x

Bali Harus Bergairah Lagi, Ketum PSSI Klaim Piala Dunia U-20 Bangkitkan Pariwisata Olahraga

Senin, 13 Maret 2023 10:05 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Indra Citra Sena
Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, mengklaim bahwa Piala Dunia U-20 akan membangkitkan pariwisata olahraga. Sehingga, Bali bisa bergairah lagi. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengklaim bahwa hajatan Piala Dunia U-20 akan membangkitkan pariwisata olahraga. Sehingga, Bali yang tadinya sedang diguncang isu turisme bisa bergairah lagi.

Pariwisata Bali terancam lesu jika ada pembatasan turis, tetapi bisa tertolong dan bangkit lagi dengan adanya gelaran Piala Dunia U-20.

Terlebih, Erick Thohir mengkalim Piala Dunia U-20 akan jadi sentral ekonomi wisata karena kesadaran bahwa Bali merupakan jantung pariwista Indonesia.

Hal tersebut dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan anggapan terkait pariwisata Bali yang terancam lesu jika ada pembatasan turis.

Gubernur Bali, I Wayan Koster, sebelumnya melarang turis yang berada di Bali untuk menyewa dan berpergian menggunakan sepeda motor.

Baca Juga

Keadaan itu merespon perilaku turis yang dianggap melanggar peraturan lalu lintas, karena berkendara tidak menggunakan helm dan bertelanjang dada.

Namun, Erick Thohir sadar akan hal itu dan menganggap gelaran Piala Dunia U-20 sebagai hal yang dapat menguntungkan Indonesia, khususnya Bali.

Baca Juga

“Kami dari PSSI menganggap Piala Dunia U-20 penting, jadi harus tolong menolong,” ungkap Erick Thohir dikutip dari laman resmi PSSI.

“Apalagi Bali adalah jantung pariwisata Indonesia, dan ajang ini jadi sentral ekonomi wisata. Jangan sampai terlena, tidak meningkatkan nilai kompetitif. Termasuk pariwisata olahraga,” imbuhnya.

Bahkan, Erick Thohir memiliki tujuan lain dalam gelaran Piala Dunia U-20 yang dinilai bakal membangkitkan pariwisata olahraga Bali.

Baca Juga

1. Bali Jadi Tempat Latihan Tim-tim Besar

Keterangan Erick Thohir terkait update terkini Piala Dunia U-20 2023. (Foto: PSSI)

Bali merupakan salah satu tempat di Indonesia yang menjadi tujuan turis dari mancanegara. Serta, Erick Thohir sadar betul tentang hal itu.

Terbukti, Erick Thohir melakuan renovasi pada Stadion Kapten I Wayan Dipta, yang akan digunakan sebagai salah satu venue Piala Dunia U-20.

Menyikapi hal tersebut, Erick Thohir bahkan telah memindahkan seluruh laga home Bali United ke Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Hal itu dimaksudkan oleh Erick Thohir agar renovasi Stadion I Wayan Dipta, Bali, tidak terganggu proses pengerjaannya.

“Sesuai tupoksinya PSSI menyiapkan timnas. Domain penyelenggaraan domain pemerintah pusat dan daerah yang telah meneken kontrak goverment guarantee dan host city agreement.”

Baca Juga

“Kami ingin memastikan tidak ada kekecewaan masyarakat Indonesia, yang sangat menggebu-gebu dengan adanya Piala Dunia U-20 di Indonesia,” kata Erick Thoir.

“Inilah hajatan terbesar kedua FIFA, yang akan menjadi jalan sukses untuk kepentingan bidding tuan rumah Piala Dunia 2034,” tambah Ketum PSSI tersebut.

Baca Juga

Bahkan, Erick Thohir memiliki tujuan untu menjadikan Bali sebagai latihan tim-tim besar luar negeri, yang tentunya akan meingkatkan pariwisata Pulau Dewata.

“Banyak infrastruktur sedang dibangun di Bali, termasuk olahraga. Nanti akan berkembang dengan sendirinya,” tegas Erick Thohir

“Contoh, jika fasilitas sepak bola di Bali bagus, akan banyak tim-tim luar negeri datang menggelar sesi latihan. Jadi ini tidak menyangkut Piala Dunia U-20 saja,” pungkasnya.

Baca Juga

Sumber: Laman Resmi PSSI

PSSIErick ThohirPiala Dunia U-20BaliBola InternasionalLiga IndonesiaPiala Dunia U-20 2023

Berita Terkini