x

Ze Valente Jadi Senjata Persebaya di Liga 1, Seto: Pemain Bagus

Minggu, 12 Februari 2023 18:05 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, tak khawatir dengan keberadaan Ze Valente yang bisa jadi "sumber informasi" Persebaya Surabaya di Liga 1.

INDOSPORT.COM - Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, tak khawatir dengan keberadaan Ze Valente yang bisa jadi "sumber informasi" Persebaya Surabaya. Namun, Seto menyebut Ze Valente sebagai pemain bagus di Liga 1 2022/2023.

Pertemuan PSS melawan Persebaya pada laga pekan ke-24 di Stadion Joko Samudro, Gresik, Senin (13/02/23) sore, sangat dinantikan para pencinta sepak bola Tanah Air.

Tak sekadar keberadaan dua pelatih lokal berlisensi AFC Pro yang memimpin PSS dan Persebaya, status Ze Valente sebagai pilar tim Bajul Ijo menambah bumbu dalam laga ini.

Ya, bagi publik Sleman, Ze Valente punya tempat tersendiri. Ze Valente merupakan pilar PSS pada putaran pertama lalu. Gelandang berusia 28 tahun ini tampil 14 kali dengan torehan satu gol.

Namun, karena pertimbangan tertentu, Ze Valente akhirnya dilepas ke Persebaya. Keputusan itu nyatanya sama-sama menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Baca Juga

Tanpa Ze Valente, PSS Sleman malah bisa meraih hasil bagus. PSS mencatatkan empat kemenangan dari enam pertandingan putaran kedua. Yevhen Bokhashvili jadi bintang baru bagi publik PSS.

Sementara itu, bagi Ze Valente, kemenangan yang sulit diraih ketika membela PSS, kini menjadi hal biasa di Persebaya. Ze Valente selalu merasakan kemenangan dalam empat laga membela Persebaya.

Baca Juga

Raihan positif itu bisa berlanjut ketika Ze Valente menghadapi PSS. Kebersamaan sepanjang putaran pertama membuat Ze Valente sudah memahami karakter setiap pemain PSS Sleman.

Terkait situasi itu, Seto memuji Ze Valente sebagai pemain berkualitas. Seto turut berbicara mengenai kepindahannya ke salah satu tim pendiri PSSI ini.

"Ze pemain yang bagus. Dia mungkin perlu berkembang, jadi mungkin dia pindah ke Persebaya," kata Seto, Minggu (12/02/23).

Baca Juga

1. Strategi Bocor?

Prediksi pertandingan antara Persebaya Surabaya vs PSS Sleman (BRI Liga 1).

Soal strateginya bocor, Seto menyebut situasi itu bisa saja diketahui Persebaya, bahkan tanpa Ze Valente memberi informasi. Ada Aji Santoso yang menjadi rekan sekelompok Seto ketika mengikuti lisensi AFC Pro pada 2019 lalu.

"Tanpa Ze membocorkan kami, coach Aji pasti sudah tahu," tutur Seto.

Justru peran Ze Valente sebagai komando lini tengah membuat Seto sudah merencanakan strategi sebagai bentuk antisipasi.

Dalam empat pertandingan, Ze Valente memang tak mencetak gol. Namun, dia membantu lini serang Persebaya menjadi sangat berbahaya.

Ada 12 gol yang tercipta dalam empat laga terakhir Persebaya bersama Ze Valente. Persebaya kini juga sudah naik ke peringkat tujuh dengan 34 poin, selisih dua poin saja dengan tim peringkat enam, Bali United.

"Ini menjadikan catatan buat kami, tentang bagaimana nanti pada pertandingan kita harus berbuat seperti apa," papar Seto.

Baca Juga

Satu hal penting yang coba difokuskan Seto pada PSS adalah recovery. Dengan jeda hanya tiga hari dan perjalanan darat melelahkan ke Gresik, Seto pilih fokus mengembalikan level kebugaran timnya.

"Kami hanya mencoba untuk membuat kebugaran menjadi bagus. Harapannya pemain bisa paham menjaga kondisinya," ungkap Seto.

Baca Juga

Yevhen Bokhashvili akan jadi ujung tombak untuk menjebol gawang Persebaya. Meski eksekusi penaltinya sempat gagal saat laga melawan Persik, Yevhen tetaplah striker subur dengan empat gol dalam lima penampilan.

Raihan tiga poin bisa membuat PSS Sleman mendekati Persebaya Surabaya dan masuk sepuluh besar pada klasemen sementara Liga 1 2022/2023.

Baca Juga
Persebaya SurabayaPSS SlemanLiga IndonesiaLiga 1Seto NurdiyantoroBerita Liga 1Ze Valente

Berita Terkini