x

Shin Tae-yong Beri Latihan Spesial ke Timnas U-20 Jelang Lawan Guatemala

Senin, 20 Februari 2023 23:40 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-20 tak dapat jatah istirahat panjang setelah kalah 1-2 di laga uji coba dari Selandia Baru, Minggu (19/02/23) malam. Pelatih Shin Tae-yong langsung memimpin latihan pada Senin (20/02/23) siang di Lapangan A Senayan, Jakarta.

Latihan dilakukan karena tim pelatih punya evaluasi usai kekalahan kemarin. Timnas U-20 harus bersiap sebab sudah ditunggu Guatemala pada laga selanjutnya pada Selasa (21/02/23) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

"Latihan hari ini fokusnya ke pemulihan, dan sekalian perbaiki masalah yang terjadi saat pertandingan lawan Selandia Baru. Jadi saya mempersiapkan para pemain, mereka dalam kondisi terbaik dan tidak ada yang cedera," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga

Untuk lawan Guatemala, pelatih asal Korea Selatan itu berikan latihan khusus ke penjaga gawang. Latihan menggunakan bola tenis untuk meningkatkan reflek para pemain.

"Bukan karena kesalahan kemarin ya. Memang dari kemarin sudah menggunakan bola kecil biar bisa lebih fokus. Kan kalau bola kecil kan pasti bisa lebih meningkatkan fokusnya," jelasnya.

Baca Juga

Selain itu, latihan khusus bertahan juga diterapkan. Itu menyusul kelengahan lini belakang saat lawan Selandia Baru dimana Timnas U-20 kebobolan dua gol akibat kesalahan transisi dari menyerang ke bertahan.

"Lini pertahanan kita yang salah, begitu juga kemasukan gol yang pertama, posisi Alfriyanto Nico kurang baik. Jadi saya tegaskan kenapa kita yang pesimis dan kita yang membuat diri kita jadi kemasukan gol," tutur Shin Tae-yong.

Baca Juga

1. Ada Evaluasi

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong.

Kendati tempo permainan dan performa di pertandingan semakin baik, Shin Tae-yong menegaskan tetap harus ada evaluasi. Dua hal yang jadi fokus utama adalah soal penyelesaian akhir dan passing.

Saat lawan Selandia Baru, tim Garuda Nusantara punya sejumlah peluang lewat open play, tapi tak kunjung bisa cetak gol. Satu-satunya gol tercipta lewat skema bola mati atau tendangan sudut.

Uji coba lawan Fiji, Selandia Baru dan Guatemala merupakan bagian dari persiapan menuju Piala Asia U-20 2023 yang dimainkan di Uzbekistan pada 1-18 Maret mendatang.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-20 berada di Grup A bersama Uzbekistan, Irak dan Suriah. Pada laga perdana, skuad Garuda Nusantara akan menantang Irak pada 1 Maret di Stadion Lokomotiv Tashkent, lalu berikutnya lawan Suriah (4 Maret) dan terakhir kontra tuan rumah pada 7 Maret.

Dalam persiapan ke Piala Asia U-20, Timnas Indonesia U-20 yang sedang berlangsung di Jakarta, pelatih Shin Tae-yong memanggil 30 pemain. Namun, ada satu nama yang belum datang yakni Marselino Ferdinan.

Hasil di Piala Asia U-23 2023 akan jadi acuan Shin Tae-yong untuk membentuk skuad menuju Piala Dunia U-20 2023. Pasalnya, Indonesia akan jadi tuan rumah event dua tahunan tersebut. 

Baca Juga
Bola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20

Berita Terkini