x

5 Pelatih Top Italia dengan Persentase Kemenangan Tertinggi di Liga Champions

Selasa, 28 Februari 2023 01:00 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Selebrasi Carlo Ancelotti usai membawa Real Madrid juara Liga Champions 2021/22 (29/05/22). (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)

INDOSPORT. COM - Italia bagai harta karun taktik dan strategi sepak bola. Wajar juga jika banyak pelatih terkenal dan hebat lahir di negeri ini.

Salah satunya adalah Carlo Ancelotti yang saat ini aktif melatih klub raksasa Liga Spanyol, Real Madrid.

Beberapa waktu lalu, Real Madrid yang mengalahkan Liverpool di leg pertama 16 besar Liga Champions, menciptakan rekor tunggal untuk Ancelotti.

Baca Juga

Ia kini menjadi pelatih Italia dengan persentase kemenangan tertinggi di Liga Champions.

Real Madrid menghadirkan kebangkitan yang luar biasa mengesankan ketika mereka bertemu Liverpool di Anfield.

Meski sempat tertinggal 2-0 di awal babak pertama berkat gol Darwin Nunez dan Mohamed Salah, Los Blancos mampu bangkit kembali untuk memastikan kemenangan 5-2.

Vinicius dan Karim Benzema masing-masing mencetak dua gol dalam pertandingan tersebut, dengan yang lainnya datang dari Eder Militao di awal babak kedua.

Tak hanya para pemain, Ancelotti juga menorehkan prestasi pribadi, mengalahkan Capello hingga menjadi pelatih Italia dengan persentase kemenangan tertinggi di turnamen ini.


1. 5. Massimiliano Allegri

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri. Foto: REUTERS/Alberto Lingria

Massimiliano Allegri sepanjang karier kepelatihannya, hanya pernah membesut dua tim di Liga Champions, yakni AC Milan dan Juventus.

Namun Massimiliano Allegri telah memainkan 100 pertandingan di kompetisi ini dan memiliki persentase kemenangan sebesar 45%.

4.Claudio Ranieri

Manajer berpengalaman ini pernah membesut sejumlah klub top Eropa, yakni Chelsea, Juventus, Roma dan Leicester City.

Baca Juga

Claudio Ranieri pun tercatat telah menemani timnya bertanding dalam 47 laga Liga Champions, dengan persentase menang senilai 47%.

3.Marcello Lippi

Terakhir kali Juventus menjuarai Liga Champions adalah pada 1995-1996, saat Marcelo Lippi menjadi pelatih pertama Bianconeri.

Lippi telah mencatatkan 76 laga sebagai pelatih di ajang Liga Champions, dengan tingkat kemenangan sebesar 51%


2. 2.Fabio Capello

Fabio Capello.

Capello mengantarkan AC Milan menjuarai Liga Champions musim 1993-1994, yang menjadi satu-satunya trofi Liga Champions sang pelatih.

Kiprah Fabio Capello merupakan langganan tim besar Eropa, ia pernah dipekerjakan oleh Real Madrid, Roma, dan Juventus.

Di antara empat klub tersebut, Capello telah bermain sebanyak 86 kali sebagai pelatih di Liga Champions, dengan tingkat kemenangan 52%.

Baca Juga

1. Carlo Ancelotti

Daftar teratas adalah Carlo Ancelotti, manajer yang sudah kenyang pengalaman membesut tim-tim elite Eropa. 

Parma, Juventus, AC Milan, Chelsea, Paris Saint-Germain, Bayern Munich, Napoli, dan Real Madrid adalah semua tim yang pernah dilatih Ancelotti.

Tidak heran jika dia sudah memainkan 186 pertandingan Liga Champions sebagai pelatih, dengan tingkat kemenangan yang mencapai angka 56%, atau tertinggi di antara pelatih-pelatih Italia lainnya.

ItaliaLiga ChampionsCarlo Ancelotti

Berita Terkini