x

‘Gara-gara’ Chelsea, Sir Jim Ratcliffe Disebut Tak Serius Ingin Akuisi Manchester United

Senin, 20 Februari 2023 17:59 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Sir Jim Ratcliffe dinilai tidak serius mengakuisisi raksasa Liga Inggris, Manchester United, setelah dokumen proposal membeli Chelsea tahun lalu bocor.

INDOSPORT.COM – Sir Jim Ratcliffe dinilai tidak serius mengakuisisi raksasa Liga Inggris, Manchester United, setelah dokumen proposal membeli Chelsea tahun lalu bocor secara publik.

Sir Jim Ratcliffe merupakan  salah satu kandidat terkuat pemilik baru Manchester United, menyusul keputusan Keluarga Glazer menjual klub tersebut.

Menurut laporan, orang terkaya di Inggris tersebut, melalui perusahaannya INEOS, sudah memberikan proposal untuk membeli Man United pada Sabtu (18/02/23) waktu setempat.

Tak diketahui berapa jumlah penawaran yang diberikan Sir Jim Ratcliffe buat keluarga Glazers untuk membeli Manchester United.

Namun beberapa waktu lalu laman Foot Mercato mengungkapkan bahwa tawaran Jim Ratcliffe sebelumnya tidak akan lebih dari 4 miliar dollar AS atau sekitar Rp60 triliun.

Baca Juga

Penawaran Sir Ratcliffe tersebut masih jauh dari nilai yang diminta Keluarga Glazer, yakni sebesar 6 miliar poundsterling (Rp109 triliun).

Selain nilai penawaran, Sir Jim Ratcliffe dalam pernyataan resmi juga mengajukan visi misinya jika terpilih sebagai pemilik Manchester United yang baru.

Baca Juga

Dia berambisi menjadikan Man United klub nomor satu di dunia lagi dan menjadikan klub kiblat kepemilikan yang modern, progresif, dan mengutamakan penggemar.

“Kami ingin Manchester United berlabuh dalam sejarah dan akar kebanggaannya di Barat Laut Inggris, menempatkan Manchester kembali ke Manchester United dan jelas fokus untuk memenangkan Liga Champions,” demikian bunyi salah satu pernyataan Ratcliffe.

Namun demikian, menurut Sport Mirror, sejumlah fans  Manchester United menilai rencana jangka panjang Ratcliffe ini menunjukkan dirinya tidak benar-benar serius untuk membeli klub.

Baca Juga

1. Sir Jim Ratcliffe Pernah Ingin Beli Chelsea

Logo Chelsea

Penilaian fans tersebut berdasarkan rekam jejak Ratcliffe setahun lalu ketika dia bersaing membeli Chelsea dengan Tod Boehly, yang jadi pemilik klub London Barat sekarang.

Seorang penggemar Man United melihat adanya perbedaan antara isi pernyataan proposal Ratcliffee saat hendak membeli Chelsea dengan proposal kepada Man United sekarang.

“Pernyataan INEOS Chelsea jauh lebih baik daripada pernyataan United, Ratcliffe sama sekali tidak serius tentang kami (Man Utd)!!,” demikian tulis fans Man United dinukil dari Mirror.

Yang lain menambahkan: “Apakah kami yakin tentang Radcliffe untuk membeli Man United!”

Setahun lalu, pria berusia 70 tahun itu mengajukan proposal senilai 4,25 juta pounds kepada The Blues saat dia mencoba mengambil alih kepemilkan klub dari Roman Abramovic.

Baca Juga

Dalam sebuah pernyataan panjang, Ratcliffe ingin menjadikan Chelsea bersaing dengan klub terbesar di dunia dan mencamtumkan nama-nama klub yang dianggap pesaing berat.

Dia juga menambahkan bahwa pihaknya ingin berinvestasi dalam sistem akademi Chelsea, namun pada proposal Man United, dia tidak memasukan detail ini.

Selain itu, Ratcliffe ingin menyediakan dana sebesar 2,5 juta pounds untuk didonasikan ke Charitable Trust untuk membantu korban perang.

Baca Juga

“Dan kami berharap untuk terus berinvestasi di akademi untuk memberikan kesempatan bagi para pemain muda berbakat untuk berkembang menjadi pemain kelas satu,” demikian bunyi pernyataan Ratcliffe untuk Chelsea.

"Kami percaya bahwa London harus memiliki klub yang mencerminkan status kota. Klub yang dianggap sama seperti Real Madrid, Barcelona atau Bayern Munich. Kami berniat Chelsea menjadi klub itu,” lanjut Ratcliffe.

Untuk mempermanis tawarannya, Ratcliffe yang sejatinya pendukung setia Manchester United, sampai mengaku memiliki rumah di Chelsea dan memiliki tiket musiman menonton pertandingan The Blues.

“Saya punya rumah di Chelsea, saya sudah tinggal di Chelsea selama bertahun-tahun, saya sudah punya tiket musiman selama bertahun-tahun, saya punya bisnis yang berbasis di Chelsea."

Baca Juga
Manchester UnitedChelseaLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini