x

3 Pilar Terbang ke Uzbekistan Perkuat Timnas Indonesia U-20, Begini Harapan Pelatih Persis Youth

Jumat, 24 Februari 2023 17:58 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Zanadin Fariz, pemain Timnas Indonesia U-20.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persis Youth, Andri Ramawi Putra, memiliki harapan besar setelah tiga pemain mudanya terbang ke Uzbekistan untuk gabung Timnas Indonesia U-20. Kualitas ketiganya diharapkan menghadirkan prestasi di Piala Asia U-20 2023.

Ada 23 pemain yang dipilih Shin Tae-yong untuk tampil di Piala Asia U-20 2023. Di antara nama-nama tersebut, terdapat tiga pemain muda dari tim Liga 1, Persis Solo.

Ketiga nama itu adalah Zanadin Fariz, Marcell Januar dan Hugo Samir. Dua nama terdepan sudah kerap mondar-mandir di tim proyeksi Piala Dunia U-20 2023.

Sementara bagi Hugo Samir, pemanggilan ini merupakan sebuah kado besar. Pada bulan November lalu, Hugo Samir lepas dari sanksi larangan bermain setahun dari komite disiplin (Komdis) PSSI.

Ternyata, dalam setahun itu, mentalitas Hugo Samir teruji. Ia tetap kerja keras untuk menjaga performanya pada level tertinggi bersama tim Persis U-20.

Baca Juga

"Saya mengucapkan selamat kepada Hugo, Marcell dan Zanadin. Pastinya sangat bersyukur dan bangga sekali dengan mereka yang berhasil lolos masuk ke dalam skuad Piala Asia U-20 di Uzbekistan," kata Andri Ramawi, Jumat (24/02/23).

Dari tiga nama itu, Zanadin menjadi yang punya kans paling besar untuk bermain. Hal ini karena Shin Tae-yong memastikan Marcelino Ferdinan tak ada dalam skuat di Uzbekistan.

Baca Juga

Sementara bagi Marcell dan Hugo, peluang bermainnya masih fifty-fifty. Terkait peluang main ini, Andri Ramawi, berharap ketiganya bisa merasakan laga kompetitif.

Ketika bisa bermain di ajang selevel Piala Asia U-20, Zanadin, Hugo dan Marcell akan mendapat modal penting ketika pulang ke Persis Solo.

"Saya berharap mereka dapat masuk ke dalam tim utama dan mendapatkan menit bermain yang banyak, karena pastinya itu akan meningkatkan level permainan mereka setelah pulang dari Timnas nanti," tutur Andri Ramawi.

Baca Juga

1. Pesan untuk Pemain Persis Solo di Timnas Indonesia U-20

Zanadin Fariz, pemain Timnas Indonesia U-20.

Andri Ramawi menitipkan pesan kepada tiga anggota eks Persis U-20. Ia mengingatkan bahwa Piala Asia U-20 2023 berisikan pemain-pemain muda terbaik di Asia.

"Saya kira yang paling penting sekarang adalah mereka harus menyiapkan mental bertanding di sana, karena event internasional itu berbeda," ucap Andri Ramawi.

Skill individu dan strategi tim menjadi faktor penting dalam sebuah pertandingan. Namun tak boleh dilupakan bahwa mentalitas bertanding juga memberi pengaruh banyak.

Ketika pemain memiliki mental yang kuat menghadapi pemain-pemain berkualitas, maka skill dan strategi yang telah dipersiapkan bisa keluar dalam pertandingan.

"Mentality menjadi salah satu faktor dalam menentukan sebuah hasil pertandingan. Saya yakin sekali mereka mampu melakukannya dan bisa memberikan yg terbaik untuk negara ini," papar Andri Ramawi.

Baca Juga

Zanadin Fariz menjadi satu-satunya pemain yang pernah dimainkan di Liga 1. Gelandang asal Bekasi ini sudah dimainkan sepuluh kali dengan rincian empat kali inti dan enam kali sebagai pemain pengganti.

Sementara untuk Marcell, eks Bali United U-16 ini baru didaftarkan pada putaran kedua Liga 1 2022/2023. Lalu untuk Hugo Samir masih terdaftarkan dalam tim Persis U-20.

Baca Juga

Rombongan Timnas Indonesia U-20 bertolak ke Uzbekistan pada Jumat (24/2/23). Sebelum berangkat, Timnas U-20 sudah uji coba melawan Guatemala, New Zealand dan Fiji.

Baca Juga
Persis SoloLiga IndonesiaLiga 1Marcell JanuarHugo SamirTimnas Indonesia U-20Zanadin FarizPiala Asia U-20 2023

Berita Terkini