x

Bakal Main di Piala Asia, Ini yang Diwaspadai Gelandang Timnas Indonesia U-20

Senin, 20 Februari 2023 19:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Selebrasi Zanadin Fariz bersama Kakang Rudianto usai mencetak gol Timnas Indonesia U-20 ke gawang Fiji pada Turnamen Mini yang digelar PSSI sebagai persiapan jelang Piala Asia U-20 2023 di Stadion GBK, Jumat (17/02/23).

INDOSPORT.COM - Gelandang Timnas Indonesia U-20, Zanadin Fariz mengaku sudah mengetahui calon lawan di Piala Asia U-20 2023 yang dimainkan 1-18 Maret nanti di Uzbekistan. Karena itu, dia mengatakan laga perdana akan sangat berpengaruh.

Timnas Indonesia U-20 lolos ke ajang Piala Asia U-20 tahun ini dan akan berada di Grup A bersama tiga negara kuat, yakni Uzbekistan, Irak dan Suriah.

Pada laga perdana, skuad Garuda Nusantara akan menantang Irak pada 1 Maret 2023 mendatang di Stadion Lokomotiv Tashkent.

Menurut Zanadin, laga pertama itu sangat berpengaruh dan bisa menentukan langkah Timnas Indonesia U-20 selanjutnya di Piala Asia U-20 2023.

Dirinya juga menegaskan, Irak bukanlah lawan mudah bagi Timnas U-20 dalam laga nanti. Ia memperkirakan pertandingan bakal sangat melelahkan.

Baca Juga

Karenanya, tim asuhan Shin Tae-yong harus bekerja keras dan kompak supaya bisa amankan tiga poin. Jika bisa atasi Irak, langkah Timnas U-20 bisa jadi lebih ringan.

"Buat saya pribadi, di Piala Asia nanti pertandingan awal pasti sangat sulit dan itu paling menentukan karena kami harus adaptasi juga. Tapi kami pemain pasti berusaha semaksimal mungkin," kata Zanadin.

Baca Juga

"Untuk saya sendiri bakal kasih penampilan terbaik dan rekan-rekan juga semoga bisa bantu timnas indonesia bisa lanjut ke babak berikutnya," imbuhnya.

Setelah lawan Irak, Timnas Indonesia U-20 selanjutnya menghadapi Suriah pada 4 Maret. Lalu pada partai pamungkas, skuad Garuda Nusantara akan berhadapan dengan tuan rumah, Uzbekistan pada 7 Maret.

Baca Juga

1. Persiapan Timnas U-20

Skuat Timnas Indonesia U-20 saat melawan Selandia Baru pada Turnamen Mini yang digelar PSSI sebagai persiapan Piala Asia U-20 2023 di Stadion GBK, Minggu (19/02/23).

Untuk persiapan ke Piala Asia U-20, Timnas Indonesia U-20 sedang jalani pemusatan latihan di Jakarta. Ada 30 pemain yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong.

Sebelum ke kejuaraan dua tahunan tersebut, skuad Merah Putih jalani tiga laga uji coba internasional. Timnas U-20 melawan Fiji (menang 4-0), Selandia Baru (kalah 1-2) dan akan menantang Guatemala. 

"Jujur kita mau mempersiapkan skuad, sebenarnya TC mulai tanggal 1 Februari itu untuk pilih siapa saja yang akan berangkat (ke Piala Asia U-20) kecuali pemain naturalisasi Justin Hubner, Rafael Struick dan Ivar Jenner," jelas pelatih Timnas U-20, Shin Tae-yong.

Piala Asia U-20 2023 akan diikuti 16 negara yang sudah lolos dari babak kualifikasi. Nantinya, dua tim paling atas klasemen fase grup akan lolos ke babak perempat final.

Baca Juga

Empat tim yang lolos ke babak semifinal Piala Asia U-20, kecuali Timnas Indonesia, akan lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2023.

Arab Saudi adalah juara bertahan di Piala Asia U-20. Mereka meraih gelar juara pada edisi 2018 lalu dengan mengalahkan Korea Selatan dengan skor 2-1 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.

Sementara bagi Indonesia, ini adalah partisipasi ke-8 di Piala Asia U-20. Indonesia pernah meraih gelar juara pada edisi 1961 yang lalu.

Baca Juga
Piala Dunia U-20IrakTimnas IndonesiaLiga IndonesiaShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini