x

On Fire Bersama Persija di Liga 1, Alasan Kuat Shin Tae-yong Panggil Riko Simanjuntak

Selasa, 21 Maret 2023 16:50 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
Selebrasi pemain Persija Jakarta Riko Simanjuntak usai mencetak gol ke gawang PSS Sleman laga BRI Liga 1 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (08/01/23). (Foto: Media Persija Jakarta)

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memutuskan memanggil winger lincah milik Persija Jakarta, Riko Simanjuntak. Shin Tae-yong menilai Riko Simanjuntak sedang menunjukkan top performa bersama Persija Jakarta di Liga 1 2022-2023.

Nama Riko Simanjuntak memang akhirnya kembali dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia. Dirinya dipersiapkan untuk agenda FIFA Match Day antara Timnas Indonesia melawan Burundi.

Pemanggilan Riko pun cukup mengejutkan sebab hampir empat tahun lamanya Riko Simanjuntak tak terlirik untuk membela Timnas Indonesia.

Sebelum dipanggil ke Timnas Indonesia jelang FIFA Matchday Maret 2023, Riko kali terakhir membela skuad Garuda pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pada 2019.

Kini Shin Tae-yong pun memiliki alasan mengapa akhirnya kembali memanggil Riko Simanjuntak. Hal ini tak lepas dari performa Riko Simanjuntak yang dinilai Shin Tae-yong sedang bagus di ajang Liga 1.

Baca Juga

Bahkan Shin Tae-yong menjelaskan Riko menunjukkan kemampuannya bersama Persija Jakarta. Bahkan, pemain 31 tahun tersebut menjadi tulang punggung klub kesayangan Jakmania tersebut.

"Alasan kenapa kita pilih (Riko Simanjuntak) karena bagus performanya di liga," buka Shin Tae-yong.

"Jadi kalau pemain bagus di liga, pasti akan dipilih dan saya pun selalu terbuka," tambah Shin Tae-yong.

Baca Juga

Shin Tae-yong memang menegaskan dirinya secara terbuka dalam memilih pemain untuk bergabung membela Timnas Indonesia. Siapa yang menunjukkan performa bagus di ajang Liga pasti memiliki kesempatan untuk bergabung membela Timnas Indonesia.

"Jadi untuk meningkatkan prestasi dan ranking FIFA, selalu terbuka. Jadi saya harap seluruh pemain Indonesia menunjukkan yang terbaik untuk Liga 1," ujar Shin Tae-yong.

Baca Juga

1. Sandy Walsh Absen

Sandy Walsh, bek naturalisasi Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

Sebagai informasi, Riko Simanjuntak telah mengoleksi 4 gol dan 6 assist dari 27 pertandingan bersama Persija Jakarta di Liga 1 2022/2023. Hal inilah yang membuat Shin Tae-yong kepincut dengan mantan winger Semen Padang itu.

Timnas Indonesia dijadwalkan menghadapi Burundi pada 25 dan 28 Maret 2023 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Sebanyak 28 pemain dipanggil Shin Tae-yong termasuk di dalamnya ada nama Riko Simanjuntak untuk ajang tersebut.

Sebelumnya, Sandy Walsh memberikan respons usai namanya tak masuk dalam daftar pemain yang dipanggil Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday melawan Burundi.

Respons tersebut diberikan oleh pemain yang baru saja berulang tahun ke-28 itu lewat fitur Instagram Story di akun pribadinya.

Dalam unggahannya di akun @sandywalsh, ia menyebutkan dirinya telah berusaha untuk pulih dari cedera. Namun terlalu cepat baginya untuk bisa merumput dalam waktu dekat.

Baca Juga

“Saya mencoba untuk bisa pulih sesegera mungkin tapi sayangnya terlalu cepat untuk saat ini,” bunyi unggahan pemain KV Mechelen tersebut.

Sebagai informasi, dirinya saat ini tengah dibekap cedera yang ia dapatkan kala membela KV Mechelen di leg pertama semifinal Piala Belgia melawan Zulte Waregem pada Februari lalu.

Diketahui, Sandy Walsh memiliki cedera pelvis. Hingga saat ini belum diketahui kapan dirinya akan bisa merumput lagi untuk membela timnya.

Baca Juga

Cedera ini pun kemudian akan menunda debut Sandy Walsh untuk kedua kalinya, setelah sebelumnya dirinya gagal membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 lalu.

Pada Piala AFF 2022 lalu, eks Timnas Belanda U-20 ini tak mendapat izin untuk membela skuad Garuda karena ajang tersebut bukan ajang resmi FIFA.

Kini untuk kedua kalinya, Sandy Walsh kembali gagal mencatatkan debutnya bersama Timnas Indonesia meski telah memasuki ajang resmi FIFA akibat cedera.

Baca Juga
Persija JakartaTimnas IndonesiaLiga IndonesiaRiko SimanjuntakLiga 1BurundiBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini