x

Liga 1: Taktik Efektif, Kunci Sukses Persik Kediri Benamkan Barcelona-nya Indonesia

Kamis, 9 Maret 2023 06:03 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Situasi laga Persib Bandung vs Persik Kediri dalam lanjutan Liga 1, Rabu (08/03/23).

INDOSPORT.COM - Persik Kediri membalikkan semua prediksi publik yang lebih menempatkan Persib Bandung sebagai tim unggulan dalam duel di pekan ke-29 Liga 1 2022-2023.

Dua indikasi kuat tercermin di balik penempatan Persib Bandung sebagai unggulan. Materi pemain jelas berbeda secara kualitas dengan Persik Kediri.

Begitu pula dengan peringkat di klasemen Liga 1 2022-2023. Maung Bandung masih menjadi salah satu tim kandidat terkuat juara, sedangkan Macan Putih terus bergelut di papan bawah.

Namun, semua indikasi itu terpatahkan dengan semangat juang tinggi. Persik membuktikan itu melalui kemenangan dengan skor 2-0 di Stadion Pakansari Bogor.

"Saat meeting sebelum laga, saya tekankan untuk konsentrasi. Saya ulang sampai 3 kali," ucap Divaldo Alves dalam post-match press conferrence, Rabu (08/03/23).

Baca Juga

Ya, menata konsentrasi tingkat tinggi memang jadi faktor dibalik kesuksesan Persik saat menjungkalkan Persib Bandung di hadapan suporternya.

Selain itu, kunci paling sukses lainnya adalah di segi taktikal. Persik terbukti lebih efektif dalam menerapkan strategi mengandalkan kolektivitas permainan.

"Kita tahu, Persib Bandung ini tim yang kuat di kedua sisi lapangan. Lini depan yang dihuni (David) Da Silva punya finishing yang top," urai Pelatih Persik Kediri tersebut.

Baca Juga

"Jadi, kami berusaha menutup dan menghentikan dua lini itu. Pemain mengerti akan tugas itu dan berjalan sukses," sambung dia.

Persik pun berhasil membawa pulang 3 poin ke Kediri, berkat sepasang gol yang dicetak oleh Hamra Hehanusa pada menit 19 dan Mohamad Khanafi menit 88.

Baca Juga

1. Barca Versi Indonesia

Situasi laga Persib Bandung vs Persik Kediri dalam lanjutan Liga 1, Rabu (08/03/23).

Divaldo Alves jelas merasakan kepuasan luar dalam seusai mengalahkan Persib Bandung. Terlebih, kemenangan itu dipetik saat away.

Pasalnya, Persib merupakan tim yang tengah menjaga peluang untuk bersaing di jalur juara. Materi yang mengkilap sangat mendukung misi itu.

"Jadi jujur saja kalau saya menyebut Persib Bandung ini tim Barcelona-nya Indonesia. Pertandingan yang sangat sulit," ulas Divaldo.

Penilaian itu bukannya tanpa alasan. Menurut dia, Persib punya segala syarat untuk bersaing menuju tangga juara Liga 1 musim ini.

"Beberapa pemain punya kualitas yang top, pelatih mereka juga. Jadi bagi saya, Persib adalah Barcelona versi Indonesia," beber Divaldo.

"Karena Persib punya kekuatan dengan kualitas yang tinggi, punya visi permainan yang bagus juga," pelatih kebangsaan Portugal itu melanjutkan.

Namun, keunggulan segala aspek ternyata tak otomatis berujung kemenangan. Tim Macan Putih setidaknya sudah membuktikan anomali itu.

Kemenangan 2-0 atas Persib sekaligus menjadi yang ke-5 secara beruntun dicatatkan Persik Kediri di putaran kedua Liga 1.

Baca Juga

"Para pemain sudah bekerja keras dan luar biasa. Interpretasi mereka (soal taktikal) juga sangat baik," ungkap eks Pelatih PSMS Medan itu.

"Tidak ada pengorbanan, tidak ada pula kemenangan. Pemain sudah berkorban, kerja keras, mereka semua top," tuntas dia.

Baca Juga
Persib BandungPersik KediriLuis MillaLiga IndonesiaLiga 1Divaldo Alves

Berita Terkini