itu tak tergantikan.

Baca Juga

Sementara itu Muhammad Riyandi absen karena mengalami cedera. Bahkan, Riyandi sudah dipastikan absen hingga akhir musim Liga 1 2022/2023.

Pos bawah mistar akan dihuni Gianluca Pandeynuwu. Laga Liga 1 antara Persis Solo vs Borneo FC ini cukup spesial karena Gianluca merupakan salah satu kiper muda hasil polesan Pesut Etam.

Baca Juga
Persis SoloBorneo FCLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Leonardo Medina Arellano

Berita Terkini