x

Agar Tetap Fit Bela Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Mungkin Absen Puasa saat Lawan Burundi

Jumat, 24 Maret 2023 20:36 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Jumpa pers Timnas Indonesia jelang FIFA Matchday melawan Timnas Burundi yang dihadiri oleh pelatih Shin Tae-yong dan pemain Asnawi Mangkualam di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (24/03/23).

INDOSPORT.COM - Bek kanan Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam menyatakan FIFA match day lawan Burundi pada Sabtu (25/03/23) di Stadion Patriot, Bekasi sangat penting. Karenanya, dia akan absen puasa supaya kondisinya fit saat pertandingan besok malam.

Menurut Asnawi, kemenangan atas Burundi jadi hal wajib jika Timnas Indonesia ingin naikan ranking FIFA. Semua pemain disebutnya dalam kondisi terbaik dan telah mendapat informasi tentang taktik dan strategi yang akan diterapkan.

"Besok tentunya sangat penting karena kita tahu adalah A match untuk mengejar peringkat FIFA. Kami harus memberikan kemenangan untuk pertandingan besok," ujarnya.

"Tentunya pemain dalam kondisi yang baik, semua pemain juga sudah berkumpul dengan skema pelatih yang diberikan. Kami akan berikan pertandingan yang menarik untuk besok," imbuh Asnawi.

Bek milik Jeonnam Dragons itu menyampaikan tidak mengalami kendala saat berlatih di bulan puasa. Tapi, kemungkinan dia akan absen puasa pada esok hari karena harus menjaga stamina untuk pertandingan lawan Burundi pada malam hari.

Baca Juga

Asnawi menilai, pemain butuh asupan nutrisi yang cukup untuk berlari selama 90 menit. Jadi, dia akan mengganti puasanya di hari setelah tidak ada pertandingan.

"Kalau persiapan tentunya sangat baik, untuk saat ini kita jalankan ibadah puasa karena latihan malam," tuturnya.

Baca Juga

"Mungkin di pertandingan besok, kita tidak berpuasa karena memang sangat penting untuk menjaga tubuh biar bisa berikan pertandingan yang maksimal. Tentunya tubuh juga butuh energi yang banyak di pertandingan besok," jelas Asnawi.

Baca Juga

1. Buta Kekuatan Burundi

Jumpa pers Timnas Indonesia jelang FIFA Matchday melawan Timnas Burundi yang dihadiri oleh pelatih Shin Tae-yong dan pemain Asnawi Mangkualam di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (24/03/23).

Terkait kekuatan Burundi, Asnawi mengaku tidak mengetahui secara detail. Dia belum pernah berhadapan dengan tim asal Afrika selama membela Timnas Indonesia.

Namun, tim pelatih telah menyiapkan taktik dan strategi untuk laga melawan Burundi. Ada tayangan video yang dianalisa bersama untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan lawan.

Baca Juga

"Tim analis kita sudah berikan pemahaman untuk kita soal taktik besok. Kami akan bermain dengan skema dari pelatih untuk pertandingan besok," ucapnya.

"Tapi saya pribadi belum punya banyak bertemu dengan pemain Afrika," lanjut Asnawi.

Baca Juga

Untuk persiapan lawan Burundi, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memanggil 28 pemain. Tapi, Shayne Pattynama belum bisa bergabung dan jalani debut lantaran perpindahan federasi dari KNVB ke PSSI belum rampung.

Pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan akan mempersiapkan skuad Garuda dengan baik, supaya bisa raih kemenangan atas Burundi. Shin Tae-yong akan maksimalkan pemain yang ada, walau tidak full team.

Baca Juga

Baca berita sepak bola dan olahraga lainnya di Google News

Timnas IndonesiaBola InternasionalAsnawi Mangkualam BaharBurundi

Berita Terkini