x

Drawing Piala Dunia U-20 2023 Batal, 9 Sanksi Berat Menghantui Sepak Bola Indonesia

Senin, 27 Maret 2023 04:55 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Buntut dari batalnya drawing atau pembagian grup Piala Dunia U-20 2023 di Bali, telah membuat Indonesia dihadapkan dengan sembilan sanksi berat dari FIFA.

INDOSPORT.COM – Buntut dari batalnya drawing atau pembagian grup Piala Dunia U-20 2023 di Bali, telah membuat Indonesia dihadapkan dengan sembilan sanksi berat dari FIFA.

Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) telah memastikan bahwa drawing atau pembagian grup Piala Dunia U-20 2023 batal pada, Minggu (26/3/23).

Drawing Piala Dunia U-20 Indonesia sejatinya telah direncanakan akan berlangsung pada 31 Maret 2023 di Bali.

Kabar pembatalan drawing juga telah dikonfirmasi secara resmi oleh PSSI melalui anggota EXCO PSSI, Arya Sinulingga.

Dalam laporan resmi, PSSI turut menyampaikan kekhawatiran dari netizen atas sanksi yang akan diterima oleh Indonesia dari FIFA.

Baca Juga

“Pertama, Indonesia akan dibekukan oleh FIFA,” tulis laporan resmi PSSI pada, Minggu (26/3/23).

“Kedua, Indonesia bisa dikecam oleh negara-negara lain karena tidak melaksanakan amanat FIFA.”

Baca Juga

Sanksi ketiga, Indonesia terancam tidak bisa mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan kalender FIFA.

Kemudian, Indonesia juga tidak akan memiliki kesempatan lagi untuk kembali dipilih oleh FIFA menjadi tuan rumah ajang olahraga.

Selain itu juga masih terdapat sejumlah sanksi berat yang akan diterima oleh Indonesia, bahkan turut membuat banyak masyarakat kehilangan pekerjaan.

Baca Juga

1. Sanksi Berat Menanti Indonesia

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir saat meninjau Stadion Gelora Bung Karno. (Foto: PSSI)

Lebih lanjut mengenai sanksi yang akan diterima, Indonesia berpotensi dicoret sebagai kandidat tuan rumah Piala Dunia 2034.

Selanjutnya, federasi olahraga dunia juga akan mempertimbangkan tidak lagi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah pesta olahraga termasuk olimpiade.

Bahkan, Indonesia juga turut akan dikecam karena sudah melakukan tindakan diskriminatif dengan mencampuradukkan olahraga dan politik.

Sanksi yang lebih mengkhawatirkan adalah pemain, pelatih, wasit, klub, hingga masyarakat bisa kehilangan mata pencaharian dan lebih dari 500.000 orang akan terdampak langsung andai sepak bola Indonesia terhenti.

Baca Juga

Sedangkan sanksi terakhir adalah, tim nasional U-16, U-19, U-20 tidak boleh mengikuti ajang sepak bola internasional jika FIFA membekukan PSSI.

Hingga pada akhirnya, sanksi yang akan diterima oleh Indonesia berdampak dengan hilangnya potensi ekonomi hampir triliunan rupiah.

Baca Juga

Sementara itu, Arya telah melaporkan jika Ketua Umum PSSI Erick Thohir akan berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan Kemenpora.

“Ketua umum juga akan melaporkan kepada Bapak Presiden pada kesempatan pertama untuk mencari solusi untuk semua ini baik secara diplomasi maupun politik luar negeri untuk bagaimana menyelamatkan sepakbola Indonesia yang kita cintai,” kata Arya.

Jika sanksi atas kegagalan drawing Piala Dunia U-20 2023 tersebut diterima, maka Indonesia akan kembali mengulang periode 2015-2016 ketika dikucilkan dari pentas internasional.

Baca Juga

Sumber: PSSI

FIFAIndonesiaPSSIBola InternasionalPiala Dunia U-20 2023

Berita Terkini