x

Wacana Format Liga 1 2023-2024: Juara Ditentukan Lewat Babak Play Off

Minggu, 5 Maret 2023 23:46 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
Ketua Umum PSSI Erick Thohir, pada acara presconference Penegakan Hukum Match Fixing di Media Center GBK, Minggu (19/02/23).

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Erick Thohir menyampaikan hasil sarasehan pada Sabtu (04/03/23) disepakati ada pergantian format Liga 1 2023/24. Tim juara akan ditentukan lewat babak play off.

Menurut Erick Thohir, 18 klub peserta Liga 1 2022 sepakat ada terobosan baru kompetisi kasta teratas. Liga 1 tetap memainkan musim secara reguler tapi diakhir musim, empat tim papan atas disebut akan jalani babak play off.

Di play off, tim peringkat empat akan melawan peringkat pertama di musim reguler. Lalu peringkat kedua akan bertemu peringkat ketiga.

Dua tim pemenang akan bertanding di babak final yang rencananya digelar pada 27 April 2024.

"Liga 1 pun usulkan ada perubahan, bahwa ranking 1-4 ada play off. Ini terobosan luar biasa, tinggal bagaimana kami PSSI siapkan format, wasit sesuai standar dan persiapan teknologi bila memungkinkan," kata Erick Thohir.

Baca Juga

Sebelumnya disepakati ada babak play off, ada pilihan opsi untuk format Liga 1 musim depan yakni digelar dalam tiga wilayah. Tapi, 18 klub peserta memilih memakai babak play off. 

Menurut Ketum PSSI, terobosan perlu dilakukan agar kualitas Liga Indonesia bisa bersaing dengan negara lain di Asia dan ASEAN. Pasalnya, ranking Liga Indonesia berada di urutan lima se-Asia Tenggara.

Baca Juga

"Liga kita, mohon maaf terendah Asia Tenggara, kami merasa direndahkan jadi kita harus buat terobosan. Setelah rapat dengan FIFA, ini Liga 1 dan Liga 2 tidak digelar dalam kurun waktu sama," tutur Erick Thohir.

Tak hanya itu, Liga 1 dan Liga 2 untuk musim depan tidak lagi diurus oleh Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi. Kedua kompetisi akan berdiri masing-masing dengan operatornya.

"Operator liga 2 terserah mereka tunjuk komisaris dan direksi, kami tak ikut campur. Saya hanya memastikan mereka tak saking bunuh, kriteria yang disepakati berdasarkan sarasehan," jelas Erick Thohir.


1. Jadwal Liga 1 dan Liga 2 Musim Baru

Pertandingan Liga 1 antara PSM Makassar vs Persis Solo di Stadion B.J. Habibie, Parepare, Minggu (5/3/23). (Foto: Persis Solo)

Rencananya Liga 1 akan dimulai pada Juli 2023 dan berakhir pada April 2024, sedangkan Liga 2 dimulai pada November 2023 dan berakhir Juni 2024.

Tak hanya itu, hasil pembahasan sarasehan yang menarik adalah penambahan jumlah pemain asing di Liga 1 dan penggunaan pemain asing di kasta kedua.

Liga 1 akan menggunakan kuota 5+1 atau empat pemain asing (bebas), satu Asia dan satu slot untuk Asia Tenggara. Lalu, setiap klub kasta pertama hanya boleh memakai jasa satu pemain naturalisasi.

Sementara Liga 2 disepakati ingin memakai dua pemain asing dengan satu bebas dan lainnya adalah kuota Asia Tenggara. Lalu naturalisasi hanya boleh satu pemain.

Erick menambahkan keputusan Liga 2 2022/2023 akan dimulai musim baru pada November mendatang merupakan hasil kesepakatan bersama peserta Sarasehan Sepakbola Indonesia yang digelar di Surabaya, Sabtu (04/03).

"Saya pernah menyatakan bahwa insan sepakbola nasional yang harus putuskan mau dibawa ke mana arahnya. Sarasehan itu mempertemukan semua pemilik klub liga, baik liga 1 dan liga 2," kata Erick Thohir.

Dalam jumpa pers yang didampingi Waketum, Ratu Tisha dan anggota Exco Arya Sinulingga, Erick Thohir menambahkan prinsip keterbukaan yang dianut membuat dirinya tidak mungkin arogansi untuk memutuskan segala hal.

"Saya hanya menginginkan antara kedua Liga tidak saling tumpang tindih. Sama-sama egaliter. Dengan adanya jadwal berbeda, ada jeda, ini bagus untuk mempromosikan Liga 2 yang selama ini ada di bawah bayang-bayang liga 1," ungkap Erick.

"Apalagi dengan hanya bermain di tengah minggu dan tidak diakhir pekan sehingga tidak bisa dijual ke TV atau meraih banyak penonton ke stadion," jelasnya.

PSSIErick ThohirLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini