x

Nah Loh! Man City Mulai Pepet Tumbal Prospek Barcelona, Ilkay Gundogan Keluar Etihad?

Selasa, 14 Maret 2023 19:16 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Isman Fadil
Aksi Gavi di laga Barcelona vs Celta Vigo (10/10/22). (Foto: REUTERS/Albert Gea)

INDOSPORT.COM - Manchester City diam-diam mulai melirik salah satu prospek terbaik Barcelona yang kemungkinan besar akan ditumbalkan pada bursa transfer musim panas 2023.

Seperti diketahui, Barcelona kini tengah menghadapi rentetan masalah. Selain skandal suap wasit, Blaugrana juga dibekukan dari bursa transfer.

Pasalnya, Barcelona minus dalam keuangan yang mencapai 300 juta Euro (Rp4,9 triliun). Pihak La Liga pun memberlakukan larangan kepada klub.

Blaugrana dilarang menjajaki bursa transfer dan harus menjual sejumlah pemain bintangnya untuk bisa menutupi masalah keuangan.

Salah satu nama yang memiliki harga mahal adalah Pablo Gavi, ia digadang-gadang sebagai pewaris Lionel Messi di Camp Nou.

Baca Juga

Selain itu Gavi juga menjadi prospek terbaik di dunia selama dua musim terakhirnya. Sejak debut profesional pada Agustus 2021 lalu, ia telah mengokohkan posisinya di tim utama Xavi Hernandez.

Menurut laporan The Times, Manchester City mulai mengarahkan pandangannya ke sosok wonderkid Barcelona tersebut.

Baca Juga

Pemain internasional Spanyol tersebut akan berstatus bebas transfer pada musim panas mendatang, dan menjadi salah satu pemasukan terbesar Barca nanti.

Seperti diketahui, sosok Gavi dan Pedri berhasil membuat Barcelona tampil mengesankan di paruh musim 2022-2023.

Gelagat yang ditunjukkan Man City baru-baru ini membuat posisi Ilkay Gundogan yang saat ini menjadi kreator permainan Pep Guardiola mulai terancam.

Baca Juga

1. Ilkay Gundogan Cabut?

Ilkay Gundogan, pemain Manchester City. Foto: REUTERS/Chris Radburn

Ilkay Gundogan memang tengah santer dilaporkan meninggalkan Etihad Stadium pada akhir musim 2022-2023 nanti.

Sosoknya akan dikenang sebagai salah satu legenda Man City, mengingat Gundogan jadi bagian penting di era kejayaan The Citizens.

lkay Gundogan turut andil dalam empat gelar juara Liga Inggris yang diperoleh Man City. Beberapa musim terakhir, ia mendapat kepercayaan sebagai kapten tim.

Pada musim ini, gelandang 32 tahun tersebut sudah membukukan 24 penampilan dengan torehan 3 gol dan 3 assist.

Menilik segi performa sang gelandang juga sangat mengesankan. Dilansir dari FBref, ia tak hanya jago mengalirkan bola-bola tengah ke depan.

Baca Juga

Naluri mencetak gol ke gawang lawan sangat tinggi. Khas seperti sangat jarang ditemui. ilkay Gundogan memiliki rata-rata 0.18 gol per 90 menit.

Kemudian soal assist, bisa dibilang sosoknya menjadi pemain yang mendukung Haaland untuk menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Inggris.

Baca Juga

Di mana, Gundogan menghimpun rata-rata 0.12 dan keterlibatan dalam serangan yang dibangun sebuah tim 3.73 di setiap waktu normal laga.

Selain itu, pemain asal Jerman tersebut memiliki rata-rata 62.49 operan dengan akurasi sekitar 87.6 persen. Soal bertahan, kemampuannya berbanding lurus dengan rekor tersebut.

Perannya di Man City sangat berpengaruh, kehadiran Gavi jelas akan mengubah gaya bermain Pep Guardiola di musim depan. Dan bisanya pemain baru membutuhkan waktu untuk membaca pola permainan timnya.

Baca Juga

Sumber: The Times

Bursa TransferManchester CityBarcelonaIlkay GundoganBerita Bursa TransferGavi

Berita Terkini