x

Kandidat Timnas SEA Games Jadi Kunci Persis Solo Pertahankan Rekor Tandang di Liga 1

Minggu, 26 Februari 2023 21:03 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Kanu Helmiawan gelandang Persis Solo mendapat panggilan pemusatan Timnas Indonesia U-23

INDOSPORT.COM - Kandidat gelandang Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2023, Kanu Helmiawan, berpotensi jadi kunci Persis Solo saat melawan Bali United pada lanjutan Liga 1 2022/2023. Kanu memiliki karakter sebagai petarung untuk menandingi Brwa Nouri dkk.

Partai pekan ke-27 Liga 1 yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Senin (27/2/23) petang, menjanjikan duel menarik di sektor tengah.

Kedua tim memiliki gaya bermain yang hampir mirip. Persis Solo dan Bali United coba mendominasi penguasaan bola di setiap pertandingan.

Gaya bermain itu didukung keberadaan gelandang kuat di setiap tim. Persis Solo punya Alexis Messidoro dan Bali United punya Brwa Nouri. Dua nama ini sangat pandai dalam mengatur tempo dan arah permainan.

Dari kubu Persis Solo, ada banyak opsi yang tersedia untuk menemani Messidoro. Namun bila melihat absennya Shulton Fajar, ada potensi Kanu Helmiawan diandalkan jadi penghancur permainan Bali United.

Baca Juga

Kanu yang jago dalam duel one on one punya tugas untuk mengganggu lini tengah Bali United yang kemungkinan akan diisi Nouri bersama Eber Bessa dan I Made Tito Wiratama.

Ketika Kanu bisa menjalankan tugas dengan baik, ada kans bagi Persis Solo mempertahankan rekor tandang di putaran kedua Liga 1. Dalam empat laga tandang, Persis Solo mencatatkan satu kemenangan, tiga hasil seri dan belum pernah kalah.

Baca Juga

Terkait kesiapannya melawan Bali United, gelandang 21 tahun ini memastikan skuat Persis Solo, termasuk dirinya, sudah menjalankan apa yang diperintahkan tim pelatih.

"Kita sudah melakukan persiapan dengan sangat matang. Kita ada waktu lima hari untuk pematangan strategi melawan Bali United," kata Kanu Helmiawan, Minggu (26/2/23).

Kanu sadar bahwa Bali United bukan tim sembarangan. Setelah menjalani periode sulit pada awal putaran kedua, Bali United tampil ganas dengan menyapu dua laga terakhir.

Baca Juga

1. Ingin Ulangi Kesuksesan

Pertandingan antara Persis Solo vs Bali United di BRI Liga 1 2022. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Makanya, Persis Solo berupaya mengulang kesuksesan ketika mencuri poin di setiap laga tandang pada putaran kedua. Ada motivasi besar untuk menang lagi melawan Bali United.

"Kita semua sudah sepakat untuk kerja keras pada pertandingan ini. Semoga Persis Solo bisa mencuri tiga poin," tutur Kanu.

Terkait keberadaan Nouri, Eber dan sederet nama penghuni sektor tengah Bali United, Kanu memiliki penilaian tersendiri. Namun, nama besar mereka tak membuat ciut skuat Laskar Sambernyawa.

"Saya tahu Bali United punya pemain-pemain berpengalaman di lini tengah, tapi di Persis, kita semua akan kerja keras. Kita sudah mengantisipasi di latihan," papar eks Persita Tangerang ini.

Selain Kanu Helmiawan, Persis Solo juga punya Irfan Jauhari yang disebut-sebut bakal menjadi bagian dari Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2023.

Baca Juga

Bali United memiliki arti spesial bagi Jauhari. Klub ini pernah dibelanya pada tahun 2019-2020 lalu. Dengan kualitas Jauhari yang baik dalam menyerang maupun bertahan, ada kemungkinan Jauhari masuk starting eleven.

Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano, mengatakan timnya akan berusaha menampilkan permainan cantik untuk bisa mengalahkan Bali United.

Baca Juga

"Pertandingan ini akan berjalan menarik karena kami juga berusaha menampilkan gaya bermain yang baik, supaya laga ini menarik untuk ditonton," tutur Leonardo Medina.

Bagi Bali United, kemenangan atas Persis Solo punya arti penting untuk mendekati tiga tim yang ada di papan atas Liga 1 2022/2023. Bali United kini ada di peringkat empat dengan 43 poin.

Sementara Persis Solo punya kans menyodok ke posisi delapan setelah PSIS Semarang gagal mengalahkan Persita Tangerang. Kini, Persis Solo hanya selisih dua poin saja dengan PSIS dan Bhayangkara FC.

Baca Juga
Persis SoloBali UnitedLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini