x

Berharap Dilirik Timnas Indonesia, Yabes Roni Beri Pesan pada Wonderkid Bali United

Selasa, 28 Februari 2023 13:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
I Made Tito Wiratama dalam sesi latihan Bali United di Lapangan Trisakti, Legian, Kuta. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Winger Bali United, Yabes Roni Malaifani, berharap I Made Tito Wiratama bisa dilirik Timnas Indonesia setelah kesuksesan di Liga 1 2022-2023. Namun, Yabes memberi wejangan penting bagi Tito.

Made Tito benar-benar menjadi sosok yang membangkitkan Bali United di Liga 1. Dalam tiga kesempatan menjadi starter, Made Tito selalu sukses membawa Bali United meraih kemenangan.

Padahal, ketika pelatih Stefano Cugurra Teco memilih pemain pemain "berumur" jadi starter, Bali United sempat mencatatkan enam pertandingan tanpa kemenangan.

Made Tito mengoleksi dua assist pada debutnya selama 66 menit di Liga 1. Pada momen itu, Bali United menang 4-0 atas Persebaya Surabaya.

Kemudian, menit bermainnya bertambah jadi 90 menit pada laga kedua saat menang atas Dewa United 2-1. Ini menjadi kekalahan pertama Dewa United di Indomilk Arena sejak dipegang Jan Olde Riekerink.

Baca Juga

Kontribusi besar dicatatkan pada aksi ketiga di Liga 1 saat melawan Persis Solo. Made Tito mencetak satu gol saat Bali United menang atas Laskar Sambernyawa 3-1.

Tiga kemenangan beruntun itu pada akhirnya membawa Bali United naik ke peringkat empat pada klasemen sementara Liga 1. Bali United menipiskan margin poin dengan Persija Jakarta menjadi hanya 5 poin.

Baca Juga

Terkait catatan Tito di Liga 1 2022/2023, Yabes Roni sebagai seniornya merasa senang. Sejak mendapat tiket promosi ke tim senior pada musim ini, Yabes melihat potensi besar pada diri Tito.

"Saya selalu bicara sama Tito. Kamu harus fokus, harus kerja keras. Main kamu luar biasa. Sekali main langsung bikin dua assist dan malam ini bisa cetak gol," kata Yabes Roni, Senin (27/2/23).

Yabes Roni pernah merasakan momen "terbang ke langit" dalam karir mudanya. Pemain asal Alor ini pernah dielu-elukan ketika moncer bersama Timnas U-19, hingga kemudian dia ditarik Bali United.

Baca Juga

1. Didoakan Masuk Timnas Indonesia

I Made Tito Wiratama dalam sesi latihan Bali United di Lapangan Trisakti, Legian, Kuta. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Maka, Yabes Roni bisa memahami perasaan dan kondisi yang kini dialami Made Tito. Yabes Roni pun mengingatkan Made Tito untuk tak besar kepala.

"Kita selalu berikan motivasi. Jangan cepat puas, jangan cepat berbesar hati, besar kepala, karena perjalanan ini masih panjang," jelas Yabes Roni

Kini, ada banyak dukungan agar pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, memberi kesempatan pada Made Tito masuk tim proyeksi Piala Dunia U-20 2023.

Dengan usianya yang baru 19 tahun, Made Tito masih punya kans menyusul rekan seperjuangannya gabung Timnas U-20. Harapan sama juga diungkapkan Yabes Roni.

"Saya berharap, saya berdoa, agar Tito bisa dipanggil Timnas Indonesia," ucap Yabes Roni.

Baca Juga

Pujian tak sekadar diberikan Yabes Roni kepada Tito. Hal sama pun diungkapkan pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, melihat progres Tito dalam tiga aksinya di Liga 1 2022/2023.

Menurutnya, Tito bisa bekerja sesuai strategi yang diberikan tim pelatih. Tito bisa mengimbangi dua gelandang seniornya, Brwa Nouri dan Eber Bessa.

Baca Juga

"Saya pikir tim punya balance yang bagus antara menyerang dan bertahan. Dia bisa marking dan berani pegang bola. Dia membuat tim lebih bagus," jelas Teco.

Terdekat, Bali United akan menghadapi Persikabo 1973 di Stadion Pakansari, Bogor, Jumat (3/3/23). Laga ini akan menjadi tantangan berikutnya bagi Made Tito.

Namun, terkait peluang bermain, Bali United akan melihat kondisi terkini dari  Made Tito. Pemain asal Singaraja ini mengalami cedera hingga ditarik keluar saat laga melawan Persis Solo.

Baca Juga
Bali UnitedYabes RoniLiga IndonesiaStefano Cugurra TecoLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini