x

Gegara Ulah Pemain Bintang Ini Arsenal Terancam Rugi Investasi Rp1,3 Triliun, Kok Bisa?

Senin, 27 Maret 2023 18:00 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Prio Hari Kristanto
Sang pemuncak klasemen Liga Inggris, Arsenal, terancam merugi uang sekitar Rp1,1 triliun gara-gara ulah pemain bintangnya, Nicolas Pepe.

INDOSPORT.COM - Sang pemuncak klasemen Liga Inggris, Arsenal, terancam merugi uang hampir Rp1 triliun gara-gara ulah pemain bintangnya, Nicolas Pepe, yang akan hengkang pada musim depan.

Arsenal harus merogoh kocek sekitar 72 juta pounds (Rp1,3 triliun) ketika mendatangkan Nicolas Pepe dari Lille pada 2019 lalu.

Saat bermain di Liga Prancis (Ligue 1) performa winger asal Pantai Gading tersebut sangat mengesankan. Ia mencetak 22 gol dan 11 assist dari 38 laga.

Alih-alih menjadi investasi sukses bagi Arsenal, penampilan Nicolas Pepe justri anjlok saat berada di Emirates.

Nicolas Pepe hanya mampu mereplikasi performa tersebut secara konsisten dengan torehan 16 gol selama musim 2020/2021.

Baca Juga

Posisinya pun mulai tergeser sehingga Mikel Arteta memilih untuk meminjamkannya ke Nice pada awal musim 2022/2023. Saat kembali bermain di Liga Prancis performanya kembali stabil.

Namun saat kembali ke pangkuan Arsenal pada Juni 2023 lalu, Pepe justru meminta pindah klub kepada sang manajer, Mikel Arteta.

Baca Juga

Arteta sendiri menjelaskan alasan kepindahan tersebut, menurutnya Nicolas Pepe sedikit kesulitan bermain di Liga Inggris.

Selain itu, ia lebih memilih untuk berkarier di Ligue 1, karena dalam dua kali percobaan Nicolas Pepe lebih sukses dan memiliki waktu bermain lebih banyak bersama klub-klub Prancis.

"Saya pikir Nico mencoba menjaga harga pasarnya, dia bertanggung jawab atas harga yang dibayar harus setara dengan kualitasnya," kata Arteta, dikutip dari Sportbible, Senin (27/03/23).

Baca Juga

1. Sedikit Berat

Mikel Arteta saat laga Liga Inggris antara Arsenal vs Liverpool

"Dia telah berusaha keras. Sikap dan caranya sangat fenomenal. Anda hanya harus bertemu orang itu karena dia mencintai apa adanya."

Mikel Arteta sendiri sedikit berat untuk melepas sosok Nicolas Pepe, pasalnya di Emirates sang winger memiliki beberapa momentum emas untuk melambungkan namanya.

Sayang hal itu tak diambil oleh Pepe dan lebih meninggalkan Arsenal ketika bursa transfer musim panas 2023 dibuka.

"Sudah tiga tahun dia memiliki beberapa momen yang sangat bagus, beberapa lainnya dia tidak berkontribusi dalam hal menit bermain," terang Arteta.

Nicolas Pepe sendiri masih menyisakan kontrak 18 bulan, meski begitu Arsenal enggan untuk menghalang-halangi masa depannya. 

Baca Juga

Pihak klub bersedia mendengarkan sejumlah tawaran dari klub-klub raksasa yang berminat untuk memboyong sang winger. Namun yang jelas, harga sang pemain tak akan semahal ketika didatangkan oleh The Gunners. 

Lebih lanjut, pemain berusia 27 tahun itu juga diperbolehkan melakukan diskusi pra-kontrak dengan klub lain sejak awal Januari kemarin.

Baca Juga

Kondisi ini jelas bisa diartikan The Gunners akan kehilangan hasil investasi senilai Rp1,3 triliun dalam menyongsong kompetisi pada musim depan.

Meski demikian, skuad Arsenal saat ini masih bisa diandalkan. Bukayo Saka di lini serang dan Martin Odegaard dinilai cukup efektif mengarungi kerasnya Liga Inggris.

The Gunners kini berambisi menyabet gelar juara Liga Inggris 2022-2023 dengan memantapkan posisi di puncak klasemen. Mereka tercatat sudah mengoleksi 69 poin, atau selisih 8 angka dari Man City di urutan kedua.

Baca Juga

Sumber: Sportbible

Bursa TransferArsenalMikel ArtetaLiga InggrisNicolas PepeBerita Liga InggrisBerita Bursa Transfer

Berita Terkini