x

Akhiri Tren Negatif di Liga 1, Mental Arema FC Disebut Kembali Tangguh

Minggu, 19 Maret 2023 20:38 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Subhan Wirawan
Pelatih Arema FC, Joko Susilo. (Foto: MO Arema FC)

INDOSPORT.COM - Kemenangan perdana yang sudah ditunggu Joko Susilo di Liga 1 bersama Singo Edan, akhirnya datang pada laga ke-3 sejak kedatangannya sebagai pelatih anyar Arema FC musim ini.

Ya, pelatih yang akrab dipanggil Coach Gethuk itu sebelumnya menuai hasil tak memuaskan sejak resmi membesut tim dengan julukan Singo Edan.

Dia hanya mampu mempersembahkan 2 poin bagi Arema FC dari hasil imbang 0-0 melawan Dewa United (10/03/23) dan 1-1 versus Persis Solo (15/03/23).

Sementara memasuki laga ke-3 menghadapi Persikabo 1973, Gethuk sukses mengantar Arema FC meraup poin penuh.

Tim dengan julukan Laskar Pajajaran itu dilibas Dendi Santoso dkk dengan skor 3-1 di Stadion PTIK Jakarta, Minggu (19/03/23).

Baca Juga

"Pertama, puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kemenangan ini," tutur Gethuk dalam sesi post-match press conference.

"Kedua dan sangat penting, saya harus berterima kasih kepada semua pemain. Mereka sudah luar biasa bekerja keras," sambung dia.

Baca Juga

Gethuk juga menyebut kemenangan ini tak bisa lepas dari peran para figur yang menghuni staf kepelatihan Arema FC.

"Terima kasih kepada rekan-rekan pelatih yang sangat mendukung terhadap keberhasilan ini," ungkap eks Pelatih Persik Kediri itu.

"Termasuk kepada Coach I Putu Gede. Meski tidak ada disini, tapi kami selalu komunikasi tentang kondisi tim ini," tambah dia.

Baca Juga

1. Mental Tangguh

Pertandingan Liga 1 antara Arema FC vs Persikabo 1973 di Stadion PTIK, Jakarta, Minggu (19/03/23).

Bagi Joko Susilo sendiri, kemenangan 3-1 atas Persikabo 1973 menjadi yang perdana sejak kembali memimpin staf kepelatihan Arema FC.

Kendati demikian, kemenangan itu dilalui dengan jalan tak mudah. Butuh mental tangguh untuk Dendi Santoso dkk sampai memastikan 3 poinnya.

Ya, Arema FC mesti tertinggal lebih dulu sejak menit 39 melalui gol shooting Dimas Drajad memanfaatkan celah di lini pertahanan.

Evaluasi menyeluruh lantas digelar saat turun minum. Hasilnya pun sangat memuaskan, ketika Arema FC sukses membalikkan keadaan.

"Yang sangat penting, saya harus sampaikan terima kasih kepada seluruh pemain," beber Gethuk, panggilan karib Joko Susilo.

Baca Juga

"Mereka bermain luar biasa, bekerja sangat keras. Situasi apapun mereka tetap konsisten dalam menjaga motivasi," imbuh dia.

Tim Singo Edan lantas mengamuk pada babak kedua. Secara beruntun, anak asuh Gethuk menggelontor gawang Persikabo 3 kali.

Baca Juga

Dedik Setiawan menetralisir pertandingan dari golnya menit 71. Arema FC kemudian berbalik unggul dari gol penalti Rizky Dwi Febrianto pada menit 90.

Sementara tiga angka Arema FC dipastikan oleh gol Gian Zola melalui shooting spektakuler jarak jauh pada menit 95.

Kemenangan ini pun memungkasi tren buruk Arema FC yang tak pernah menang selama 4 laga terakhir, sejak mengalahkan Barito Putera 1-0 (18/02/23) lalu.

Baca Juga

Baca berita sepak bola dan olahraga lainnya di Google News

Joko SusiloLiga IndonesiaArema FCLiga 1Persikabo 1973

Berita Terkini